otobalancing.net – Melihat video kejadian ini sudah seharusnya membuat kita lebih waspada dalam berkendara…ingat keluarga, anak, istri, pacar, PIL, WIL bahkan mantan pacar mungkin hehehe…Kejadian bermula saat pengendara sepeda motor hendak menyalip mobil dari sebelah kanan. Ruang gerak yang tidak cukup karena jalanan cukup sempit membuat pemotor terpaksa menyalip di area titik buta berdekatan dengan mobil. Nahasnya sepeda motor tersebut lupa darat karena dengan jelas marka jalan yang lurus dan belokan titik buta akhirnya menabrak mobil yang melintas dari arah berlawanan.

Waspadai Blind Spot

Seorang kolega saya bercerita soal peristiwa yang dialaminya. Dia menceritakan bagaimana saat mobil yang dikendarainya hendak berbelok ke kiri, tiba-tiba muncul sepeda motor. Nyaris terjadi serempetan karena sang sepeda motor juga berbelok ke kiri.

“Padahal, saya sudah menyalakan lampu sein kiri dan melihat ke kaca spion. Motor muncul, nekat banget,” tuturnya.

Saya menduga bahwa sepeda motor berada di area blind spot. Bila posisi motor di situ, praktis sang pengendara mobil tidak bisa melihat. Tapi, kok yah sang penunggang kuda besi nekat nyerobot? Itulah… Indonesia.

Renungan

Nah, blind spot adalah sebutan untuk area yang tak terlihat saat kita sedang berkendara di jalan raya. Area blind spot tak tertangkap oleh kaca spion. Dia ada di sisi kanan dan kiri jalan, belakang, hingga depan kendaraan kita, terutama untuk kendaraan roda empat atau lebih.

Para pengemudi kendaraan bermotor mesti mewaspadai area blind spot. Terlebih bagi para pesepeda motor, pengetahuan mengenai area blind spot perlu digandakan. Maklum, bentuk sepeda motor yang lebih kecil dibandingkan sedan, minibus, apalagi truk, rentan untuk tidak terlihat oleh pengemudi mobil. Para sopir truk menjadi kelompok yang paling kesulitan mengetahui keberadaan sepeda motor, terutama di area blind spot tadi.

Pemahaman yang baik terhadap area blind spot akan amat membantu pesepeda motor untuk memperkecil risiko terjebak insiden kecelakaan lalu lintas jalan. Salah satu faedah yang besar adalah ketika pesepeda motor hendak mendahului. Bila tahu titik area blind spot dengan baik, proses mendahului menjadi relatif lebih aman. Tentu saja mesti dilengkapi dengan pengetahuan cara mendahului yang aman dan selamat. Tahapan untuk mendahului juga harus dipenuhi, seperti melihat arah depan dan belakang. Selain itu, memberi isyarat klakson atau lampu untuk memberitahu pengemudi di depannya bahwa ada kendaraan yang akan mendahului.

Lanjut hal. 2

Silahkan Komentar Disini