otobalancing.net – Ini bukan Piaggio MP3 atau Yamaha Tricity, si skuter roda tiga yang bodi gembotnya memesona pecinta motor. Motor ini juga bukan Peugeot Metropolis 400, atau Quadro 350 S, apalagi Can-Am Spyder yang super mewah dan bertenaga 998 CC.

Ini adalah Suzuki NEX II roda tiga modifikasi untuk difabel, sebenarnya udah ratusan motor standard berbagai merek dan jenis untuk menjadi kendaraan roda tiga, motor roda tiga bagi para difabel hanya salah satu sisi apa yang disebut sebagai “ramah” terhadap difabel. Ada persoalan lain yaitu masalah sarana dan prasarana kota yang belum banyak yang memberikan “akses” terhadap dirinya dan rekan-rekannya.

Untuk memodifikasi motor skutik hanya ditambahkan rangka belakang sebagai ‘rumah’ bagi as roda yang pusat penggeraknya nanti ada di ban belakang kanan.

Ada dua bahan dasar modifikasi, yakni stainles dan besi hitam untuk membuat kerangka. Modifikasi berbahan stainles lebih murah dibandingkan dengan besi hitam. Perbedaan tersebut ada pada tingkat keawetan bahan, meski modifikasi berbahan stainles terlihat bersih dari luar, tapi di dalamnya bisa cepat karat, sedangkan modifikasi dengan memilih bahan dari besi hitam sedikit lebih mahal. Namun, harga yang lebih tinggi juga sepadan dengan kualitas ketahanan dengan rentang waktu yang cukup lama.

Namun begitu motor roda tiga buatan terkendala saat masuk lahan parkir khusus motor di gedung, mengalami penolakan saat antre jalur khusus motor di SPBU. Belum lagi masalah akses sarana dan prasarana yang secara umum belum mendukung para difabel seperti kemudahan akses di gedung pemerintahan seperti kelurahan, ATM, dan berbagai tempat umum lainnya.

Silahkan Memberikan Tanggapan Di Bawah Ini