Gunung Bromo memang merupakan tempat wisata yang sangat menggoda, tidak hanya Penanjakan dimana kita bisa melihat Matahari Terbit saat pagi namun juga alam padang pasir yang tidak banyak kita jumpai di Indonesia ini, padang pasir bromo memang menggoda siapa saja untuk melintas, banyak rekan biker yang melintas meski dirasa gak mudah, dan banyak juga yang akhirnya tumbang dan harus digendong oleh motor GL Ojek Bromo.

Padahal motor2 yang digendong lebih modern dan lebih baru dari motor para ojek lo masbro, apakah karena motor GL ojek Bromo lebih bagus kualitasnya…??? sebenarnya ini hanya masalah skill berkendara saja masbro dimana kemampuan setiap rider memang berbeda-beda, bahkan ada yang hanya bisa mengendarai tanpa tahu skill yang akhirnya membuat mesin motor rontok.

Mengendarai motor di padang pasir Bromo kudu bijak dalam menggunakan kopling, kesalahan rider yang terbiasa di jalan aspal alias pemula kebanyakan saat di bromo mereka sering memainkan kopling, hal ini keliru masbro, penggunaan kopling lebih sering di bromo bisa membunuh mesin anda karena kampas mudah gosong dan motor gak akan bisa jalan.

Penggunaan bijak disini adalah gunakan koling hanya saat perpindahan gigi dan tidak perlu menarik tuas kopling jika mesin di putaran tinggi meski terjebak di pasir, tarik tuas hanya saat mesin beralih gigi dan di putaran rendah agar mesin tidak mati, pokoknya percayakan sama torsi motor dan belajar mengontrol putaran gas agar ban tidak mudah spin yang mengakibatkan ban semakin tenggelam di pasir sehingga mendapatkan traksi maksimal.

Posisi tubuh saat berada di pasir bromo juga mempengaruhi, sering kali kita mendapati pasir yang keras dan juga gembur yang akhirnya membuat setang motor goyah, cara paling efektif adalah dengan berdiri karena saat anda berdiri, pegangan setang anda lebih kuat dibanding saat duduk, disamping itu kaki juga kuat saat menginjak footstep sehingga keseimbangan lebih baik.

Sebenarnya banyak hal yang bisa saya share namun dua hal diatas ini sudah rasa cukup untuk rekan2 terapkan jika melintas gunung bromo.

Silahkan Komentar Di Bawah Ini