Full Race MotoGP Qatar 2021, Vinales Juara, Joan Mir Posisi 4 Dan Rossi Terlempar 10 Besar

oleh -31 views

otobalancing.net – Kangbro…Pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, berhasil menjuarai balapan MotoGP Qatar, yang merupakan seri perdana MotoGP musim 2021. Maverick Vinales berhasil menjadi yang terbaik setelah finis pertama pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Internasional Losail, Qatar, pada Minggu (28/3/2021) atau Senin dini hari WIB.

Pada balapan MotoGP Qatar itu, Maverick Vinales sukses merebut posisi pertama setelah menyalip Francesco Bagnaia (Ducati) pada lap ke-15, Bagnaia merupakan pole sitter pada balapan MotoGP Qatar ini dan tampil baik mempertahankan posisi pertama hingga lap ke-14 sebelum disalip Vinales.  Seusai disalip Vinales, Bagnaia menurun, dia kembali disalip oleh Johann Zarco (Pramac Racing, satelit Ducati), yang finis kedua pada balapan kali ini. Bagnaia pun harus puas finis di posisi ketiga.

Juara bertahan MotoGP tahun lalu, Joan Mir (Suzuki), sempat menyalip Bagnaia di posisi ketiga. Namun, di lap terakhir, Bagnaia bisa kembali merebut posisi ketiga saat mendekati garis finis. Posisi kelima ditempati oleh rekan Vinales, Fabio Quartararo. Sementara itu, pebalap Petronas Yamaha Valentino Rossi pada balapan kali ini finis di peringkat ke-12. Jalannya balapan MotoGP Qatar Jack Miller (Ducati) yang memulai dari posisi kelima langsung menusuk ke urutan kedua saat balapan baru dimulai.

Pada saat yang bersamaan, pebalap rookie Jorgen Martin (Pramac Racing) yang menghuni grid ke-14 juga tampil mengesankan. Jorge Martin sukses menyalip 10 pebalap di depannya dan menyodok ke urutan keempat. Pada periode tersebut, empat teratas dihuni oleh pelabap Ducati baik dari tim pabrikan maupun satelit, yakni Francesco Bagania, Jack Miller, Johann Zarco, dan Jorge Martin.

Sementara itu, duo Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo dan Maverick Vinales serta Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) secara berurutan menghuni posisi 5-7. Francesco “Pecco” Bagnaia masih mempertahankan posisi terdepan pada empat lap pertama. Ia unggul hampir satu detik atas Johann Zarco yang berhasil menyalip Jack Miller. Adapun Fabio Quartararo dan Maverick Vinales kompak menyalip Jorge Martin dan membuat rider rookie itu turun ke posisi keenam.

Fabio Quartararo berhasil mendahului Jack Miller pada lap keenam. Namun, tak lama setelahnya Jack Miller kembali memberi ancaman kepada pebalap asal Perancis itu. Persaingan antara Quartararo dan Miller pun terjadi saat memasuki lap ketujuh. Akan tetapi, Quartararo berhasil mengatasi tekanan Jack Miller dan mempertahankan posisinya di urutan ketiga. Pada saat yang sama, Takaaki Nakagami (LCR Honda) mengalami crash pada tikungan 9 lap ketujuh dan tak bisa melanjutkan balapan. Setelah Fabio Quartararo, giliran Maverick Vinales yang mencuri posisi Jack Miller. Vinales menyalip Miller dan menusuk ke posisi keempat.

Memasuki lap ke-10, empat pebalap teratas adalah Francesco Bagnaia, Johann Zarco, Fabio Quartararo, dan Maverick Vinales. Di sisi lain, Valentino Rossi yang mengawali race dari urutan keempat merosot tajam ke posisi 11. Bukan hari yang menyenangkan bagi Petronas Yamaha SRT. Selain Rossi, Franco Morbidelli yang start ketujuh terancam tidak mendapat poin usai turun ke posisi 19. Maverick Vinales menunjukkan penampilan agresif pada MotoGP Qatar 2021. Ia berhasil menyalip Fabio Quartararo dan Johann Zarco saat balapan berjalan 12 lap.

Pebalap berjulukan Top Gun itu lalu mulai memberikan tekanan tinggi kepada Bagnaia yang masih nyaman berada di depan. Dominasi Francesco Bagnaia pun berakhir pada lap ke-15 setelah disalip Maverick Vinales. Sementara itu, juara dunia MotoGP 2020 Joan Mir mampu mengungguli Fabio Quartararo dan berada di posisi keenam. Lap 17, Francesco Bagnaia harus kehilangan posisi runner-up setelah diasapi Johann Zarco. Tiga lap menjelang balapan usai, Maverick Vinales semakin jauh di depan dan berjarak 1,6 detik dari Johann Zarco.

Sementara itu, Johann Zarco kehilangan zona podium seusai dibalap Joan Mir. Memasuki lap terakhir, Johann Zarco kembali menguasai tempat kedua dan dominasi Maverick Vinales tak tergoyahkan. Persaingan zona podium semakin ketat menjelang berakhirnya balapan. Joan Mir yang sempat kembali ke urutan kedua tergusur oleh dua pebalap sekaligus, yakni Johann Zarco dan Francesco Bagnaia. Pada akhirnya, Maverick Vinales menjadi juara GP Qatar yang merupakan seri perdana MotoGP 2021. Sementara itu, podium kedua dan ketiga menjadi milik Ducati.

Artikel Lainnya :


Baca artikel lainnya :

Tentang Penulis: otobalancing

Gambar Gravatar
Anda juga dapat menyampaikan pemikiran Anda di bawah ini melalui bagian komentar. Anda juga dapat mengikuti kami di Facebook , di Instagram @otobalancing atau berlangganan saluran YouTube otobalancing

Silahkan Komentar Disini :

No More Posts Available.

No more pages to load.