11 Tips Merawat Mobil Agar Jarang Masuk Bengkel

oleh -9 views

otobalancing.net – Kangbro merawat mobil memang butuh biaya yang lumayan tinggi, hal dikarenakan mobil juga merupakan sebuah paket yang komplek yang gak hanya sebagai alat transportasi namun juga bisa sebagai rumah kedua bagi pemiliknya, perawatan mesin, AC hingga bodi merupakan sesuatu hal yang tidak bisa dihindari dan yang pasti membutuhkan budget yang lumayan menguras kantong, berikut 12 tips cara agar mobil gak sering masuk bengkel

  1. Mesin : Segera jalankan mobil setelah mesin dinyalakan.

Mobil jaman dulu memang perlu dipanaskan sebelum dijalankan. Ini karena sesaat setelah distarter, campuran bahan bakar pada mobil lama masih belum stabilAda kalanya campuran terlalu banyak bensin atau terlalu banyak udara. Campuran akan stabil setelah mobil dipanaskan.

Menjalankan mobil dengan mesin dingin bisa merusak komponen mesin, sedangkan mobil model baru, campuran bahan bakar-udara sudah langsung merata meski mobil baru dinyalakan.

Namun, jangan langsung tancap gas saat mobil baru berjalan, ini akan menyebabkan kompenen mesin cepat rusak.

2. Oli dan filter harus diganti sesuai dengan yang tercantum dalam manual kendaraan.

Mengacu pada panduan praktis, oli dan filter harus diganti setiap 4.000 mil (6.400 km) bila menggunakan oli mesin konvensional dan setiap 6.000 mil (9.600 km) bila menggunakan oli mesin sintetis.

3. Suspensi : Kurangi kecepatan saat melintasi gundukan atau jalan yang tidak rata.

Suspensi mobil berada dalam posisi terkompres ketika melintasi permukaan yang tidak rata, mekanisme ini akan membuat pengemudi dan penumpang tetap merasa nyaman. Gaya kompresi akan disalurkan pula ke sasis, biasanya dalam kondisi normal mekanisme ini wajar dan baik-baik saja.

Masalahnya, ketika kecepatan tidak dikurangi saat melintas di jalan yang tidak rata, gaya tekan yang besar dapat memengaruhi sasis, sambungan logam, dan sistem suspensi sehingga lebih cepat aus.

5. Periksa ban sebulan sekali.

Ban yang kempes dapat menyebabkan berkurangnya efisiensi bahan bakar dan memperpendek umur ban.

6. Pastikan mesin selalu di tune up.

Busi yang kotor dapat mengurangi efisiensi bahan bakar hingga 30 persen.

7. Sistem listrik: Pastikan terminal aki tetap bersih.

Aki merupakan komponen penting pemasok listrik pada mobil. Listrik digunakan untuk menyokong sistem mobil secara keseluruhan termasuk memberi energi untuk kelengkapan entertainment mobil.

Baca Juga :

Terminal aki harus dipastikan bersih dan tersambung rapat. Anda dapat membeli sikat kuningan untuk membersihkan terminal aki.

Sebuah aki 12 volt bisa memproduksi lebih dari 13,5 volt ketika bekerja dengan baik. Tegangan yang drop dapat memengaruhi kinerja mesin serta mengakibatkan kesulitan saat menstarter mobil.

8. Periksa timing belt dan selang-selang mesin.

Periksa jika ada kerusakan atau bagian yang hilang dan aus.

9. Periksa sistem penyaringan udara

Saringan udara harus diperiksa kira-kira setiap dua kali ganti oli untuk membersihkan kotoran dan sumbatan.

10. Memeriksa dan mengganti filter udara kabin secara teratur.

Filter udara kabin menyaring udara yang masuk ke mobil sehingga menentukan kualitas udara yang Anda hirup

11. Body: Jaga kebersihan interior dan eksteriornya.

Poin ini sudah cukup jelas. Namun ada satu hal yang harus Anda waspadai. Di bagian bawah pintu, spatbor, dan kap mesin di dekat kaca depan, umumnya terdapat lubang sebagai jalan air.

Pastikan lubang ini bersih dan tidak tersumbat. Jika lubang kotor atau tersumbat, air akan menggenang dan dapat menyebabkan karat pada mobil

Artikel Terbaru :

Tentang Penulis: otobalancing

Gambar Gravatar
Anda juga dapat menyampaikan pemikiran Anda di bawah ini melalui bagian komentar. Anda juga dapat mengikuti kami di Facebook , di Instagram @otobalancing atau berlangganan saluran YouTube otobalancing

Silahkan Komentar Disini :

No More Posts Available.

No more pages to load.