Lampu HID Atau LED Tidak Bisa Ditilang Asalkan…, Ayo Belajar Cerdas Bro !!!

otobalancing.net – Kurang puas dengan performa lampu bawaan motor memaksa rider untuk memodifikasi sektor pencahayaan dengan lampu LED atau HID yang lebih terang dari lampu bawaan, sebelum memodifikasi Suzuki NEX II dengan lampu HID Projie…sebenarnya sudah 7 tahun lamanya lampu HID Projie sudah nangkring di motor lama yang masih ada hingga saat ini dan juga masih pakai HID Projie kalo kemana mana.

Berikut gambaran cerita percakapan saat berhadapan dengan pak polisi tentang lampu HID atau LED (P : POLISI, S : SAYA)

P : Maaf Pak lampu’y saya tilang..
S : lampu saya emank knp Pak?
P : lampu Bapak tidak sesuai aturan
S : emank aturan’y sperti apa Pak?
P : Bapak gak liat lampu’y dimacem2in
S : emank lampu fungsi’y buat apa Pak?
P : ya buat penerangan lah
S : terus masalah’y apa dengan lampu saya
P : lampu anda tidak standar bukan bawaan pabrik
S : Oooh jadi segala yang bukan bawaan pabrik ditilang gitu Pak?? coba Bapak liat sekeliling Bapak knalpot bahkan foot step skalian yg bkn bawaan pabrik harus’y pada ditilang tuh
P : bukan gt Pak ini sudah jadi aturan kalau lampu seperti itu
S : oke kalau itu sdh jadi aturan berarti sebelumnya sdh diaudit terlebih dahulu donk Pak, saya minta penjelasan sbgai masyarakat yg blm pernah mndapatkan sosialisasi mngenai peraturan ini tolong dijelaskan,
1. standar pemakaian dalam lampu berapa Kelvin
2. pemakaian intensitas suara knalpot berapa decibel (dB)

P : ini bukan masalah knalpot, anda ini ngeyel, kalau salah ya terima saja
S : yg jadi permasalahannya apa Pak?
P : (dengan nada mencari2 alasan) lampu anda itu berbeda dari yg seharusnya liat dari warna saja putih, harusnya kuning cerah
S : Oke ada pasal yg menerangkan kalau lampu harus kuning gk boleh putih & gk boleh pake HID??
P : (nunjukin bukunya) nih Baca
S : disini tertulis harus menggunakan lampu di siang hari, tak mempermasalahkan warna harus kuning?
P : anda jangan sok pintar, kalau sudah aturan ya aturan
S : aturan tuh ditulis Pak diatas hitam putih, bukan ditulis di lisan Bapak
P : (dengan nada kesal sambil menyerahkan STNK & SIM saya) nih…nih…nih…ambil sana pulang, pusing saya liat kamu
S : saya APALAGI PAK..!!

MOHON DIBACA : WAJIB PAKAI LENSA PROJIE AGAR FOKUS

Bagi yang komplaint mengenai HID, sebaiknya research dahulu sebelum berkomentar. jangan tong kosong nyaring bunyinya.

Semua mobil dilengkapi dengan reflektor adjuster, Halogen aja bisa menyilaukan apabila menyorot ke mata pegemudi. Jadi Please di adjust reflektornya, jangankan HID, Lampu fog lamp aja banyak yang menyilaukan mata. Diatas 6000k sinarnya memang agak menyilaukan dan lumen ud menurun, jadi sebaiknya menggunakan antara 4300-6000k, yang mau beken dengan 8000k silahkan adjust lebih rendah reflektornya, yang hobby nyetir di tempat berkabut pake 3000k.

Mengemudi kendaraan dengan lampu berwarna putih lebih TIDAK MELELAHKAN MATA, berarti lebih mengurangi resiko kecelakaan dalam berkendara. UU 14 tahun 1992 tentang LLAJ dan PP 44 Tahun 1993, didalam PP 44 dijelaskan bahwa :

“Lampu utama dekat berjumlah 2 buah berwarna putih atau kuning muda dan dipasang pada bagian muka kendaraan dan dapat menerangi jalan pada malam hari yang cerah sekurang-kurang nya 40 meter kedepan dan lampu utama jauh berjumlah genap atau lebih berwarna putih atau kuning muda dan sekurang-kurang nya dapat menerangi jalan pada malam hari pada cuaca cerah sejauh 100 meter kedepan untuk kendaraan yang dirancang melebihi kecepatan 100 km/jam… (ini juga quote dari web)”

Bagi yang tidak bisa menerimma tehnologi dengan membawa negara2 yang mem-ban HID, nah itu dia, liat donk negara yang aprrove HID juga, kalau gak terima kemajuan tehnology, pake lilin aja om, gak bakal menyilaukan, lagian gak usah jadi pengekor negara lain.

Mari kita belajar jadi rider yang cerdas

Bijak memakai lampu HID atau LED, kalo pakai HID atau LED jangan langsung ke reflektor bawaan karena sinar bakalan pecah dan gak akan fokus dijalan, malah yang ada bisa menyilaukan mata pengendara lain bahkan lawan arah, fungsi Projie adalah untuk membantu sinar HID fokus ke bawah sehingga sinar tidak akan naik ke atas kecuali saat posisi di DIM.

Pernah saya menulis saat lampu Honda All New CB150R dan Vario 150 yang menyilaukan karena lampu dekatnya terlalu mendongak ke atas, ini karena pabrikannya yang kurang memperhatikan posisi lampu yang sebagaimana harusnya.

Silau karena warna putih

Warna putih memang lebih menyilaukan, untuk yang lain silau, untuk pengendaranya juga silau kalau pas hujan. Juga tidak bisa jauh. Jarak jangkau lampu LED tidak sejauh jarak jangkau lampu halogen ataupun lampu biasa. Lampu juga tidak begitu bisa dibedakan dengan pantulan cahaya matahari pada saat siang hari, sehingga tidak membuat motor kelihatan dibanding dengan kalau pakai lampu kuning.

Tapi di peraturan itu dibolehkan. Di sebutkan bahwa lampu depan itu bisa kuning atau putih. Jadi alasan menilang bukan karena putihnya tapi karena silaunya.

Kalo yang masalah adalah macam derajat warna dari lampu depan….Persoalannya, mengapa diperaturan tidak disebut? kan jadinya antara polisi dan pengendara jadi debat tanpa dasar soal derajat warna berapa yang dianggap melebihi batas, ada beda berdasarkan persepsi.

Jadi kalau pakai acuannya perasaan, jadi nggak jelas…ini yang sering dijadikan acuan saat ditilang kepada rider yang ilmunya masih cetek…gak ada pengetahuan sama sekali tentang modifikasi…pokoknya pasang dan jadi keren.

Lampu warna putih

Produk-produk sepeda motor terbaru saat ini telah dibekali dengan LED (Light Emiting Diode) sebagai lampu utama. LED dipilih karena memiliki kemampuan pencahayaan lebih baik serta umur pakai yang lebih panjang. Sebelum diproduksi secara massal produsen tentunya akan mematuhi aturan soal lampu depan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Aturan tersebut tertuang dalam Pasal 24 PP No. 55 Tahun 2012 disebutkan lampu utama dekat dan lampu utama jauh selain sepeda motor harus memenuhi persyaratan

  1. Berjumlah 2 (dua) buah atau kelipatannya
  2. Dipasang pada bagian depan kendaraan bermotor
  3. Dipasang pada ketinggian tidak lebih dari 1.500mm dari permukaan jalan dan tidak melebihi 400mm dari sisi bagian terluar kendaraan
  4. Dapat memancarkan cahaya paling sedikit 40 meter ke arah depan untuk lampu utama dekat dan 100 meter ke arah depan untuk lampu utama jauh.
  5. Dan apabila sepeda motor dilengkapi lebih dari 1 (satu) lampu utama dekat maka lampu utama dekat harus dipasang berdekatan.

Hal ini lebih dijelaskan lagi dalam pasal 70 PP No. 55 Tahun 2012 yang menerangkan bahwa daya pancar dan arah sinar lampu utama harus lebih dari atau sama dengan 12.000 (dua belas ribu) candela.

Sedangkan arah sinar lampu utama tidak lebih dari 0` 34’ (nol derajat tiga puluh empat menit) ke kanan dan 1` 09’ (satu derajat nol sembilan menit) ke kiri dengan pemasangan lampu dalam posisi yang tidak melebihi 1,3% (persen) dari selisih antara ketinggian arah sinar lampu pada saat tanpa muatan dan pada saat bermuatan.

Seluruh produk motor saat ini mengacu pada ketetapan yang sudah tertera tersebut.

Kalau misal orang dealer atau pabrikan disuruh duduk sambil disoroti lampu depan motor yang sudah ber LED, lalu bilang nggak silau, ya jadi tidak melanggar aturan (menurut beliaunya). Kalau ada polisi berdiri pinggir jalan lalu ada motor lewat dengan lampu menyorot ke bawah dan pak polisinya bilang silau, ya jadi melanggar aturan (menurut pak polisinya).

Bagaimana menurut sampeyan masbro…!!!

Silahkan Memberikan Tanggapan Di Bawah Ini