Ini Akibat Jika Mesin Diesel Diisi Bensin…!!! Fatal Cak

Diposting pada

otobalancing.net – kangbro….kesalahan sudah lumrah dilakukan dan pastinya kita belajar dari kesalahan tersebut, namun dari banyaknya sebuah kesalahan yang bisa ditoleransi, kesalahan baik sengaja atau tidak sengaja mengisi mobil diesel dengan bensin wajib sampeyan hindari

Ceritanya ada seorang rekan otobalancing yang kebetulan menyewa mobil untuk keperluan keluarganya, dia ini gak sekali ini saja menyewa mobil dan saking seringnya dia menjadi pelanggan kelas premium alias pelanggan spesial

Pada suatu ketika teman otobalancing bercerita kalo dia punya kesalahan saat mengisi BBM, dia mengira mobil yang dikendarainya itu bensin, namun ternyata adalah diesel…kok bisa salah?

Rupanya teman otobalancing ini mengira jika mobil Suzuki Ertiga semuanya memakai bensin, kok pas apesnya saat menyewa, tertinggal Suzuki Hybrit lah yang terparkir di garasi rental mobil

Oke…kita anggap sudah tahu bagaimana endingnya, namun yang paling penting adalah penjelasannya, akibatnya dan konsekwensi yang harus ditanggung

Pertama yang harus diketahui adalah karakter dari mesin diesel itu ‘high compression’. Bahkan kompresinya bisa sampai menyentuh perbandingan 30:1. Untuk itu, di dalam ruang bakar tidak diperlukan bahan yang ‘high explosive’.

Kita semua akan tahu bahwa kesalahan ini bahan bakar saat di SPBU dari yang seharusnya diisi solar namun malah diisi bensin akan berakibat fatal. Itu sama saja memasukkan bahan bakar yang mudah meledak ke dalam mesin yang berkompresi tinggi.

Jika dibiarkan, akan terjadi pembakaran prematur atau biasa disebut knocking.

Selain itu, dampak yang bisa langsung dirasakan adalah suara mesin yang sangat kasar. Apalagi jika kesalahan isi bahan bakar ini dilakukan pada kendaraan yang tengah dalam kondisi tangki kosong.

Tarikan mungkin jadi lebih mudah. Namun perlu diketahui bahwa di dalam mesin terjadi eksploitasi pembakaran layaknya manusia yang mengonsumsi doping saat berolahraga. Tubuh memicu kinerja untuk mendapatkan power yang maksimal.

Jika dibiarkan tentu akan dapat merugikan organ-organ di dalamnya.

Overhating alias panas berlebih akan terjadi. Jika sudah telat penanganan, terpaksa mobil harus turun mesin. Biaya untuk perbaikan dan turun mesin ini ditaksir bisa menyentuh angka sekitar belasan juta.

Bagaimana cara mengatasinya?

Cara paling sederhana adalah dengan mengemudikan kendaraan secara perlahan dan jangan ngebut agar tak terjadi overhating. Cari bengkel mobil terdekat lalu kuras tangki secara menyeluruh. Jika penanganan ini relatif cepat, biaya yang dikeluarkan pun juga tidak sampai mahal.

Kemungkinan biaya sekitar Rp 500 ribu paling mahal untuk menguras tangki bensin.

One thought on “Ini Akibat Jika Mesin Diesel Diisi Bensin…!!! Fatal Cak

  1. Ping-balik: Ini Akibat Jika Mesin Diesel Diisi Bensin...!!! Fatal Cak | Jatimotoblog

Silahkan Komentar Disini :