otobalancing.net – Bukan rahasia umum jika Honda Beat saat ini dikenal sebagai motor sejuta umat, apalagi kalo bukan karena harganya yang murah, namun sebenarnya ada banyak motor yang harganya dibawah Honda Beat loh

1 Yamaha MIO Z dan MIO M3

Yamaha Mio Z yang lahir pada 2016 merupakan varian dari Mio M3. Yamaha Mio M3 sendiri adalah generasi ke-3 Yamaha Mio yang diluncurkan pada 2014, menggantikan versi Mio YMJET-FI, sekilas tidak ada perbedaan signifikan antara Mio berlabel Z maupun M3. Secara wujud, fungsionalitas, sampai dapur pacu pun serupa. Hanya saja jika diibaratkan versi Z jauh lebih sporty.

Urusan fitur sebenarnya cukup terbatas, maka dari itu motor ini lebih cocok dijadikan kuda besi komuter. Sayangnya seluruh pencahayaan juga masih bohlam biasa. Tapi paling tidak Yamaha Mio Z sudah dilengkapi dengan side stand switch, indikator Eco, sampai rumah kunci dengan penutup.

Urusan akomodasi para pengendaranya bisa manfaatkan dua slot penyimpanan pada dek tengahnya. Bagian kiri cukup besar bisa menampung botol minum, sebelah kiri meski sempit bisa menyimpan uang koin.

Mengandalkan cantelan atau hook di tengah dek. Sementara untuk menyimpan barang yang lebih besar lagi seperti jaket atau jas hujan, bisa taruh di bawah joknya dengan kapasitas bagasi 10,1 liter.

Oke, kenapa tadi dibilang lebih sporty? Karena penyematan per single shockbreaker-nya berkelir merah. Profil ban juga lebih lebar dari Mio M3, ukurannya 80/80 dan 100/70 yang menyelimuti velg ring 14.

Sementara urusan pengereman, bagian depan sudah cakram dan belakangnya masih tromol. Pun dengan tangki bensinnya yang sanggup menenggak penuh 4,2 liter bahan bakar.

Dapur pacu Yamaha Mio Z menggendong mesin 125 SOHC berpendingin udara yang sanggup memuntahkan tenaga 9,3 dk di 8.000 rpm dan torsi puncak 9,6 Nm di 5.500 rpm.

2. Suzuki NEX II

Di segmen skutik entry level Suzuki punya Nex II untuk mengisi pasar, dihadirkan dalam empat tipe oleh Suzuki yakni Standard, Fancy Dynamic, Elegant Premium serta Cross, banyaknya tipe ini bisa jadi merupakan strategi Suzuki agar mereka leluasa dalam memasang harga dari Nex II.

Suzuki NEX II Standart

Tipe ini adalah tipe yang paling basic sebagai skutik entry level, headlamp-nya masih dibekali bohlam konvensional, bukan menggunakan LED. Suzuki Nex II Standard juga minus komponen-komponen pemanis, seperti cover muffler, juga floorboard guard, selain itu power outlet juga absen di tipe ini

Tipe ini cocok untuk anda yang lebih mementingkan fungsi kendaraan daripada fitur

Suzuki NEX II Fancy Dinamic

Fancy Dynamic adalah tipe di atas Standard yang sudah punya spesifikasi lebih advance, pada tipe ini, Nex II dibekali headlamp LED dan juga tersedia fitur power outlet untuk mengisi baterai smartphone. pada Nex II varian Fancy Dynamic ini Suzuki memberikan LED Lamp Line yang tersemat di bodi sampingnya agar tampilannya menjadi lebih stylish.

Suzuki NEX II Elegant Premium

Suzuki Nex II dalam varian Elegant Premium menggunakan cat bertipe doff disertai emblem berwarna krom pada side body-nya membuat tampilan skutik ini menjadi lebih mewah.

Pada cover muffler serta floorboard juga diberikan aksen silver, jadi bukanhanya polos berwarna hitam saja, sama tipe Fancy Dynamic, tipe ini juga dibekali headlamp dengan lampu LED serta power outlet.

Suzuki NEX II CROSS

Tipe ini adalah yang paling baru dari Suzuki Nex II, dengan tampilan yang paling macho. Suzuki Nex II Cross dibekali ban model dual purpose merek IRC GP5, sehingga bisa nih untuk diajak melibas permukaan jalan baik on road, maupun off road ringan, selain itu striping bodinya juga terlihat lebih agresif.

Varian Cross sendiri sebenarnya punya dua tipe yakni dengan dan tanpa aksesori, aksesori yang dimaksud yakni penambahan lampu LED, power outlet, striker pelek dan cover knalpot.

3. TVS DAZZ

Pada bulan Mei 2015 lalu TVS motor kembali menghadirkan satu lagi produk motor terbarunya di Indonesia yang datang dari tipe matic. Motor tersebut adalah TVS Dazz DFI yang sejatinya merupakan seri motor upgrade dari TVZ Dazz yang dirilis pabrukan asal India pada tahun 2013 lalu. Popularitas TVS sendiri memang belum setenar motor Yamaha, Honda, Suzuki, dan beberapa motor lainnya yang ada di tanah air, namun kehadirannya di Indonesia tetap menambah warna tersendiri pada persaingan industri motor yang ada.

Harga TVZ Dazz DFI sendiri bisa di bilang cukup murah dan terjangkau di kelasnya mengingat TVS sendiri membandrol motor matic yang satu ini tak lebih dari 15 juta rupiah, namun perlu sobat otomotif ketahui dengan harganya yang murah dan terjangkau, kendaraan ini tetap di lengkapi dengan kemampuan kerja yang tinggi berkat TVS menambahkan mesin berkapasitas 110cc yang di padukan dengan beragam teknologi canggih dan fitur modern di dalamnya.

Pihak TVS sendiri sudah menanamkan teknologi mesin Digitech-R serta Fuel Injection yang sebelumnya juga pernah ada pada seri lawasnya, dan tetap mempertahankan fitur phone charging, low-friction engine, dan pastinya ban tubeless.

TVS Dazz DFI ini memiliki tipe mesin SOHC berpedingin udara dengan 1 silinder dan mempunyai mesin 4 Tak. Dengan demikian mesin dengan kapasitas 109.65cc ini bisa memberikan kualitas kinerja yang cukup memuaskan bagi setiap penggunanya.

Penggunaan mesin diatas, membuat kendaraan yang satu ini dapat memberikan kinerja yang tinggi, yang mana tercatat bahwa TVS Dazz DFI ini mampu mengeluarkan power tertinggi mencapai 6.4 Kw setiap berada pada putara 7500 rpm dengan torsi terbaiknya berada pada 8.7 Nm saat berputar di kecepatan 5500 rpm

Walaupun di bandrolnya harga TVS Dazz DFI ini dengan murah dan terjangkau, namun nyatanya motor matic yang satu ini dilengkapi denganb beragam teknologi menarik dan mempuni yang siap untuk sobat otomotif nikmati, salah satunya adalah hadirnya fitur canggih berupa Secure Key dan juga Parking Brake Lock, kedian fitur canggih ini tentunya akan menjaga menjaga keamanan motor ini saat berada di area parkir atau ketika di tinggal penggunanya.

4. VIAR STAR NX

Pasti kaget, kalau tahu harga motor baru Viar Star NX, karena PT Triangle Motorindo selaku produsen motor asal Semarang, Jawa Tengah ini memberi harga yang mengejutkan, bagaimana tidak, Viar Star NX dibanderol hanya Rp 9,95 juta (on the road Jadetabek), jauh lebih murah dibanding motor bebek merek lain, yang rata-rata didominasi pabrikan Jepang dan India.

VIAR Star NX telah menganut teknologi LED Headlamp dengan DRL (Daytime Running Light), terbilang wow untuk motor dibawah 10 juta ini ya, VIAR STAR NX mengusung mesin berkubikasi 100cc berpendingin udara. Untuk menambah kenyamanan, Star NX dibekali peredam kejut tipe teleskopik dan dual shock absorber dibagian belakang. Dengan kapasitas tangki sebesar 3,7 liter, Viar Star NX mampu menempuh jarak hingga 40km per liternya.

Artikel Terkait :

Silahkan dibaca artikel terbaru lainnya :

Silahkan Memberikan Tanggapan Di Bawah Ini