otobalancing.net – kangbro…gak afdol jika sampeyan sebagai pengguna Honda PCX 160 belum tahu tentang keunggulan dari mesin ESP+. teknologi turunan dari Honda Forza 250 yang membuat PCX 160 lebih responsif dengan peningkatan 4 katup yang dapat mengurangi gesekan mesin, apakah cuman disitu saja keunggulannya…tentu tidak kangbro, jadi mari kita bedah lebih dalam.

banyak ubahan yang dilakukan oleh Honda pada mesin eSP+ itu. Ubahan paling mencolok ada pada jumlah klepnya, Pada PCX 150, mesin eSP yang digunakannya hanya menggunakan 2 klep. Sedangkan pada PCX 160, dibekali dengan 4 klep pada mesinnya.

Lalu, diameter piston dan langkahnya juga ditingkatkan. Sekarang sudah 60 mm x 55,5 mm. Sehingga, kapasitas mesinnya membengkak menjadi 156,9 cc. Businya diposisikan tepat di tengah piston. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 15,5 tk pada 8.500 rpm dan torsi maksimum mencapai 14,7 Nm pada 6.500 rpm

Selain itu, efisiensi pemasukan campuran udara dengan bahan bakar dan efisiensi pembuangan gas pembakaran juga ditingkatkan demi mencapai output yang tinggi, Untuk mengurangi hambatan geser dan meningkatkan rasio kompresi, di dalam mesinnya juga sudah terdapat Piston Oil Jet.

Piston tersebut akan menyemprotkan oli mesin ke bagian belakang piston yang dapat membuat pendinginan lebih efisien dan meningkatkan waktu pembakaran. Pistonnya juga sudah dilapisi dengan molybdenum dengan desain ring piston yang baru. Sehingga, mampu menyapu pelumas lebih baik.

Mesin eSP+ juga dibekali dengan hydraulic cam chain tensioner lifter. Dengan komponen tersebut, mampu mengurangi gesekan dan suara, serta getaran mesin pada saat yang bersamaan. Sehingga, kinerja mesin menjadi lebih stabil. Lalu, jalur intake dari saringan udara ke pipa inlet sudah diperluas. Diameter throttle body juga diperbesar untuk meningkatkan efisiensi intake.Di bagian knalpot juga mengalami ubahan pada struktur di bagian dalamnya. Sehingga, tidak hanya performa meningkat, tapi juga lebih ramah lingkungan.

Artikel terkait :

Baca artikel lainnya :

Kontak admin :
WA : 081554492800
IG : @otobalancing
Email : givisurabaya@gmail.com

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :