Pembaca OB dimanapun berada ada kabar terbaru nih dari Pertamina yang katanya kedepannya akan menghapus Pertamina Plus dari daftar bahan bakar di Indonesia, bahkan saat ini Pertamina sedang mengetest bahan bakar baru bernama Pertamax Turbo yang ditest ditest selama 3 bulan di Eropa dan apabila semua berjalan dengan mulus maka dipastikan Pertamax Plus akan digantikan dengan Pertamax Turbo.

Dari analisa berbagai sumber Pertamax Turbo ini mempunyai tingkat yang lebih tinggi dari Pertamax Plus kalo gak salah lebih tinggi 3 tingkat diatas, dan sejatinya Pertamax Turbo ini diperuntukkan untuk kelas mobil mewah atau supercar, padahal saat ini Pertamax Plus yang memiliki Ron 92 masih sangat cukup bersahabat dengan kendaraan di Indonesia la kok malah akan diganti ke Ron 98 apa ndak terlalu tinggi dan akhirnya menjadi mubazir.

Disamping itu juga dengan bertambah nilai oktan maka yang ditakutkan akan bertambahnya nilai jual bahan bakar jenis tersebut, kabarnya di Eropa sana harganya USD 1 kalo masuk di Indonesia paling dipasang harga Rp. 10 rb.

Pertamax Turbo ini punya RON 98. Pilihan Eropa sendiri karena mobil-mobil supercar sangat banyak di sana. Saat ini baru sekitar dua minggu berjalan, dan kira-kira tiga bulan lagi, saya akan urus izinya untuk peluncuran di sini”

“Kami bisa berhasil jual 5.000 liter sebulan di Eropa, itu bagus. Pertamax Turbo dijual 1 dollar AS per liter, sudah dengan pajak. Namun di Indonesia, para konsumen bisa menebusnya Rp 10.000-an. Jadi dari RON 92 (Pertamax) akan langsung lompat ke RON 98 (Pertamax Turbo). Tidak kebanyakan produk, pusing juga kami. Lagipula untuk rata-rata grade RON 94-96 punya kemiripan, jadi langsung saja disatukan pada RON 98,…”ujar Ahmad Bambang, Direktur Pemasaran PT Pertamina (Persero), Sabtu (26/3/2016) via Kompas.

Masalah yang akan timbul adalah dengan rentang gap yang jauh yakni dari 92 ke 98 mau gak mau biker harus mendapatkan ron yang tinggi untuk mendapatkan bahan bakar yang berkualitas baik, nah apa gak mubazir kalo misal banyak yang memilih Pertamax, malah kalo dirasa memakai Pertamax masih Oke saja, dan lebih laris Pertamax dari pada Pertamax Turbo hal yang ditakutkan yaitu dinaikkan secara perlahan harga Pertamax, untuk menghindari hal itu mungkin seyogyanya kalo memang benar terjadi ya dijual beriringan dulu untuk melihat bagaimana pasar menjawab kebutuhan bahwa Pertamax Turbo layak atau tidak dipasarkan di Indonesia.

Baca artikel lainnya :

Kontak admin :

WA – 081554492800

BBM – 5C7CCDAB

1 KOMENTAR

Bagaimana Tanggapan Anda :