Honda CRF1100L Africa Twin 2020 Bakal Lebih Segar…!!!

otobalancing.net – Sepeda motor adventure Honda, CRF1100L Africa Twin akan mendapatkan sentuhan pembaruan. Hal itu setelah Honda mengumumkan CRF1100L Africa Twin terbaru dengan mesin yang lebih besar dan akan mulai dijual pada awal 2020 mendatang.

Sebelumnya spekulasi soal Africa Twin terbaru sudah beredar lama dan kini memuncak dengan peluncuran CRF1100L Africa Twin yang serbabaru. CRF1100L Africa Twin terbaru dikatakan lebih kuat berkat mesin baru yang lebih besar. Selain itu tongkrongan lebih ramping.

CRF1100L Africa Twin yang terinspirasi dari Rally Dakar ini membawa banyak pembaruan termasuk desain, mesin rendah emisi, daya, dan bahkan bobot yang lebih ringan. Ketika beredar kabar bahwa motor adventure flagship Honda CRF generasi berikutnya menerima mesin yang lebih besar, kekhawatiran tentang bobotnya menjadi perbincangan.

Mesin yang lebih besar secara logika tentu memiliki bobot yang lebih berat pula. Namun hal itu salah. Faktanya, Honda menegaskan bahwa CRF1100L Africa Twin yang baru lebih ringan dari pendahulunya. Sekarang memiliki skala di bawah angka 226 Kg. Beberapa komponen memang dibuat lebih ringan termasuk gearbox.

Dari sektor mesin, CRF1100L Africa Twin baru hadir dengan mesin paralel-kembar 1084 cc yang tak hanya meningkat performanya tetapi juga menerima sejumlah peningkatan desain. Selongsong silinder terbuat dari aluminium, kepala silinder dirancang ulang, pengaturan ECU baru mengoptimalkan injeksi langsung di ruang pembakaran dengan twin-spark yang dibentuk ulang, pengaturan timing klep telah ditingkatkan, dan banyak lagi.

Blok baru sekarang ditaksir memiliki tenaga 101 hp atau membawa peningkatan 7-hp. Untuk membantu meningkatkan daya sambil mengurangi emisi, Honda merancang muffler yang dilengkapi dengan Exhaust Control Valve (ECV) variabel.

Sekarang, pada model baru juga ada enam mode mengemudi yakni tur, perkotaan, kerikil, dan off-road serta dua pengaturan yang dapat disesuaikan. Mode ini memvariasikan input dan daya pengereman tergantung pada situasi dan tingkat agresivitas berkendara yang diinginkan.

Suspensi tetap tidak berubah dengan garpu Showa 45 mm terbalik dengan jarak 9,1 inci di bagian depan dan di bagian belakang ada shock Showa dipadukan dengan swingarm Pro-Link dengan jarak 8,7 inci dengan roda belakang. Ukuran roda juga tetap tidak berubah dengan pelek kawat 21 inci di depan dan 18 inci di belakang.

Tenaga pengereman disediakan kaliper empat piston yang dipasangkan dengan cakram 310 mm dan satu blok piston di belakang dipasangkan dengan cakram 256 mm. Keduanya disematkan dengan sistem pengereman ABS.

Dari aspek desain, perubahan juga terlihat di beberapa sisi. Fairing depan telah sedikit diubah dengan bentuk headlamp baru dan hidung yang lebih tinggi. Skidplate baru yang lebih besar membungkus pipa knalpot di bagian belakang.

Dengan desain baru, lebih ramping, dan lebih ringan ini, Honda berharap dapat mendorong pengendara untuk kembali ke jalur off-road yang lebih menyenangkan dengan CRF1100L Africa Twin mereka. Model ini menerima fitur-fitur seperti kontrol cruising standar dengan layar TFT 6,5 inci baru dengan Apple CarPlay dan kompatibilitas Android Auto, pembatalan sinyal belok otomatis, port USB, kontrol wheelie, dan konektivitas Bluetooth.

Namun perlu dicatat, itu adalah spesifikasi untuk model yang dipasarkan di Eropa. Tidak diketahui apakah spesifikasi yang sama akan ditawarkan Honda di beberapa negara yang juga menjadi pasar penting mereka.

Honda CRF1100L African Twi terbaru ditawarkan mulai harga USD 14.3999 atau sekitar Rp 203 jutaan. CRF1100L Africa Twin terbaru dikabarkan bakal mulai nongkrong di showroom pada Maret 2020 mendatang.

Artikel Terkait :

Artikel Terbaru :

Silahkan Memberikan Tanggapan Di Bawah Ini