Apa kabar pembaca, masih ingatkah pembaca tentang rumor bakal munculnya Trail Honda 150 cc? OB masih belum mendapat kapan akan dirilis namun rumornya akan direalisasikan di tahun ini (2016)..semoga gak miss, memang diakui pangsa pasar motor Dual Purpose ini tidaklah sebesar pasar motor Sport, mungkin inilah sebabnya motor sport dilouncing dalam kurun waktu berdekatan, namun pecinta motor ini bukan tidak ada, OB saja sangat suka dengan motor trail, alasannya motor jenis ini enak dibuat di segala medan.

Motor jenis ini sebenarnya lebih kepada unsur hobby, kebanyakan pemiliknya pasti doyan touring dan menjelajah bukit dan pegunungan, seperti motor dual purpose yang sudah akrab di kalangan pecinta adventure yaitu KLX, nah yang menjadi pertanyaan, mesin apa yang digendong kelak oleh motor ini.

Sumber OB mengatakan besar kemungkinan mesin Honda Verza 150 yang menjadi andalannya, kalo melihat dari sejarahnya, mesin Honda Verza sendiri sebenarnya merupakan turunan dari CRF 150F, loh kok bisa? bukannya mesin Honda Verza turunan dari New Megapro Monosok?

Kalo membandingkan suku cadang CRF 150F dengan yang digunakan oleh mesin VERZA 150cc dan New MegaPro ada banyak kesamaan antara lain silinder roller bearing pada crankshaft sisi tenaga (sebelah kanan yang berhubungan dengan kopling), dan kode mesin terdaftar suku cadang New MegaPro, bahwa bearing ini P/N 91001-KSP-913 BEARING, ROLLER, 30X58X17 cocok.

Berdasarkan wikipedia, Roller Bearing lebih kuat menerima beban dibandingkan Ball Bearing. Teknik pemasangan crankshaft jadi unik, sebelah kiri menggunakan ball bearing spesial yang dipegang 3 pengait untuk menjaga bagian luar ball bearing spesial tidak berputar, sebelah kanan pakai roller bearing (silinder) yang kuat.

Disamping itu Verza dengan injeksinya juga terkenal paling irit dari mesin sekelasnya, hal ini menjadi kelebihan jika diadopsi di motor trail, dimana di hutan atau saat menjelajah akan sulit menemukan pom bensin atau bensin eceran sekalipun, disamping itu juga, sebenarnya bukan analisa obyektif sih yaitu tentang system pendingin, pembaca pasti sudah tau kalo pendinginan Verza hanya dengan pendingin udara, jadi lebih diuntungkan karena lebih simple

image

Jadi seumpama memang benar mesin Honda Verza akan dipakai di calon trail Honda, OB dan pembaca gak akan heran lagi, karena memang mesin Verza sejatinya sudah merupakan keturunan dari CRF 150F.

Bagaimana kalo salah? apakah DOHC menjadi pilihannya? trus mesin apa yang diadopsi? apakah Sonic? masih terlalu dini untuk kearah sana…karena SOHC Verza lebih keras kedengarannya.

Baca artikel lainnya :

Kontak admin :

WA – 081554492800

BBM – 5C7CCDAB

3 KOMENTAR

Bagaimana Tanggapan Anda :