Mesin FIREBLADE CBR1000RR-R Dibuat Dengan Teknologi RC213V MotoGP

otobalancing.net – Tidak seperti 11 tahun terakhir dalam pengembangan mesin Fireblade, model 2020 ini sama sekali baru dengan menampilkan mesin short-stroke yang sama yang berbagi bore dan stroke dari motor MotoGP RC213V untuk menghasilkan torsi 214 HP

Engine ini dilengkapi dengan gir semi-cam baru, lengan ayun berbobot ringan yang sama dengan MotoGP, konrods titanium, teknologi peredam gesekan baru, dan aerodinamika fairing depan yang didesain secara terpusat yang dipasang di tengah, sedangkan di SP-model mendapat peredam titanium Akrapovic atas versi stainless steel sepeda standar.

Mesinnya sama sekali baru dan memiliki fitur bore 81mm dengan stroke 48.5mm yang merupakan perubahan besar atas bore dan stroke 76mm x 55.1mm motor sebelumnya dimana ukuran bore stroke yang terbesar di kelas 1000cc sportsbike.

Perubahan pada lengan rocker pengikut jari adalah perubahan dari penggerak katup bucket dan mengurangi bobot inersia sebesar 75% yang diklaim, bila dikombinasikan dengan perawatan permukaan Diamond Like Carbon (DLC) baru pada lobus cam telah menghasilkan pengurangan 35% yang diklaim kerugian gesekan.

Train valve semi-cam yang baru digerakkan dari timing gear yang terletak di crankshaft melalui cam-idle-gear yang memperpendek panjang rantai yang dibutuhkan yang membantu mesin putaran tinggi untuk mempertahankan timing engine.

Conrod titanium baru dan tutup conrod telah dikembangkan oleh bahan yang dikembangkan Honda yang disebut TI-64A dan menghemat 50% berat yang diklaim di atas versi baja Chrome Molybdenum.

Piston aluminium yang ditempa ringan dan beratnya 5% lebih rendah dari versi sebelumnya dan mesin memiliki sistem pendingin oli yang menyesuaikan antara rpm tinggi dan rendah untuk memastikan tekanan oli tidak hilang secara tidak perlu pada kecepatan engine yang lebih rendah.

Sistem Aerodinamika yang baru dirancang langsung mengarah ke airbox bertekanan yang sekarang lebih besar di bagian luar dan dalam saringan udara sebelum campuran bahan bakar / udara tercampur dalam katup saluran masuk berkat bak throttle 52mm yang lebih besar menggunakan pengurangan sudut katup intake.

Artikel Terkait :

Artikel Terbaru :

Silahkan Memberikan Tanggapan Di Bawah Ini