Pilihan Ban Suzuki NEX II : Makin Nyaman, Padet, Berisi Dengan Pelek Standart

otobalancing.net – Lain rider lain selera…ada yang beli gress baru langsung ganti ban ada yang nunggu sampai habis…namun saya termasuk rider yang sebenarnya gak terlalu suka ganti ban kalo gak terpaksa…terpaksa karena sering kali bocor dan nambal disaat yang gak tepat atau terpaksa nuntun dengan jarak lumayan jauh barulah bisa nambal, sudah 3 kali nambal ban belakang dan terakhir sobek karena terkoyak ganasnya aspal jalanan provinsi.

Ukuran ban standar Suzuki NEX II ini sama seperti skutik lain sekelasnya, depan berukuran 80/90-14 dan belakang 90/90-14 dimana sebenarnya ban standartnya kualitasnya sudah bagus namun sayangnya masih TUBE…inilah yang membuat Suzuki NEX II agak kurang praktis dan terkesan ketinggalan dengan kompetitornya yang sudah TUBELESS.

Bagi yang penasaran istimewanya ban standart Suzuki NEX II, silahkan baca DISINI

Karena ban standart kalah dengan kejamnya cara berkendara saya saat touring atau entah karena Suzuki NEX II ini terlalu memanjakan saya untuk urusan suspensi yang terbilang lembut akhirnya saya gak sadar telah menghajar jalan gak rata dan akhirnya ban menjadi tersiksa…ya jangan salahkan cara riding saya dong…salah sendiri SUZUKI bikin suspensi NEX II enak banget sampai gak kerasa kalo hajar jalan gak rata.

Akhirnya biar makin nyaman dan kelihatan berisi, paling pantes kalo Suzuki NEX II dikasih ban dengan ukuran yang lebih besar dari standarnya, kalo saya mengaplikasikan ban berukuran 90/80-14 awalnya namun tak besarin lagi aja deh jadi 90/90-14 untuk depan dan 110/80-14 untuk belakang, ukuran yang saya aplikasikan sudah paling maksimal kalo masih ingin pakai pelek standar.

Untuk mengimbangi ban besar, memakai BOX ini solusi buat sampeyan pengguna Suzuki NEX II (Ganti Roller Suzuki NEX II), dan karena ban sudah besar, roller dibuat enteng otomatis saya pernah keteteran saat akselerasi lalu mengerem…lalu akselerasi kembali…alhasil rem standart gak ngatasi masbro.

Akhirnya saya ganti disk brake standart dengan kepunyaan SMASH/SPIN 125 yang diameternya lebih besar namun masih memakai kaliper standart, dan sementara ini saya sangat puas dengan modifikasi yang sudah saya lakukan di Suzuki NEX II saya, karena saya juga gak terlalu suka modifikasi yang gak perlu dan terlalu banyak aksesoris yang akhirnya jadi norak dan jelek jadinya.

Spek modifikasi :

  • Ban depan : 90/90 Michelin City Grip
  • Ban belakang : 110/80 Aspira Premio Sportivo
  • Box Belakang : Givi E45 + Braket Givi custom
  • Disk Brake : Smash/Spin 125 (220 mm)
  • Roller : Up to 9 gram

Artikel Terkait :

Silahkan Memberikan Tanggapan Di Bawah Ini