Kupas Tuntas Suzuki GSX-S1000…!!! Mesin, Sasis Dan Elektronik

oleh -7 views

otobalancing.net – Kangbro…Suzuki kembali mengebrak jagat permotoran dunia dengan menghadirkan GSX-S1000 yang merupakan turunan dari GSX-R1000 namun dengan sentuhan yang lebih gahar, secara tampilan motor ini benar2 baru dari sisi desain yang lebih terlihat agresif dengan desain LED yang bertumpuk nan futuristik, jelas ini dibuat untuk menantang para pejuang MT Yamaha yang mana telah otobalancing ulas di artikel dibawah ini

Awalnya otobalancing agak merasa aneh denganh desain lampu ini, namun pas lihat press rilisnya…ternyata ya terang baget cak…ini disebabkan karena teknologi lampu LED nya yang update sehingga menghasilkan pancaran yang lebih terang namun hemat energy

Bodinya menampilkan cetakan sudut yang tajam dan garis-garis agresif untuk memancarkan kesan yang kuat dan Suzuki menyempurnakan tampilan streetfighter-nya dengan selubung radiator bertekstur, winglet yang terinspirasi dari MotoGP, dan panel samping yang menampilkan desain yang terinspirasi dari motor perkotaan.

Mesin GSX-S1000 2021 adalah empat inline yang dirancang untuk menghasilkan lebih banyak tenaga dan memberikan penyebaran torsi yang lebih luas pada rentang putaran yang lebih rendah. Insinyur Suzuki telah memasang camshaft intake dan exhaust baru, pegas katup baru, kopling baru dan knalpot baru, bak throttle elektronik baru membantu mencapai respons engine yang lebih terkendali selama pembukaan throttle awal sedangkan airbox baru berhasil melakukannya tanpa pemisah internal sehingga mengurangi resistansi udara masuk.

Ini semua untuk membantu GSX-S1000 dalam upayanya menghasilkan kurva torsi yang lebih datar dan meningkatkan tenaga putaran atas, yang saat ini mencapai 152 PS pada 11.000rpm dan 106 Nm pada 9250 rpm.

Knalpot mendapat catalytic converter untuk memenuhi persyaratan emisi Euro 5 namun masih memiliki suara yang memuaskan telinga cak, tidak lupa juga dipasangkan dengan transmisi mesh konstan enam kecepatan yang dipasangkan dengan Sistem Bantuan Kopling Suzuki. Kopling slipper untuk mengurangi torsi engine negatif dan mengurangi efek pengereman engine saat menurunkan gigi dari rpm tinggi, ini membantu mencegah roda belakang mengunci atau melompat dan memberikan perlambatan yang lebih mulus.

Pengendara juga mendapatkan quickshifter dua arah, yang mengurangi kebutuhan untuk mengoperasikan kopling selama pergantian gigi atau menutup throttle saat naik gigi, atau menghentikannya saat turun gigi.

GSX-S1000 dibangun di atas sasis aluminium spar ganda yang dipadukan dengan swingarm turunan GSX-R yang kaku untuk performa dan handling yang gesit dan sporty. ditopang garpu depan KYB yang dapat disetel sepenuhnya dan shock belakang yang dapat disesuaikan preload dan rebound redaman.

Untuk perangkap pengeremannya dipasang cakram depan 310mm yang dipadu dengan kaliper monoblok Brembo dan satu cakram di belakang. sedangkan untuk bannya, menggunakan ban Roadsport 2 yang dibuat secara khusus dari Dunlop

Motor ini mendapat tangki bahan bakar 19 liter yang lebih besar untuk jarak yang lebih jauh mengingat ini adalah empat silinder. Suzuki juga telah memasang jok baru untuk menawarkan kenyamanan lebih.

Terakhir, GSX-S1000 hadir dengan rangkaian elektronik yang diperbarui, berkat Suzuki Intelligent Ride System (SIRS) dimana sekarang dilengkapi dengan throttle ride-by-wire untuk kontrol yang lebih presisi dan juga mendapat sistem Suzuki Drive Mode Selector (SDMS) baru untuk salah satu dari tiga mode berkendara yang telah diprogram sebelumnya.

Semua mode AC memberikan daya puncak yang sama, tetapi memvariasikan ketajaman dan kecepatan, dengan mode A paling sporti, dan mode C memberikan pengiriman daya paling lembut.

Sistem kontrol traksi baru menawarkan lima mode atau juga dapat dimatikan. Sistem ini menggunakan input dari sensor kecepatan roda depan dan belakang, serta sensor posisi engkol, roda gigi, dan posisi throttle untuk menentukan apakah akan menyesuaikan pembukaan katup throttle, waktu pengapian, dan laju injeksi bahan bakar, untuk mengurangi atau mencegah putaran roda.

Semua informasi ini ditampilkan di dasbor LCD yang diperbarui dan mudah dibaca, melengkapi paket elektronik adalah sistem easy start (seperti GSX 150 dan NEX II) yang hanya membutuhkan satu dorongan tombol starter untuk menyalakan mesin.

Menariknya di GSX-S1000 ini, juga dilengkapi dengan teknologi bantuan RPM rendah, dimana teknologi ini mampu meningkatkan kecepatan mesin saat tuas kopling dimasukkan serta untuk membantu kontrol kecepatan lambat saat kemacetan, ben nyaman bahasane kang pas macet

GSX-S1000 tersedia dalam warna biru triton metalik tradisional, abu-abu matt mekanis baru, atau hitam glossy….piye cak, monggo ditumbas…hehehe.!!!!

Artikel Terkait :

Artikel Terbaru :

Tentang Penulis: otobalancing

Gambar Gravatar
Anda juga dapat menyampaikan pemikiran Anda di bawah ini melalui bagian komentar. Anda juga dapat mengikuti kami di Facebook , di Instagram @otobalancing atau berlangganan saluran YouTube otobalancing

Silahkan Komentar Disini :

No More Posts Available.

No more pages to load.