Suzuki GSX-R150 Hilang Di Gondol Maling, Kok Bisa…!!!

otobalancing.net – Cak bro…yang namanya maling memang sudah dari sononya dikaruniai beribu akal, ditambah dengan modal nekad dan korban yang lengah maka barang kesayangan akan mudah berpindah tangan, seperti kejadian yang dishare oleh akun facebook bernama Mas Purr BE ini, dimana menunjukkan sebuah kejadian dimana maling berhasil menggondol Suzuki GSX-R150 dengan sangat gampang dan dalam waktu yang sangat singkat.

Kalo sampeyan sudah melihat video diatas maka sampeyan bisa menebak jika untuk menyalakan Suzuki GSX-R150 tersebut si maling menggunakan semacam remote dulu baru kemudian motor dapat dinyalakan, namun remote apa itu…apakah remote TV, rakitan dsb…jawabannya jelas remote asli GSX-R150 masbro.

Kecanggihan Keyless GSX-R150

Sistem keyless ignition system ini akan membantu pengoperasian motor menjadi lebih mudah. Sistem ini terdiri dari 2 komponen utama, yaitu kunci remote dan anak kunci. Biasanya pada kendaraan roda empat yang sudah dilengkapi dengan sistem keyless, anak kunci kontaknya menyatu dengan kunci remote.  Hal tersebut beda pada GSX-R 150 karena anak kunci terpasang pada rumah kunci (main switch) yang terdapat di dekat tangki bahan bakar.

Bentuk anak kunci tersebut mirip knob, jadi pengoperasian ke posisi on, off, atau mengunci dengan cara setang diputar. Anak kunci itu juga bisa dicopot jika pengemudi ingin membuka penutup tangki bahan bakar dan jok penumpang belakang.

Sistem keyless mampu mendeteksi kunci remote dalam radius 1 m. Kalau terdeteksi itu artinya pengemudi sudah bisa menyalakan mesin. Saat kunci remote berada di luar radius, maka secara otomatis mesin motor mati dan akan langsung terkunci.

Saat anak kunci diputar ke posisi off dan sistem tidak bisa melakukan identifikasi karena remote rusak atau hilang, lampu indikator LED yang berwarna biru akan  berkedip maksimum 30 detik. Selama 30 detik itu anak kunci bisa diputar ke posisi on. Tiap kunci remote punya nomor identitas dan agar lebih aman, nomor identitas itu sebaiknya dicatat dan rahasiakan kemudian disimpan di tempat yang aman.

Suzuki GSX-R 150 juga punya fitur tambahan keamanan yaitu Answer Back, yang bisa dioperasikan dari kunci remote dan membuat motor mengeluarkan sinyal lampu dan suara sehingga memudahkan pencarian di parkiran.

Benar dugaan saya jika maling tersebut mengetahui system kerja remote GSX-R150 sehingga mau gak mau saat maling melihat remote GSX-R150 terlihat tanpa penjagaan, maka dengan tanpa pikir panjang maling mengambil dan dengan mudah sekali menyalakan GSX-R150.

Berikut penjelasan pemilik motor melalui percakapan facebook

Last…

Yang sabar ya masbro, segala macam cobaan terkadang memang diluar kemampuan kita walaupun semaksimal kita telah berusaha, namun yang pasti semuanya ada jalan keluar…seng sabar ya masbro, semuanya pasti ada jalan keluarnya

Silahkan Memberikan Tanggapan Di Bawah Ini