otobalancing.net – Di bully dan di kritik habis habisan lantaran pembangunan tol disebut dinilai hanya permainan politik semata, seperti yang disampaikan Fadli dalam keterangan tertulis mengenai catatan awal tahunnya, Rabu (2/1/2019), Wakil Ketua DPR ini berpendapat klaim keberhasilan pembangunan pada pemerintah Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla membodohi masyarakat. Salah satunya adalah pembangunan jalan tol.

“Jalan tol itu sebagian infrastruktur swasta, bukan infrastruktur publik. Bagaimana ceritanya pembangunan jalan tol diklaim sebagai prestasi pembangunan?” ujar Fadli melalui keterangan tertulis mengenai catatan awal tahunnya, Rabu (2/1/2019).

Menurut Fadli, pembangunan jalan tol lebih seperti praktik bisnis dengan rakyat, bukan pelayanan masyarakat. Sebab masyarakat masih harus membayar ketika melewati jalan tersebut. Beda halnya jika pemerintah memperbaiki jalan nasional, provinsi, kabupaten, dan kota. Jalan tersebut masuk dalam kategori infrastruktur publik. Masyarakat tidak perlu membayar ketika melintasi jalan tersebut.

“Masalahnya, alih-alih memperbaiki jalan lintas Sumatera, misalnya, atau jalan-jalan arterinya yang rusak, Pemerintah malah berniat membangun jalan tol lintas Sumatera. Lalu di mana sifat publiknya?” kata Fadli.

Jujur saya yang merasakan sendiri fasilitas tol dan non tol saat mudik tahun ini tidak setuju dengan pendapat masbro Fadli ini, bahkan terasa banyak manfaatnya yaitu lancar dan gak macet, saya merasa perjalanan mudik Lebaran kali ini relatif lebih lancar dan tidak ada titik kemacetan panjang dibandingkan dengan mudik di tahun-tahun sebelumnya khususnya di Jawa Timur.

Berdarkan data sementara dinas lalu lintas kepolisian polda jatim dan dinas perhubungan, jumlah angka kecelakaan lalu lintas selama musim mudik 2019 turun hingga 88 persen, Selama 2019 ini yang tercatat kecelakaan sejumlah 220 kasus dengan korban meninggal dunia 90 orang, pada tahun sebelumnya, jumlah kecelakaan saat mudik Lebaran mencapai 1.911 kejadian dan menelan 690 korban jiwa.

Bagaimana tanggapan masbro Fadli…???

Bagaimana reaksi Fadli Zon setelah pembangunan infrastruktur yang kerap dikritiknya membuat arus mudik Lebaran tahun lancar jaya?

Fadli Zon mengatakan hal tersebut sudah semestinya menjadi tugas pemerintah, hal itu dikatakan Fadli ditemui usai menghadiri open houes di Rumah Dinas Ketua DPR RI, Jl Widya Chandra III, Jakarta Selatan, Rabu (5/6/2019) malam.

“Memang itulah tugas pemerintah memberikan kemudahan dan fasilitas karena rakyat membayar pajak. Pajaknya itu dikembalikan kepada rakyat dalam bentuk fasilitas publik,” ucap Fadli.

Dan bagaimana jawaban saya menanggapi pernyataan masbro Fadli…

WES SUWI CAK ITU TUGASE PEMERINTAH…WKWKWKWK…

Last…

Bagaimanapun saya sebagai masyarakat juga merasakan dampak dari pembangunan tol Trans Jawa, konsentrasi kemacetan sudah terpecahkan…roda 2 dan roda 4 tidak banyak yang saling beradu jalan, sama2 santai dan santun di jalan karn kelancaran perjalanan.

“Memang pembangunan ini ada plus minusnya di perekonomian, namun jika saya mengingat kejadian 6-7 tahun lalu dimana 2 sahabat saya dan 1 saudara yang saat mudik beristirahat di warung kopi lalu meninggal di tempat karena disruduk mobil yang menghindari motor dan bus yang ngeblong rasanya marah sekali, karena mengapa pembangunan tol ini tidak segera dilakukan di tahun2 dulu.

Karena jika keadaannya seperti skrg, mungkin saya gak kehilangan orang yang sangat berarti dalam hidup saya 6-7 tahun yang lalu…Minal Aidzin Wal Faidizin…Mohon Maaf Lahir Dan Batin”

SILAHKAN MEMBERIKAN TANGGAPAN DIBAWAH INI