Jangan Biarkan Mobil Terlalu Lama Di Garasi…!!!

oleh -7 views

otobalancing.net – Kangbro…meski mudik sudah selesai namun pemerintah masih meyarankan untuk tetap berada dirumah, tujuannya untuk mencegah penyebaran virus corona, cuman kan kita kalo dirumah yo ra duwe duit cak…hahaha

Cuman bukan itu yang kita bahas kangbro…

Setelah musim mudik, jangan membiarkan mobil terlalu lama berada di garasi rumah, biasanya ini dilakukan oleh keluarga yang mana mobilnya hanya untuk akomodasi berkunjung ke keluarga atau hanya saat mudik saja, selebihnya sepeda motor masih menjadi alat transportasi utama (kayak saya ini kangbro)

Berikut hal apa saja yang mesti sampeyan lakukan jika mobil lama sampeyan parkir di garasi

1. Rutin Membersihkan Mobil
Membersihkan bagian ini sangat penting dilakukan, agar saat digunakan kondisinya bersih dan nyaman. Mencuci mobil minimal dua minggu satu kali, mengeluarkan barang-barang yang tidak digunakan dan menjaga sampah jangan sampai berserakan.

Tikus menjadi tersangka utama jika mobil sampeyan kotor kangbro, jangan sampai kabel bodi dibabat habis oleh temannya si Jerry ini, dan kalo mencuci sebaiknya gunakan sabun cuci khusus mobil saat mencuci dan gunakan lap yang halus agar tidak merusak cat, serta hindari mencuci mobil di bawah terik sinar matahari karena dapat merusak cat mobil.

2. Rutin Memanaskan Mesin Mobil
Meski tidak digunakan, ke luar rumah namun mesin mobil perlu sesekali dipanaskan, agar oli dapat bersirkulasi dengan baik. Namun, karena mobil saat ini sudah dilengkapi dengan ECU yang dapat mengoptimalisasi kerja mesin, mobil tidak perlu dipanaskan setiap hari. Minimal dua kali sehari selama 5-10 menit.

3. Pengecekan Komponen Mobil
Saat memanaskan mesin, jangan lupa dicek apakah ada masalah pada indikator komponen ada yang menyala di Multi-Information Display (MID). Selain itu, lakukan pemeriksaan komponen lain secara manual seperti air radiator, volume air wiper pada tangki cadangan, volume minyak rem, kondisi ban, lampu kendaraan, dan kelengkapan surat-surat kendaraan.

4. Bawa Mobil Berkendara
Jangan dibiarkan mobil terparkir lama di garasi mobil, sesekali perlu dibawa berkendara minimal 10 menit, dua sampai tiga hari sekali dalam seminggu. Agar aki dapat terisi dengan maksimal.

Aki yang berkualitas dan terawat memiliki daya simpan tenaga listrik yang lebih baik, dapat menghindari soak yang bisa merusak program ECU, serta menjaga bagian kontrol sistem elektronik tidak terkunci yang dapat menyebabkan mobil sulit distarter.

Ini yang juga gak kalah penting…lanjut

Tentang Penulis: otobalancing

Gambar Gravatar
Anda juga dapat menyampaikan pemikiran Anda di bawah ini melalui bagian komentar. Anda juga dapat mengikuti kami di Facebook , di Instagram @otobalancing atau berlangganan saluran YouTube otobalancing

Silahkan Komentar Disini :

No More Posts Available.

No more pages to load.