4 Pertimbangan Suzuki Gixxer SF 250 Layak Atau Tidak Untuk Hadir Di Indonesia ?

otobalancing.net – haloo masbro dimanapun sampeyan berada, kemarin Suzuki baru saja meluncurkan produk unggulannya yaitu motor fairing sport 250 cc yang bernama Gixxer SF250, namun apakah Gixxer SF 250 ini layak untuk dimiliki oleh para pecinta motor Suzuki di Indonesia…???

  1. MESIN

Dibekali mesin satu silinder SOHC berkapasitas 249 cc oil cooled dengan pengabut bahan bakar injeksi membuat Suzuki Gixxer SF250 ini menjadi penantang utama Kawasaki Ninja 250SL dan KTM Duke 250 di Indonesia yang sama2 mempunyai 1 silinder, disamping itu juga…dengan modal mesin SOHC 1 silinder membuat harga jual juga gak terlalu mahal dibandingkan dengan motor 2 silinder lainnya, meski begitu mesin Suzuki Gixxer SF250 tidak seperti mesin SOHC kebanyakan karena telah ditanamkan teknologi yang membuat Suzuki Gixxer SF250 ini menjadi opsi ingin motor sport 250cc namun budget terbatas dan tidak mempermasalahkan teknologi mesin (DOHC/SOHC).

2. FITUR

Mempunyai bobot 161 kg, motor ini sudah menggunakan suspensi teleskopik di bagian depan dan monoshock di bagian belakang, sementara pengereman ditangani mengandalkan rem cakram di bagian depan dan belakang dengan ABS dual-channel, soal fitur, Suzuki Gixxer SF 250 hadir headlamp dengan LED penuh, setang clip-on, konsol instrumen digital, kursi terpisah, knalpot barel ganda dan dan velg 17 dengan 10-spoke.

3. Jumlah Silinder

Mesin bersilinder tunggal seperti yang dipakai Suzuki Gixxer SF 250 adalah yang paling banyak digunakan oleh beragam jenis motor, mulai dari motor bebek, skutik, hingga motor dengan karakter sport. Motor dengan mesin jenis ini terlihat ringkas dan kompak. Mesin jenis ini menekankan pada efisiensi ruang dan bahan bakar, serta biasanya hanya digunakan pada volume mesin yang kurang dari 400cc.

Spesifikasi :

ENGINE

Engine Type 4-Stroke, 1-Cylinder, Oil-cooled
Valve System SOHC, 4 Valve
Displacement 249 cm³
Bore x Stroke 76.0 mm x 54.9 mm
Engine Output 26.5ps@9000rpm
Torque 22.6Nm@7500rpm
Fuel System Fuel Injection
Starter System Electric
Transmission Type 6 Speed, MT

DIMENSIONS & WEIGHT

Wheels Cast
Overall Length 2010mm
Overall Width 740mm
Overall Height 1035mm
Wheel Base 1345mm
Ground Clearance 165mm
Seat Height 800mm
Kerb Mass 161kg
Fuel Tank Capacity 12 L

 

SUSPENSION

Front Telescopic, Coil spring, Oil damped
Rear Swing Arm Type, Mono Suspension

 

TYRE SIZE

Front 110/70R – 17 M/C – Radial Tubeless
Rear 150/60R – 17 M/C – Radial Tubeless

 

Mesin Suzuki Gixxer SF 250 merupakan mesin yang lebih ringkas, mesin jenis ini lebih bertenaga di putaran rendah karena mesin satu silinder cenderung memiliki torsi yang lebih besar ketimbang mesin 2 silinder, tenaga mesin 1 silinder justru sangat terasa di putaran bawah dan menengah, sehingga ia lebih unggul pada start awal, dari diam hingga putaran mesin menengah.

Untuk pemakaian bahan bakar, motor dengan mesin 1 silinder lebih irit, karena kebutuhan tenaganya hanya terfokus pada putaran rendah, Mesin 1 silinder lebih sederhana sehingga lebih mudah untuk dirawat. Apabila Anda masuk bengkel untuk melakukan pembenahan mesin atau hanya sekedar servis, mekanik bengkel hanya perlu membenahi satu piston, 4 klep, dan komponen lain yang tertata sederhana.

Bersambung ke page 2

Silahkan Memberikan Tanggapan Di Bawah Ini