otobalancing.net – meskipun braket khusus NEX II sudah ada namun saya agak kurang sreg apalagi harus melobangi bodi aduhai dari Suzuki NEX II meskipun secara konstruksi lebih kuat, namun kuat atau tidaknya braket masih bisa diakali tanpa harus melubangi bodi, sayang aja sih cak.

Yang terpenting jangan hanya asal ikut-ikutan gaya saja sehingga pemasangan box tersebut menjadi sia-sia dan tentunya hanya membuang-buang biaya saja, untuk itu sebelum ambil keputusan sebaiknya pertimbangkan banyak hal, sebenarnya box motor sendiri memiliki beberapa manfaat seperti bisa digunakan untuk membawa banyak barang, sangat membantu sekali bagi para usahawan terutama antar barang dan masih banyak lagi.

Sebelum saya membahas bagaimana saya memasang braket dan box di Suzuki NEX II saya, disini saya akan menjelaskan alasan saya memasang box di motor saya.

  • Pilih ukuran box yang sesuai dengan ukuran bodi motor yang dipakai, dan kalau sudah membeli hindari perasaan merasa mubazir atau menyesal (kegedean atau kekecilan) seng penting yakin wae cak.
  • Berdiskusi dan meminta pendapat teman yang sudah memasang box lebih dulu
  • Bila anggaran terbatas, pilih box motor second juga gak masalah, box motor tipe Givi atau Shad punya bahan plastik yang bagus, kunci yang lumayan bagus dan awet ketimbang merek lain, kalo warna yang kusam itu wajar namanya aja second.
  • Kalo merasa fisik mungil ya jangan memaksakan memilih box yang nantinya akan menyusahkan diri sendiri seperti terlalu besar sehingga sulit bermanuver dan susah parkir.

  • Pilih braket berbahan besi yang kuat dan tidak mudah patah (saya pakai braket merek Monorack GIVI) dan perlu diingat bahwa tumpuan beban di dalam box berada tepat di braket (maka dari itu pakai plat tambahan), kalo perlu diberikan penguat yang bertumpu di bagian bawah motor yang bergerak seiring bodi motor, braket terkunci dengan kokoh pada bagian kerangka belakang motor jangan sampai bergoyang, kalo sampai terlepas akan membahayakan diri sendiri dan orang lain.

  • Pasang braket secara simetris mengikuti kemiringan bodi motor yang agak menungging agar lebih enak dilihat, perlu sampeyan ingat jika memasang box dengan menunggin kedepan bukanlah tanpa alasan, alasannya adalah pada saat kendaraan melaju isi dalam box akan terpusat kedepan jadi posisi kemiringan ini merupakan hal yang cukup penting agar motor tetap stabil meskipun menggunakan box berukuran cukup besar.

Bagaimana dengan handling…???

Aman masbro…bahkan gejala berat saat touring dengan beban belakang full bawaan touring tidak terasa memberatkan bagian sisi belakang Suzuki NEX II, silahkan jika sampeyan mempunyai Suzuki NEX II dan mau nyimpan nasi pecel, onde-onde, martabak, juga bisa selama sampeyan tidak punya kulkas dirumah monggo silahkan.

  • Harga box Givi E45 : Rp. 900.000
  • Braked Monorack : Rp. 250.000
  • Setting Braket : 100.000 + Bahan Plat
  • Harga update April 2019 (bisa berubah kapan saja)

Artikel Terkait :

Artikel Terbaru :

Silahkan Memberikan Tanggapan Di Bawah Ini