Beli Motor Baru STNK Lama Diberikan, Salah Dealer Atau Samsat…???

Otobalancing.net – Artikel ini bermula kala banyaknya rekan saya yang membeli motor baru namun proses STNK nya lama, akhirnya yang terjadi konsumen protes ke dealer dan salesnya beralasan sedemikian rupa untuk tidak mengatakan hal yang sebenarnya…nah apakah yang dimaksud sebenarnya itu…??? oke masbro…coba sampeyan lihat dengan seksama dimana saat ini masih bulan pertama (januari) 2019 yang artinya masih proses baru pergantian tahun, bisa jadi jika sampeyan konsumen yang membeli di akhir desember 2018 atau mendekati bisa jadi radak molor karena pergantian tahun tersebut.

Di media sosial banyak protes dilayangkan perkara STNK ini, dan lagi-lagi pihak dealer sebagai tertuduh dalam peran STNK lambat diproses, namun jika kita telusuri lebih dalam ada pihak setelah dealer yang memproses STNK dan BPKB kendaraan anda…siapa kah itu…??? ya SAMSAT dong.

Samsat berperan untuk membuat dan mengesahkan STNK dan BPKB nya, jadi kalo SAMSATNYA lemot maka dealer gak bisa berbuat apa2apa selain juga menunggu pihak SAMSAT, kasihan para salesnya yang selalu kena semprot perkara hal ini, gak tahu bagaimana system SAMSAT yang bikin banyak orang kecewa dan akhirnya protes, namun pinternya si SAMSAT…protesnya konsumen pasti ke dealer.

Logikanya…yang harus ditanyakan dan di proses itu SAMSAT, apakah ada bumbu yang kurang jatah atau minta jatah lebih ya saya juga gak mau berspekulasi kwatir nanti dikira hoax…namun kasus STNK telat ini gak hanya 1 ATPM saja yang terkena imbasnya, bahkan semua ATPM pun juga mengalami hal yang sama.

Pihak SAMSAT enak gak ketemu langsung sama konsumen sedangkan sales bakalan akan menjadi bahan kekesalan mana kala konsumen menagih  baik melalui tlp, sosmed bahkan mendatangani langsung.

Piye Sam…kok prosesmu lambat banget toh

38 KOMENTAR

  1. Blog paling berani nyalahin samsat….dimana yang lain pada nyalahin dealernya…josss lanjutkan om biar gak nyalahin salesnya aja…kasian

  2. Ini kata pihak sales, Samsat ama delaer pusat belom deal soal harga kenaikan bla bla bla… Hehe… Kesel kesel ane balikin juga nih lexi dirumah… Hahaha….

  3. Lah gw mtor trun 8 desember 2018,trun STNK 7 januari 2019,inti nya sbar bro, emng lu doang yg bikin STNK??

  4. Samsat memang bikin jengkel, saya sales dikejar kejar konsumen sampai bingung jawab apa

    Mau jujur salah mau bohong kehabisan alasan, nasib sales memang berat…sudah capek cari konsumen…eh pas sudah dapat dan beli dimarahin gara2 STNK lambat

    Samsat sekali kali rasain dong panas panasan cari konsumen, jangan cuman bisanya terima uang yang diluar system saja dong

    • saya beli cash tgl 17 februari 2020 ampe sķrg blm baru dkasih tiba2 janjinya 3 minggu kluar blm jg sesudah complain bsoknya plat kluar tp stnk blm kluar surat polisi.apa awak gak mikir

  5. Oalah Samsat toh yang bikin lama, ya sudah umum itu masbro…wong minta jatah lebih tapi gak dikasi ya ngambek

  6. Zaman sdh canggih, tapi proses STNK begitu lama, itu tohhhh masalahnya.
    Berarti wataknya juga harus diperbaharui donk

  7. motor saya turun tgl 15 juni , skrg sampe sebulan lebih blm turun jg, gatau deh. ini udh tgl 19 juli

    • Katanya material plat habis, namun lepas dari itu mohon jangan menyalahkan dealer apalagi memaki sales

      Mereka juga bingung mau jawab bagaimana

  8. Ngambil motor bulan mei sampe skrng blom kluar stnk… Pas nanya diler katanya dua bulan lagi.. ??????

    • Mohon jangan menyalahkan dealer kang…kebanyakan menyalahkan dealer soalnya

      Padahal dealer juga menunggu Samsat…jadi kasihan melihat sales ditlp2 dimarahin dan dihujat konsumen padahal mereka gak tahu apa2

      Yang di samsat…gak pernah ditlp konsumen, dimaki konsumen…padahal mereka yang buat lelet

  9. Motor saya juga sama kasusnya. Beli tanggal 17 Jun 2019 di PRJ, sampe now STNK belum kelihatan hilalnya.

  10. Motor beli 22 Jun, sampai sekarang 24 Jul STNK tak kunjung jadi2. Mau dibawa tanpa plat jelas salah, mau pakai plat palsu jelas lebih salah. Sekiranya ada jalan keluar untuk bersama agar motor baru tetap bisa dipakai dijalanan sambil menunggu surat resmi keluar.

  11. kalo proses terbitnya STNK lama, bisa nggak ada surat keterangan dari samsat dan dealer agar motor bisa digunakan untuk kerja.

    • Paling lama biasanya 2 minggu saja masbro, jadi pengen luar kota, kalo STCK cuman untuk dalam kota saja…meski luar kota ok tapi agak takut

  12. iya nih..gua juga kena nih. stnk dan plat motor baru belum jadi padahal sudah 1 bulan. katanya bebas maen gituan, malah kerja3. lah kok kerjanya malah lambat ya?

  13. Padahal di Samsat katanya penerbitan STNK dan BPKB hanya dalam hitungan jam proses nya.. ternyata Bangsaat semua.. diganti aja jajaran Samsat nya.

  14. Beli motor cash tgl 10.11.2019 katanya bulan depan dah jadi tp sampai hari ini tgl 9.1.2020 blom jadi juga, mau nya apa coba, sedangkan temenku beli mtor desember kmaren stnk plat bpkb dah jd smua tgl 5.1.2020 ktanya sih bayar nanti bisa cepet wkwkwkwkkkk

  15. Ngambil N-max non ABS tanggal 28 oktOkto 2019 motor di dorong sebulan jelasin nya kaya bangsad delear nya gak bilang motor di dorong pass gue tagih no STNK nya malah bla bla alesan via wa pass gue datengin langsung baru tau kalo motor di ACC bulan Januari 2020 disuruh nunggu 14 hari kerja udah ditunggu 14 hari kerja bilang nya Samsat lagi kekosongan pegawai terus angsuran pembayaran bulan 1-5 Febuari disuruh nunggu bulan Febuari kalo diantara tanggal 1-5 belom turun mending motor gue balikin dah ngeri motor nya kenapa napa doang gak nyaman dibawa pergi kesono kemari.

  16. sy jg sudah 1 bulan stnk blm jadi di surabaya. sebaiknya samsat harus kasih surat keterangan atau stnk sementara yg sah, sambil menunggu stnk jadi. kasian pembeli dan salesnya. toh stnknya jg tdk gratis. jd motor bisa di pake krj dll tanpa harus khawatir kena tilang. harusx samsat lebih profesional. gak perlu cari alasan. zaman online n sudah canggih kayak gini kok bikin stnk lama sekali. bahkan ada yang sampe 2 bulan lebih.

  17. Yg memperlambat urusan orang lain , semoga aja di perlambat juga rizkynya , dan di persulit dunia akhirat

Silahkan Memberikan Tanggapan Di Bawah Ini