Tips Cari_Aman Berkendara Bagi Kurir Barang dan Ojek Online

oleh -654 Dilihat

otobalancing.net – Beberapa jasa layanan ojek online atau kurir online yang memanfaatkan sepeda motor sebagai transportasi untuk mengantarkan penumpang ataupun mengirimkan barang melalui seorang pekerja kurir.

Untuk menjadi seorang kurir ataupun driver ojek online motor, bisa mengendarai motor saja tidak cukup tetapi wajib mengetahui teknik berkendara agar #Cari_Aman saat dijalan sebab ada perbedaan antara mengendarai motor dengan membawa penumpang dengan membawa barang atau makanan. Maka dari itu, simak tips berkendara dari Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim , Mizidianto.

1. Pastikan memakai perlengkapan berkendara yang lengkap.
Untuk ojek online yang membawa penumpang, pastikan penumpang juga memakai perlengkapan berkendara seperti memakai helm.

2. Pastikan mengangkut barang bawaan yang tidak melebihi kapasitas atau standar kendaraan bermotor yakni tidak melebihi 200 kg (termasuk berat badan kita) agar mengendarainya lebih mudah dan aman.

Karena membawa barang bawaan terlalu berat dapat menyebabkan kondisi suspensi atau shock breaker pada motor rusak. Selain itu, komponen mesin dan ban pun juga dapat terkena dampaknya.

3. Barang bawaan jangan sampai melebihi stang motor
Pada peraturan pemerintah, tercantum informasi lebar barang bawaan yang dibawa tidak boleh melebihi setang kemudi. Sebab, hal ini dapat mengurangi ruang gerak pada saat akan menikung atau berbelok.

Ditambah lagi jika jasa kurir tersebut mempunyai tas ataupun tempat khusus untuk membawa barang bawaan. Posisi berkendara kurir akan berbeda dan membutuhkan penyesuaian.

4. Perhatikan kecepatan saat berkendara.
Banyak sekali jasa kurir yang menekankan kecepatan pengiriman. Sehingga hal itu membuat kurir menjadi tidak mengutamakan keselamatannya karena yang penting cepat sampainya. Justru hal itu dapat berbahaya bagi kurir maupun barang yang dibawanya.

“Pada dasarnya keselamatan dan kenyamanan akan terwujud jika semua pihak bersinergi dan memahami pengetahuan akan safety awareness dari semua pihak sehingga akan nerasa aman dan nyaman saat berkendara seperti slogan berkendara dari Honda #Cari_Aman.” kata Mizidianto.

Artikel Terkait :

Silahkan dibaca artikel terbaru lainnya :

Tentang Penulis : otobalancing

Gambar Gravatar
Otobalancing merupakan portal berita otomotif yang berdomisili di Jawa Timur, merupakan bagian dari keluarga besar Jatimotoblog

Silahkan Komentar Disini :

No More Posts Available.

No more pages to load.