4 Kebiasaan Baik Agar Charge HP Di Motor Tidak Tekor

otobalancing.net – Kangbro sekalian, charge HP di motor kini menjadi fitur tambahan pada skuter matik keluaran terbaru produsen sepeda motor, namun sampeyan juga perlu tahu bagaimana penggunaan charger HP di motor agar aki tidak cepat tekor.

Keberadaan charger HP di sepeda motor tentu saja akan mempengaruhi ketersediaan strum pada aki motor sehingga perlu diperhatikan pula penggunaannya, karena jika dipakai sembarangan akan membuat aki cepat tekor, sampeyan perlu memperhatikan konsumsi aki ketika memanfaatkan fitur charger HP pada motor agar aki tidak tekor.

Namun jika klakson motor sudah bersuara serak, sulit distarter, lampu terlihat redup, ini merupakan tanda-tanda kalau aki motor Anda sudah tekor alias soak.

Agar aki tidak cepat tekor, berikut tips cara charge HP motor yang baik :

1. Charger HP Ketika Motor Dihidupkan
Jangan sekali-ali charger HP di motor ketika mesin tidak dalam keadaan hidup. Karena ketika mesin mati otomatis charger HP akan menguras daya dari aki dan bisa membuat aki tekor.

Ada baiknya charger HP dilakukan ketika motor dihidupkan atau sedang berjalan. Ini karena dinamo yang ada pada motor bisa memberikan daya ke aki motor sehingga ketersediaan strum tetap terjaga.

2. Matikan HP saat Charging di Motor
Sebaiknya matikan ponsel ketika sedang melakukan charging untuk memaksimalkan pengisian daya. Karena konsumsi daya ketika HP diaktifkan bisa saja lebih besar dari daya yang dicharging.

3. Jangan Terlalu Sering Charger HP di Motor
Sebaiknya gunakan fitur charger HP pada motor dalam kondisi darurat saja, misalnya mengharuskan ponsel tetap menyala sedangkan kondisi baterai lemah, karena terlalu sering menggunakan fitur charger HP ini dapat mempercepat aki menjadi tekor hingga soak.

Hal ini karena konsumsi daya yang terlalu sering dapat melebihi kemampuan fitur dan kapasitas aliran listrik pada motor, charger HP sebenarnya tidak disarankan sebagai tempat utama pengisian daya ponsel, karena hal ini dapat menyerap banyak energi dari aki

4. Isi Penuh Daya Ponsel Sebelum Bepergian
Tips yang paling utama agar aki motor tidak cepat soak adalah dengan charger HP di rumah. Charge HP di rumah juga dapat memberikan daya yang maksimal karena sepenuhnya berasal dari sumber listrik di rumah.

Dengan begitu Anda tidak perlu memanfaatkan fitur charge sama sekali ketika berkendara dalam jarak dekat. Pada dasarnya, fitur ini memberikan kemudahan agar pengemudi tidak kehabisan daya ponselnya ketika dalam perjalanan.

Artikel Terkait :

Artikel Terbaru :

Silahkan Komentar Disini :

%d blogger menyukai ini: