5 Hal Penting Saat Memasang Cakram Lebar Pada Suzuki NEX II

otobalancing.net – bukan maksud gak puas dengan performa disk brake bawaan Suzuki NEX II, namun lebih kepada kebiasaan jika pengereman di roda depan harus lebih responsif (faktor terbiasa saja sih), diameter cakram bawaan NEX II yaitu 190 mm saya ganti dengan cakram variasi Suzuki Spin yang berdiameter 260 mm…wow jauh banget ya naiknya dimana kalo dibandingkan selisih 70 mm sendiri.

Ada beberapa alasan jika kita berbicara tentang penggantian cakram lebar antara lain :

Teorinya begini, semakin besar penampang piringan cakram, semakin besar pula gesekan yang didapat dari kampas rem ketika tuas rem ditekan, selain itu ada alasan lain yaitu dapat mendongkrak penampilan sehingga bertambah gagah bin keren.

Baca juga : Modifikasi Brake Lock Di Suzuki NEX II Pakai Part Address, Gak sampai 100rb

Sebelum saya memasang terlebih dahulu saya berkonsultasi dan menjajal motor matik rekan yang juga mengaplikasikan cakram lebar namun gak selebar yang nanti saya pasang yaitu hanya 220 mm, rekan saya bilang jika akan memodifikasi maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika gak mau salah karah dan akhirnya rugi sendiri.

  1. Braket atau Dudukan Kaliper Cakram

Jika bawaan motor Suzuki NEX II diameter cakramnya 190 mm kemudian diganti lebih besar jadi 220 mm bahkan 260 berarti kaliper akan makin jauh dari dudukan aslinya, nah kebanyakan rekan2 kata teman saya salah saat bikin braket, mulai dari posisinya, dan tebalnya, disarankan minimum pakai pelat besi tebal 5 mm.

Tak hanya itu posisi braket juga harus presisi dan pakem karena tekanan saat mengerem baik tekanan ringan dan spontan bisa menjadikan disk brake menjadi panas dan akhirnya peyang (bengkok) jika pemasangannya tidak presisi.

(maaf belum sempat kasi cat braketnya…masih anget dari oven…hehehe)

2. Disk brake berbeda posisi

Bila diamati kaliper depan Nex II sepintas mirip dengan kaliper rem belakang khas dari Nissin namun berbeda posisi kampas rem karena posisi kaliper Nex II ada di sebelah kiri sedangkan kampas rem belakang Nissin berada di posisi kanan.

Saya sendiri memakai cakram lebar 260 mm kepunyaan Suzuki Spin, dikarenakan posisi aslinya di kanan sedangkan NEX II di kiri maka mau gak mau saya harus membalik pada awalnya, namun hal itu saya urungkan atas berbagai pertimbangan, jadi saya cuek saja mau bolak balik yang penting posisi baut dan rata.

Lanjut hal. 2

1 KOMENTAR

Silahkan Memberikan Tanggapan Di Bawah Ini