Angin Segar Iki Cak…!!! Suzuki Indonesia Buka Suara Mengenai Saluto

otobalancing.net – Kangbro…setelah peluncuran Yamaha Fazzio Hybrid beberapa waktu lalu, tak sedikit konsumen di Indonesia yang juga berharap jika Suzuki segera menghadirkan Saluto sebagai lawannya, dimana Suzuki Saluto disebut memiliki fitur, teknologi, dan desain yang mampu bersaing dengan Fazzio.

Suzuki Saluto memulai debut perdananya di Taiwan pada akhir tahun 2019 dan menyita perhatian dunia termasuk Indonesia. Desainnya yang berbeda dari skutik Jepang, lebih kental nuansa eropa jadi alasan mengapa motor ini diharapkan mengaspal di Tanah Air.

Lantas bagaimana kabar terbaru soal Saluto di Indonesia? Dijelaskan oleh 2 Wheels Sales & Marketing Department Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Teuku Agha, pihaknya akan terus berusaha menghadirkan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, spesifik soal Saluto dirinya enggan berbicara lebih jauh.

“Terkait Suzuki Saluto, SIS tidak dapat berkomentar untuk produk-produk yang belum di pasarkan di indonesia. Namun kami tetap usahakan untuk menghadirkan produk produk untuk memenuhi harapan konsumen,” kata Agha

Suzuki pernah mengatakan jika Saluto tengah menunggu izin dari pihak prinsipal di Jepang untuk dipasarkan di Indonesia. Yang jika dianalisa artinya SIS sudah melakukan riset terkait peluangnya sukses di pasar dalam negeri.

Desain Suzuki Saluto

Melihat desain keseluruhan Saluto memang memiliki DNA yang berbeda dengan skutik Suzuki kebanyakan. Desainnya sedikit mirip dengan gaya motor Vespa. Mulai dari bentuk lampu depan, bodi serta dasi depan, hingga lekuk badan yang menyintal di bagian buritan.

Tarikan garis Saluto terbilang elegan meski tidak terlalu membulat ala motor retro klasik. Skutik ini lebih tepat disebut sebagai retro modern dengan sentuhan garis yang cukup tajam.

Visual motor bergaya retro klasik ini memang dirancang langsung oleh desainer kondang asal Italia, Alessandro Tartarini. Dirinya pernah membuat desain dari motor Lambretta, Italjet Dragster, Brutus, dan yang lainnya.

Spesifikasi Suzuki Saluto

Suzuki Saluto menggendong dengan mesin berkubikasi 124 cc, 1-silinder, pendingin cairan, pengabut injeksi, dengan teknologi Suzuki Eco Performance (SEP) yang diklaim mampu mengimbangi performa dan efisiensi bahan bakar.

Jantung pacunya dapat menghasilkan tenaga maksimal 9,2 daya kuda pada 7.000 rpm dan torsi puncak 10 Nm pada 6.000 rpm. Output tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi CVT (Continuously Variable Transmission).

Fitur Suzuki Saluto

Bicara fiturnya, Saluto sudah dibekali dengan kunci keyless. Lalu joknya juga sudah pakai model pop up sehingga memudahkan pengendara saat membuka tutup. Lalu ada pula dermaga pengisian gawai tipe USB 5V2A yang mendukung fast charging.

Sistem penerangan sudah mengusung teknologi full LED, baik di lampu depan, lampu belakang, penanda sein, dan DRL sebagai pemanis. Oh iya, panel meter di Saluto menggunakan model kombinasi analog dan digital.

Di mana speedometer berbentuk analog sedangkan penunjuk BBM, tripmeter ,dan lainnya sudah digital. Lampu latar dasbor pakai sensor cahaya yang secara otomatis bisa menyesuaikan intensitas kecerahan agar mudah terlihat dan sedikit meredup saat malam agar tak menyilaukan, keren!

Di Taiwan motor ini dijual dengan banderol berkisar TWD 78.000 atau setara Rp 40,3 juta. Bila nanti dijual di Indonesia dengan status impor maka harganya dipastikan akan terkerek menyesuaikan dengan biaya bea masuk. Namun akan jadi kompetitif jika Saluto bisa diproduksi di dalam negeri.

Artikel Terkait :

Artikel Terbaru :

Silahkan Komentar Disini :

%d blogger menyukai ini: