Ganti Roller Suzuki NEX II Biar Akselerasi Bawah Lebih Enteng, Performa Atas Tetap Kencang

otobalancing.net – Tenan cak saat memutuskan membeli Suzuki NEX II pertama kali hanya berfikir tentang kualitas saja, namun untuk performa dsb sih masih buta sama sekali sampai akhirnya bulan 10/2018 kemarin resmi meminang Suzuki NEX II Black Doff standart, performa bawah yang agak lambat tertutupi dengan performa atas yang sampai membuat saya lupa kalo ini motor matik 115cc, karena saat touring ke luar kota bisa nempel matik dan sport 150 cc keatas.

Banyaknya pertanyaan yang saya pantau di grup FB dan WA tentang lambatnya performa bawah membuat saya gatal juga buat mengulik untuk memperbaiki akselerasi bawah, iseng bertanya dengan suhu matik yaitu Cak Ihsan Haris ternyata untuk ubahan ada yang murah atau mahal tergantung dari kantong anda, kalo yang murah ya cukup dengan mengubah roller 1-2 tingkat lebih ringan dari bawaan pabrik.

Akhirnya berburu di kota pahlawan dan mendapatkan roller SGP Suzuki yang gak tahu nih dari motor varian Suzuki apa yang pasti saat ditimbang per roller beratnya yaitu 9 gram/roller.

Akhirnya saya ke bengkel resmi Suzuki Indrapura dan pasang roller hasil perburuan tersebut, berikut adalah videonya :

Sebelum sampeyan ketahui jika secara default alias standart pabrik, berat roller Suzuki NEX II adalah 10 gram namun ada juga yang menyebut beratnya adalah 12 gram, entah mana yang benar karena saya juga gak pernah nimbang, namun untuk pergantian roller standart ini saya memilih roller dengan berat 9 gram SGP.

Ada beberapa hal yang perlu sampeyan ketahui saat mengganti roller, dimana mengganti roller satu atau dua tingkat lebih ringan dari standart akan membuat akselerasi lebih cepat, sedangkan untuk menambah top speed, bisa dilakukan dengan menggunakan roller berbobot lebih berat.

Bagaimana hasil setelah pergantian…

Wow…njengat masbro akselerasi bawahnya, bahkan saya harus mengganti disk brake menjadi lebih besar dari standart agar mengimbangi akselerasi NEX II yang sangat lebih responsif dari sebelumnya, kini saya lebih yakin kalo mau adu akselerasi dari diam dan langsung gass poll dengan matik merek lain.

Yang paling melegakan saya adalah tarikan atas masih ada dan sama seperti sebelum diganti…masih menyentuh angka 100 an KPJ, putaran gas saat berakselerasi bawah mengisi terus dan disambung dengan akselerasi atas yang juga masih mengisi, padahal ban saya sudah saya ganti lebih besar dari standart loh.

Last…saya sudah buktikan masbro hanya dengan mengganti roller yang seharga 60 an ribu rupiah problem tarikan bawah NEX II sudah bisa terobati, kalo sampeyan gak percaya ya silahkan sampeyan buktikan sendiri…artikel dan video ini gak dibayar sama sekali sama Suzuki, ini karena saya ingin menjawab pertanyaan rekan2 di sosmed yang mengeluhkan akselerasi bawah Suzuki NEX II.

Artikel Terkait :

2 KOMENTAR

  1. Pake part motor apa mas ganti rollernya? Di beres atau bengel biasa?
    Oya kalo oli mesin pake apa Nex II nya, mas?

Silahkan Memberikan Tanggapan Di Bawah Ini