8 Tips Membeli Mobil Baru Atau Bekas !!! True Story Kangbro…

otobalancing.net – Membeli mobil memang menawarkan beragam keuntungan, modelnya pun yang ditawarkan pun sangat banyak namun pada akhirnya terlalu banyak model justru membingungkan, berikut otobalancing berikan tips dimana sudah beberapa rekan yang sudah mempraktekkan dan puas, jadi bisa diartikan artikel ini ya true story.

1. Sesuaikan Kebutuhan
Ketika ingin membeli mobil, pastikan jenis seperti apa yang dibutuhkan atau menjadi prioritas, karena saat ini cukup banyak model kendaraan roda empat, mulai dari Small Car (Hactback), MPV (Multi Purpose Vehicle) sampai SUV (Sport Utility Vehicle)

Sangat penting untuk mendapatkan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan operasional sehari-hari, dan tentunya sesuai dengan alokasi bujet kalian.

Sebagai contoh, misalnya kita memiliki dua pilihan yaitu mobil merek A dan merek B. Harga mobil A memiliki harga yang lebih tinggi daripada mobil B karena transmisi-nya otomatis. Sementara di satu sisi, alokasi bujet lebih condong untuk mobil B.

Maka dari itu penting untuk bertanya ke diri sendiri dan bandingkan sesuai kebutuhan, sebagai contoh sederhana, apabila misalnya jarak tempuh sehari-hari tidak terlalu jauh dan pemakaian kendaraan tidak terlalu tinggi, tentunya kita dapat mempertimbangkan untuk mengambil mobil B dengan transmisi manual.

Jangan pernah malu jika pada akhirnya sampeyan harus memilih tipe mobil yang biasa saja berdasarkan penilaian kamu atau keluargamu daripada mengorbankan gaya namun akhirnya pusing dibelakang

2. Buat daftar checklist
Langkah ini penting agar dapat menjadi panduan ketika melakukan test drive, sehingga Anda bisa dengan mudah membandingkan tiap kendaraan. Daftarnya meliputi karakteristik unit, seperti akselerasi, kemudi, pengereman, warna eksterior, kenyamanan dalam kabin, hingga teknologi dan fitur yang tersedia

Mendapatkan masukan dari kerabat terdekat, sangat membantu ketika membeli mobil baik baru atau bekas, mungkin saja mereka mengenal seseorang yang memiliki kendaraan sama dengan yang sampeyan inginkan, dari situ sampeyan bisa mendapatkan masukan, guna memantapkan keputusan.

3. Pastikan Kenyamanan, Fitur dan Keamanannya
Sangat penting untuk memastikan kenyamanan kendaraan yang ingin sampeyan beli. Banyak faktor yang menjadi poin, seperti akses masuk ke dalam kabin, pengaturan jok mudah atau tidak, luas pandangan dari dalam dan lainnya. Makanya dibutuhkan pengalaman langsung melalui test drive

Sapeyan tentunya tak ingin mobil yang mudah dicuri bukan? Maka perhatikan fitur keamanannya. Beberapa model terbilang cukup berisiko karena tak memiliki sistem keamanan yang memadai. Walau sampeyan bisa menambahkan perangkat ini, tapi bukankah lebih simple jika sudah terintegrasi dari awal

Fitur yang lengkap tentunya semakin memberikan nilai tambah. Namun sampeyan perlu memperhatikan apakah fitur itu benar-benar dapat membantu saat mengemudi.

4. Pahami Kebutuhan Perawatan
Pemahaman karakteristik perawatan dapat dilakukan dengan berkonsultasi pada tenaga penjual atau membaca buku servis, saya biasanya cari cara lain, yaitu mencari informasi dari orang yang telah memiliki mobil yang diinginkan dan manfaatkan forum-forum yang ada untuk cari informasi, biasanya sih masuk ke grup FB

5. Sabar Dalam Mengambil Keputusan
Ini biasanya menjadi masalah karena alih-alih sudah kadung seneng bin sreg akhirnya langsung milih entah karena desain atau promo dealer, usahakan jangan membeli mobil pada hari yang sama saat sampeyan mengujinya. banyak teman saya yang tergiur “Wangi mobil baru” yang dapat menggoda sampeyan untuk membuat keputusan impulsif, namun ada baiknya menunggu satu atau dua hari sebelum memutuskan

6. Lakukan Perbandingan Harga
Ini berlaku jika sampeyan mau beli mobil bekas, saya menyarankan sampeyan mencoba untuk lakukan komparasi antarmodel yang diinginkan, perhitungkan pula adanya promosi-promosi menarik yang biasanya banyak ditawarkan produsen mobil kalo beli mobil baru atau tambahan modifikasi yang sudah dilakukan oleh pemilik mobil lama jika sampeyan mau beli mobil bekas

7. Bila Anda tidak terlalu memahami mobil, ajak teman mekanik untuk melihat kondisi mobil
Pengecekan kondisi mobil tentu tidak hanya dari eksterior atau penampilan luar. Interior, mesin, serta kaki-kaki juga harus diperiksa lebih lanjut. Namun apakah Anda cukup memahami hal tersebut?

Jika tidak, maka ajaklah si teman mekanik atau anda bisa sewa jasa mekanik untuk melihat kondisi mobil, bayarlah uang muka sebagai tanda keseriusan sampeyan dalam membeli mobil tersebut, dan lakukanlah general check up di bengkel resmi untuk mengetahui suku cadang mana yang harus diganti.

Laporan dari general check up tentu bisa menjadi bahan pertimbangan untuk melakukan negosiasi harga ke pemilik mobil, siapa tahu (bukan nuduh) ada penjual curang yang gak jujur atas kondisi mobil yang dijual, dan ini sangat sering terjadi

8. Tetap Lindungi dengan baik Mobil Bekas yang sampeyan beli
Besar kemungkinan mobil bekas yang Anda beli tidak dilindungi oleh asuransi mobil. Oleh karena itulah, sebagai pemilik baru Anda harus memberikan perlindungan untuk mobil tersebut demi menghindari kerugian finansial atas risiko yang muncul.

Pilihlah asuransi mobil jenis comprehensive dan total lost only (TLO) sesuai dengan kebutuhan Anda. Comprehensive bakal menanggung apapun risiko yang terjadi, termasuk lecet di bagian badan, asal sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sedangkan TLO hanya menanggung biaya pertanggungan ketika mobil hilang atau mengalami kerusakan hingga rusak total yang nilainya mencapai 75 persen dari harga kendaraan.

Artikel Terkait :

Artikel Terbaru :

Silahkan Komentar Disini :

%d blogger menyukai ini: