Marquez Geser Doohan Sebagai Pembalap Tersukses Di HRC

otobalancing.net – Marc Marquez enggak cuma jadi juara dunia MotoGP 2019 di Chang International Circuit hari ini (6/10/2019) selain gelar juara dunia, Marc Marquez berhasil juga menyamai rekor Valentino Rossi dan menggeser Mick Doohan sebagai pembalap Honda tersukses.

Ini merupakan gelar juaranya yang ke-6 di kelas utama sejak pembalap itu bergabung di 2013 bersama Repsol Honda Team. Enam gelar yang diraihnya menjadikan Marc Marquez pembalap tersukses dalam sejarah Honda di MotoGP, Kenapa? 6 gelar yang ia miliki kini sudah mengalahkan seniornya, Mick Doohan yang mengantongi 5 gelar juara kelas utama, ditambah Marquez mendapatkannya dalam 7 tahun bersama Honda, sedangkan 5 gelar juara dunia Mick Doohan diraihnya dalam 11 tahun.

Kemenangan di MotoGP Thailand membuat Marquez menjadi juara dunia MotoGP 2019 dengan torehan 325 poin. Sementara rival terdekat Marquez, Andrea Dovizioso hanya mampu finis di posisi keempat. Quartararo melakukan start impresif dari pole. Lap pertama berakhir dengan keunggulan pebalap asal Perancis itu atas Marquez dan Maverick Vinales Dovizioso juga start dengan impresif setelah naik dari posisi tujuh ke empat.

Quartararo dan Marquez mulai menjauh di posisi satu-dua usai lap keempat. Kedua pebalap sudah unggul hampir satu detik dari Vinales yang berada di posisi ketiga. Sementara itu Valentino Rossi berhasil naik ke posisi enam di lap kelima setelah melewati Joan Mir.

Quartararo terus mampu mempertahankan posisi dari kejaran Marquez. Memasuki lap sembilan, pebalap rookie itu berhasil unggul hingga 0,6 detik dari Marquez. Tapi, bukan Marquez namanya jika tidak berusaha meraih kemenangan meski finis kedua cukup baginya untuk menjadi juara dunia MotoGP 2019.

Marquez kembali mendekat ke Quartararo di sepuluh lap terakhir. Pebalap Repsol Honda mendekat hingga berjarak hanya 0,2 detik dari Quartararo. Sementara Vinales terpaut 2,3 detik dari Marquez, Balapan mulai ramai di empat lap tersisa Marquez sempat menyalip di trek lurus, tapi pebalap asal Spanyol gagal mengerem dengan sempurna untuk melakukan blockpass terhadap Quartararo.

Pertarungan Quartararo dan Marquez berlangsung ke lap terakhir. Marquez akhirnya sukses menyalip Quartararo di tikungan pertama. Marquez akhirnya mengalahkan Quartararo di tikungan terakhir dan menjadi juara dunia MotoGP 2019. Vinales merebut podium ketiga.

Hasil MotoGP Thailand 2019:

1. M. MARQUEZ 39 menit 36,223 detik
2. F. QUARTARARO +0.171 detik
3. M. VINALES +1.380 detik
4. A. DOVIZIOSO +11.218 detik
5. A. RINS +11.449 detik
6. F. MORBIDELLI +14.466 detik
7. J. MIR +18.729 detik
8. V. ROSSI +19.162 detik
9. D. PETRUCCI +23.425 detik
10. T. NAKAGAMI +29.423 detik

Silahkan Memberikan Tanggapan Di Bawah Ini