Hubungan Brotherhood Komunitas Motor Terhalang Karena Fanatisme Bola, Bikers Kurang Kopi Itu Namanya…!!!

otobalancing.net – Masbro sekalian…beberapa waktu yang lalu saya terusik dengan cerita dari beberapa rekan saya yang anggota komunitas motor di kota Surabaya yang menceritakan jika ada salah satu komunitas yang juga adalah temannya mengatakan kalo ada gab antara bikers Malang dan Surabaya…dahi saya mengerut mendengar statment ini karena saya sendiri telah lama berkecimpung di dunia komunitas motor merasa gak ada masalah apa-apa, trus mengapa sampai ada sebuat statment dimana si A yang diceritakan ingin memprakarsai pertemuan antara biker Surabaya dan Malang untuk membahas tentang masalah ini.

Telepas benar atau tidaknya saya mempunyai opini sendiri mengenai hal ini, dimana dunia bikers dan bola merupakan dua dunia yang sangat berbeda, mengapa…??? sebelum saya menjelaskan lebih jauh saya ingin memberikan gambaran tentang bagaimana dunia bikers itu sendiri masbro.

Banyak sekali orang memandang seorang BIKERS adalah seorang penunggang motor yang mengendarai motor dengan cara ugal-ugalan yang tidak mengetahui tata tertib lalu litas dan berjalan se-enaknya. tetapi banyak juga orang yang telah mengenal bikers yang baik tau tata tertib dan tau adab.

Dunia bikers dan dunia suporter bola memang tercipta karena kesamaan hobi, satu hobi motor dan satu hobi bola, sama-sama komunitasnya dan sama-sama mempunyai basis massa yang juga besar, ada banyak perbedaan di dalamnya.

Organisasi Motor umumnya memiliki 4 jenis konsep organisasi

  1. Klub/Komunitas Nasional adalah klub dengan konsep nasional memiliki Chapter/cabang dibanyak kota di indonesia
  2. Klub/Komunitas Independet adalah club dengan konsep berdiri sendiri di satu kota tidak mempunyai Chapter/cabang di kota lain
  3. Independent Nasional adalah klub yang berawal dari klub independent namun seiring kemajuan organisasi mereka mampu membuat Chapter/cabang dibanyak kota.
  4. Klub Multinasional/Internasional adalah klub motor yang mampu membuka chapter/cabang di banyak kota dan negara-negara.

Sedangkan untuk komunitas bola, jelas jauh berbeda dimana Sepak bola adalah “industri” yang melibatkan fanatisme, sehingga supporter tidak bisa dipisahkan dari permainan sepak bola itu sendiri, para pecinta sepak bola memiliki rasa fanatisme yang tinggi terhadap tim sepak bola yang diidolakannya, untuk itu mereka mengimplementasikannya dengan cara bergabung ke dalam komunitas suporter sepak bola dengan tujuan untuk memberikan dukungan kepada tim kesayangannya.

Alhasil dibentuklah organisasi suporter sepak bola yang mewadahi komunitas suporter dan berperan menjadi pemasok dukungan untuk team yang berlaga, mengelola dan mengendalikan organisasi supporter bukan urusan yang sederhana, namun bagaimanapun organisasi suporter memiliki tanggung jawab untuk mengendalikan suporter untuk bisa menjadi penonton dan pendukung sepak bola yang baik di dalam maupun diluar stadion.

Dari sini sudah bisa dipahami jika ada anggota komunitas motor yang mencampur adukkan kepentingan organisasi motor dan bola artinya anggota tersebut harus memahami jika dua dunia ini adalah dua dunia yang berbeda, kalo memang ada yang mempermasalahkan itu semata karena sikap dan sifat anggota tersebut yang berusaha memperumit keadaan dan merusak tatanan persaudaraan antar organisasi motor.

Jika kerusuhan banyak terjadi di dunia bola oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, maka di dunia motor hal itu tidak akan pernah terjadi, jadi intinya jangan mempermasalahkan atau memperdebatkan hubungan antara organisasi motor dan organisasi bola karena sejatinya semuanya berbeda adat istiadat, aturan dan penerapan dalam berorganisasinya

yang masih mempermasalahkan berarti…Kurang Ilmunya dan sedikit temannya.

Silahkan Memberikan Tanggapan Di Bawah Ini