otobalancing.net – Kangbro…banyak tanggal di dalam satu bulan kalender mempunyai arti dan makna tersendiri, dimana setiap tanggal yang diberi keistimewaan tersebut tentunya memberikan manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat di seluruh belahan dunia. Hal itulah yang menjadi concern dari sahabat saya pemilik blog www.enkosa.com untuk selalu menyuguhkan sejarah-sejarah hari besar di dunia.

Sebagai contohnya yaitu Hari Peduli Autisme Sedunia yang selalu dirayakan atau diperingati setiap tanggal 02 April, tentunya dengan tema yang berbeda-beda setiap tahunnya, Sedangkan di tahun 2021 ini peringatan tersebut mengangkat tema “The Transition of Adulthood”.

Sebelum otobalancing mengupas lebih lanjut lagi tentang apa dan bagaimana Hari Peduli Autisme Sedunia beserta siapa saja yang harus berperan aktif dalam mensukseskan peringatan tersebut. Mari kita simak penjelasan singkat tentang pengertian dari Autisme itu sendiri.

Secara garis besar atau pengertian sederhana mengenai Autisme merupakan suatu kondisi neurologis seumur hidup yang muncul pada anak usia dini, terlepas dari jenis kelamin, ras atau status sosial ekonomi. Pada gangguan ini ditandai dengan kesulitan dalam melakukan interaksi sosial, komunikasi verbal dan komunikasi non verbal, serta perilaku yang repretatif.

Peringatan yang di lakukan di setiap tahunya juga digagas dan disahkan oleh salah satu organisasi dunia yaitu Perserikatan Bangsa – Bangsa atau yang kita kenal dengan sebutan PBB untuk meningkatkan perlunya kesadaran dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat atas hak orang-orang dengan autisme agar mampu menentukan arah tujuan perkembangan dirinya sendiri, mandiri dan otonomi serta dapat mengakses pendidikan dan pekerjaan dengan azas kesetaraan.

PBB juga memberikan ketegasan agar kita semua dapat merangkul dan bergandengan tangan dengan para autisme sehingga pandangan masyarakat terhadap autisme yang berkesan negatif dapat berhenti, sebab mereka juga adalah makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esayang mempunyai rasa dan cinta dan mempunyai hak yang sama dengan kita untuk menjalani kehidupan secara normal.

Dalam memberikan kesembuhan bagi seseorang yang mengalami autisme atau penyandang autisme, banyak dari mereka yang mendapatkan perlakuan kurang manusiawi, seperti penghinaan dan bahkan dikucilkan. Sedangkan kita semua tahu bahwa autisme bukanlah sebuah penyakit yang bisa menular melainkan kondisi seorang anak yang mengalami keterlambatan pada perkembangannya. Karenannya autisme bukanlah penyakit yang dapat disembuhkan dengan obat melainkan harus mendapatkan terapi yang terus dilakukan dalam jangka panjang.

Padadasarnya penyandang Autisme mempunya IQ yang sama dengan orang pada umumnya atau bahkan bisa melebihi rata – rata anak pada umumnya. Hanya saja dalam saraf sensorik mereka membuat mereka sensitif terhadap rangsangan dari luar. Biasanya penyandang autisme mengalami kesulitan saat berkomunikasi dengan lingkungan sekitar.

Melalui hari peringatan Autisme sedunia ini, diharapkan mampu memberikan perhatian lebih dari seluruh lapisan masyarakat di berbagai belahan dunia, sebab penyandang autisme juga berhak mendapat apa yang orang lain dapatkan baik dari segi secara fisik maupun non fisik, mereka semua layak dan mereka semua sama dimata Tuhan Yang Maha Esa, untuk itu mari kita rangkul bersama – sama.

Tidak jarang bahwa organisasi dunia memberikan sebuah wadah aspirasi bagi siapa saja yang ingin memberikan ungkapannya dalam hal berbuat baik antar sesama, sehingga terlihat bahwa hampir di setiap tanggal di bulan tertentu selalu diberikan tanggal peringatan yang tentunya bertujuan untuk memberikan manfaat bagiorang banyak.

Edukasi serta kesadaran diri akan hak yang sama harus ditanamkan sejak dini, merupakan hal yang sangat penting. Sebab sebagai seorag yang mempunyai hati dan perasaan harusnyakita melihat sisi baik pada setiap orang, khususnya bagi mereka penyandang autisme yang merupakan tanggung jawab kita semua.

Semoga dengan informasi sejarah Hari Autisme Sedunia diatas dapat menjadi referensi untuk kita semua agar selalu menghormati dan merangkul penyandang autime supaya mereka tetap semangat dan mandiri.

Baca artikel lainnya :

SAMPAIKAN OPINI ANDA DI SINI :