4 Tips Saat Memilih Kaca Film Mobil Agar Nyaman Dan Aman

otobalancing.net – Banyak orang tidak peduli saat memilih kaca film yang nyaman dan aman untuk mobilnya, padahal apapun kualitas dan kedalaman warnanya yang bisa merasakan adalah driver dan penumpangnya, karena tidak hanya untuk membantu privasi penumpangnya, namun fungsi utamanya adalah mampu menahan panas dan cahaya matahari yang mengganggu pengendara.

Berikut 4 tips memilih kaca film yang tepat untuk mobil anda :

  1. Mengetahui tingkat kegelapan yang pas

Kaca film yang gelap dapat membuat kendaraan terasa lebih aman dikarenakan tidak dapat dilihat dari luar. Namun, apabila terlalu gelap tentunya dapat mengganggu keselamatan pengendara dikarenakan memengaruhi jarak pandang.

Karena itu disarankan untuk memilih jenis kaca dengan tingkat kegelapan maksimal 40 persen. Tingkat kegelapan tersebut memungkinkan pengendara memiliki jarak pandang cukup jauh di siang hari dengan jarak visibilitas minimal 500 meter ke depan.

2. Dari dalam harus terlihat terang

Kaca film yang aman harus tetap terlihat terang dari dalam mobil, beberapa jenis kaca film tampak gelap baik dari dalam maupun luar mobil, kondisi ini tentunya dapat mengganggu pandangan pengendara terutama pada malam hari.

3. Memilih kaca film dengan jenis perlindungan UV 400

Salah satu fungsi utama kaca film adalah menahan panas matahari. Untuk itu, disarankan memilih kaca film yang memiliki perlindungan UV 400, kaca film UV 400 mampu melindungi kulit dari panasnya sinar matahari, fitur perlindungan UV 400 dapat menolak sinar matahari hingga 99 persen.

4. Pilih yang punya memang benar2 terbukti

Salah satu spesifikasi kaca film adalah UVR (Ultraviolet Rejection). Spesifikasi ini menunjukkan kemampuan kaca film untuk menyaring sinar ultraviolet agar tidak sampai masuk kabin mobil. Umumnya diukur dalam bentuk persen. Semakin tinggi persentasenya, maka semakin besar pula sinar ultraviolet yang ditepis. Artinya, kulit Anda semakin aman, dashboard dan jok Anda pun tidak gampang pudar karenanya.

Spesifikasi kaca film selanjutnya adalah VLT (Visible Light Transmittance). Parameter ini menunjukkan kemampuan kaca film untuk meneruskan cahaya ke dalam kabin mobil. Dengan kata lain, kemampuan kaca film untuk membuat pengendara untuk melihat keadaan luar. Hitungannya dalam persen juga.

Semakin kecil persentasenya, maka semakin gelap kaca film. Sebagai contoh, jika kaca film memiliki VLT 70%, maka kegelapan kaca film hanya 10-15% (kaca mobil umumnya memiliki VLR 5%). Sementara itu jika VLT 5%, maka kegelapan kaca film bisa mencapai 80%.

Jika UVR atau VLT mengukur sinar ultraviolet dan cahaya yang masuk kabin, maka TSER (Total Solar Energy Rejected) akan mengukur total energi matahari yang bisa ditapis kaca film. Ukurannya juga dalam persentase pula. Semakin besar angkanya, maka energi total yang ditapis juga akan semakin besar pula. Hasilnya tentu saja kabin yang semakin adem.

Spesifikasi kaca film yang juga perlu Anda perhatikan adalah IRR (Infrared Reflectance/Rejected). Parameter ini menjadi ukuran besarnya kemampuan kaca film menapis sinar inframerah. Semakin besar persentasenya, maka semakin bagus pula dalam menolak sinar inframerah, kabin menjadi lebih sejuk.

Salah satu merek penghasil kaca film terbagus adalah 3M. Salah satu pilihan kaca film yang cocok dari 3M adalah 3M Autofilm Blackbeauty Windshield for Car. Kaca film ini untuk kaca depan mobil Anda. Segala jenis mobil cocok. Warna hitamnya cantik dan elegan.

Kadar kegelapan kaca sebanyak 40% (maks). Kaca film ini dibuat dengan material poliester khusus yang tidak gampang pudar. Pembuatannya tidak menggunakan teknologi metal, sehingga kaca bebas karat. Sinyal gadget atau GPS Anda juga tidak akan terganggu. Dapatkan kaca film ini di Blibli dengan harga mulai Rp 535.000.

Untuk mobil kesayangan Anda, coba kaca film Iceberg. Saat ini kaca film Iceberg telah sampai pada generasi ke-4, dilengkapi dengan Night Vision Technology. Anda akan mendapat pandangan yang sangat jernih di malam hari.

Material kaca film Iceberg adalah nano ceramic 100% yang sanggup menapis elemen berbahaya sinar matahari secara sempurna. Memiliki UVR, TSER, VLT, dan IRR tinggi. Iceberg membuat Anda nyaman, karena terasa lebih privat, sekaligus juga aman dalam berkendara. Dan juga jangan lupa, kendaraan juga semakin irit. Anda bisa mendapatkan produk ini di Blibli dengan harga mulai dari Rp 2.100.000.

Satu nama top dalam dunia kaca film, V-Kool, menawarkan produk V-KOOL Kaca Film for Toyota Avanza Full Set (VK 40 VIP VIP). Produk full set untuk Avanza ini memiliki spesifikasi yang sedap. Dengan VLT 70%, sehingga visibilitas tampak jelas namun teduh.

Sementara nilai IRR-nya 98%, membuat suasana kabin sejuk karena hampir semua sinar infra merah tertapis. Sinar bercahaya UV tertapis hingga 99% pula. Sehingga Anda semakin aman. Dapatan produk ini di jd.id dengan harga Rp 6.608.000.

Solar Gard menawarkan Kaca Film Solar Gard Best Performance – (Medium Car) Full Kaca. Merek dari Amerika Serikat ini akan membuat kaca mobil Anda cantik dan terlindungi.

Merek ini menawarkan kaca film dengan daya tapis UV hingga 99%. Visibilitasnya juga tinggi, walau dari luar tampak gelap. Anda bisa memasangnya pada berbagai jenis mobil ukuran medium. Dapatkan produk ini di Blibli dengan harga Rp 4.080.000.

Eastman, produsen kaca film terbesar di dunia, menawarkan Llumar. Selain menghalau silau, kaca film ini bisa membuat mobil Anda lebih dingin 16 derajat daripada jika Anda membiarkan kaca mobil apa adanya.

Lebih dari itu, kaca film ini memberi pendinginan 4 menit lebih cepat dari produk kompetitornya. Sehingga kabin mobil Anda akan memiliki suhu ruang yang selalu stabil. Akibatnya dengan setting minim pun AC telah dingin, konsumsi BBM pun irit. Dapatkan produk ini di Bukalapak dengan harga Rp 2.750.000.

Merek Jepang yang juga jagoan kaca film, Masterpiece, menawarkan Kaca Film Masterpiece Made In Japan. Kaca ini cocok untuk mobil berukuran kecil. Tampilannya sangat elegan dan manis. Kemampuannya untuk menapis UV juga sangat bagus. Karena diproses dengan Sputtered Technology dan Heat shielding technology. Level TSER-nya mencapai 77%, sementara UVR-nya 99%. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 1.700.000.

Merek kaca film yang juga top di Indonesia, Huper optik, juga menawarkan satu produk keren. Anda akan mendapatkan Huper Optik Kaca Film for Suzuki Ertiga. Untuk Ertiga Anda, kaca film ini dilengkapi dengan berbagai spesifikasi top.

Kemampuannya menapis ultraviolet mencapai 99%. Sementara untuk TSER-nya mencapai 70%. Semua itu akan membuat kabin mobil Anda tetap sejuk dan terlindungi. Begitu pula dengan interior mobil, tidak akan cepat pudar. Anda bisa mendapatkan produk ini di Blibli dengan harga berkisar antara Rp 741.832 – Rp 7.836.752.

Pilihan kaca film yang juga harus Anda pertimbangkan saat mencari kaca film berkualitas adalah Perfections. Anda akan mendapatkan kaca film yang dibuat dengan material tinggi. Untuk kaca depan, memiliki kepekatan/kadar gelap sekitar 40%.

Sementara itu untuk samping serta belakang 40%-80%. Sinar UV akan ditapis hingga 99.9%, membuat kabin lebih dingin dan interior tidak cepat pudar warnanya. Kaca film Perfections hadir dengan garansi 7 tahun.

Jika Anda membelinya,ada bonus Free Kit Wash and Glow Shampoo Pouch 800 mL. Anda bisa mendapatkan kaca film Perfections di Blibli dengan harga Rp 2.700.000.

Koleksi kaca film terakhir dalam daftar ini dari Spectrum, yaitu Kaca Film – Spectrum Window Film Black/Silver for Medium 1 Car Depan. Kaca film ini mendapat rekomendasi dari The Skin Cancer Foundation sebagai produk yang bisa membantu Anda meredam kanker kulit yang disebabkan oleh sengatan sinar matahari.

Level UV mencapai 99%, sementara TSER 90%. Produk Spectrum hadir dalam berbagai level kegelapan, dengan pilihan kaca film Spectrum hitam atau perak. Anda bisa mendapatkan produk Spectrum ini di Blibli dengan harga Rp 696.414.

Artikel Terkait :

Artikel Terbaru :

Silahkan Memberikan Tanggapan Di Bawah Ini