KEMENHUB : Harga PCX Elektrik 150 Juta…!!! Pantas Gak Dijual Umum

oleh -696 Dilihat

otobalancing.net – Pihak Kemenhub mengungkap harga Honda PCX Electric Rp150 juta, hal ini kemungkinan jadi penyebab model ini tak dijual ke konsumen retail. Salah satu penyebab sepeda motor listrik Honda PCX Electric tak dijual di Indonesia meski sudah diperkenalkan yaitu karena harganya kemahalan. Astra Honda Motor (AHM) tak pernah mengumumkan harga motor itu tetapi belakangan disebut pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) banderolnya Rp150 juta.

Angka itu diungkap salah satu staf di Direktorat Sarana Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Andro, saat berada acara Inabuyer EV Expo 2023, Rabu (29/11).

“Tidak dijual di Indonesia, harganya Rp150 juta dari Honda langsung asli orisinal. Ini bedanya berwarna biru,” kata dia sambil menunjuk ke emblem PCX berwarna biru.

Harga Rp150 juta untuk PCX Electric rasanya memang terlalu mahal, lebih empat kali PCX konvensional yang termurah dilego Rp32 jutaan atau tiga kali lipat banderol motor listrik Honda yang dijual saat ini, EM1 e: Rp40 jutaan. PCX Electric sudah dikenalkan AHM di Indonesia pada 2019. Motor tanpa knalpot ini tidak pernah dijual ke konsumen, namun dijadikan sarana studi AHM dan berbagai pihak seputar penggunaan motor listrik.

Belakangan PCX Electric digunakan dalam acara kenegaraan KTT G20 di Bali pada tahun lalu. AHM menjelaskan ada 20 unit PCX Electric yang diserahkan ke Dinas Perhubungan Bali untuk digunakan sebagai kendaraan operasional. AHM memang sedari awal menyampaikan bahwa PCX Electric tidak akan dijual bebas di Indonesia karena hanya untuk kalangan terbatas, salah satunya disewakan ke pihak tertentu.

“Konsep penjualan motor elektrik ini akan diawali dengan ditawarkan kepada kalangan terbatas dan tertentu saja,” ungkap dia.

Sewa untuk motor ini Rp2 juta per bulan sudah termasuk biaya perawatan dan penggantian baterai di tiga dealer Honda di Gunung Sahari Jakarta Pusat, Dewi Sartika Jakarta Timur, dan Jalan Panjang Jakarta Barat. AHM telah mengumumkan strategi motor listrik mereka di Indonesia pada tahun lalu. Rencananya ada tujuh model motor listrik yang akan meluncur selama tujuh tahun dari 2023 sampai 2030, tetapi salah satunya bukan PCX Electric.

Artikel Terkait :

Silahkan dibaca artikel terbaru lainnya :

Tentang Penulis : otobalancing

Gambar Gravatar
Otobalancing merupakan portal berita otomotif yang berdomisili di Jawa Timur, merupakan bagian dari keluarga besar Jatimotoblog

Silahkan Komentar Disini :

No More Posts Available.

No more pages to load.