Tune Up Mobil Di Awal Tahun 2022…!!! Gunanya Buat Apa ???

otobalancing.net – Kangbro…Tune up mobil adalah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh semua pemilik kendaraan, dimana Tune Up ini bertujuan agar memeriksa kondisi mesin agar tetap prima dan tidak mengalami masalah, seperti bagian air aki hingga karburator kotor.

Tune up berasal dari kata tune dan up yang artinya mengatur kembali atau mengembalikan performa, secara umum, pengertian tune up adalah melakukan penyetelan ulang dan membersihkan semua komponen dan sistem yang ada di mesin mobil agar kembali seperti semula, bahkan bisa memberikan dampak peningkatan performa. Jika memang ada yang tidak sesuai, maka dapat dicek dan diganti.

Biasanya tune up mobil hanya fokus pada bagian mesinnya saja, seperti oli gardan, tutup distributor, oli mesin, oli transmisi, minyak rem, oli, power steering, namun untuk bagian lain seperti kelistrikan, pemindah daya, atau bahkan chasis bisa diabaikan dengan memeriksanya 3, 6 atau 1 tahun sekali

Tune up mobil juga bermanfaat dalam memastikan komponen saringan (filter) udara, dengan tune up maka fungsi saringan udara di dalam mesin mobil tetap terjaga secara baik

Kurangnya perawatan membuat filter udara menjadi tak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal inilah yang menjadi alasan mobil harus di-tune up. Filter udara yang bermasalah tentunya berpengaruh terhadap performa mesin. Untuk mobil injeksi, perlu dilakukan pemeriksaan dan pembersihan throttle body sebagai salah satu jenis perawatan mobil yang penting. Kegiatan perawatan ini dapat membuat performa sistem kendaraan tetap optimal.

Selain filter udara, tune up juga berguna untuk pengecekan celah kabel busi dan celah katup. Celah busi harus dibersihkan, sehingga menjaga besaran api yang keluar. Interaksi busi dengan tekanan kompresi dapat menimbulkan celah busi berubah.

Mobil yang rajin tune up sudah pasti nyaman digunakan. Hal ini dikarenakan tune up mobil memastikan performa mesinnya tetap baik.  Selain nyaman, mengendarai mobil yang sudah di-tune up juga terbukti aman. Bukan hanya karena performa mesinnya yang baik, akan tetapi juga tak ada kerusakan komponen di bagian mesinnya.

Artikel Terkait :

Artikel Terbaru :

Silahkan Komentar Disini :

%d blogger menyukai ini: