Motor Lama Nganggur…Jangan Langsung Dinyalakan, Ini Tipsnya…!!!

otobalancing.net – Si jono barusan membeli motor baru…setelah sekian lama selama bertahun-tahun memakai motor lama untuk kegiatan sehari-hari, nah berhubung motor baru ini merupakan motor yang diidam-idamkan maka setiap harinya Jono selalu memakai motor baru tersebut, sedangkan karena motor lama merupakan motor sejarah maka Jono enggan untuk menjual dan memutuskan untuk menyimpan…apalagi banyak suka dan duka yang dihadapi bersama dengan motor lamanya.

Tidak terasa 6 bulan lamanya motor Jono tidak terpakai sama sekali, pas termenung barulah mengingat-ingat dan ingin bernostalgia kembali walau hanya buat touring saja…nah si Jono punya tips nih kangbro bagaimana menyalakan motor yang sudah lama sama sekali tidak dipakai selama berbulan-bulan.

  1. Cek kelistrikan

Terkadang motor yang lama sudah tidak dipakai sering bermasalah di kelistrikan, caranya mudah dimana anda cukup melihat di spidometer, Apakah lampu indikator di speedometer seperti sein, lampu dekat dan jauh masih menyala, jika tidak bisa jadi akinya sudah soak.

2. Cek Bensin dan Oli

Kalau masih ada bensin lamanya, sebaiknya kuras dan diganti baru. Takutnya bensin yang sudah basi itu membuat sistem pembakaran jadi enggak maksimal, Kalau masih ada oli lamanya, dibuang saja kemudian diganti dengan oli baru.

“Kalau motornya masih ada selaan (kick starter) gunakan selaan terlebih dahulu. Pasti awalnya mbrebet makanya tahan putaran gas atau tarik kabel choke kalau ada, yang repot yaitu pas motor yang gak ada kick staternya…terpaksa kudu jumper aki” ujar Jono.

3. Cek Kondisi Ban

Motor yang sudah disimpan lama pasti bannya sudah tidak bagus, kalau kurang angin ditambah dan kalau bocor ditambal dan segera diganti dengan ban baru karena kalo lama sudah pasti kompon ban mengeras karena lama tidak digunakan dan minim perawatan.

Baca juga : Komparasi Spesifikasi NEX II – Beat – Mio, NEX II Lebih Murah…!!!

Artikel Terkait :

Artikel Terbaru :

Kontak Penulis
Email : givisurabaya@gmail.com

Silahkan Memberikan Tanggapan Di Bawah Ini