2 Cara Agar Motor Matik Tidak Lemot Dan Irit BBM

118

1. Jeli melihat Ukuran

Melihat ukuran yang bervariasi di setiap motor matik di atas kira-kira apa yang bisa sampeyan bayangkan…??? Nah sebelumnya sampeyan harus tahu jika roller juga berpengaruh kepada performa baik itu akselerasi atau top speed, namun sejatinya roller juga mempengaruhi konsumsi BBM dan umur oli mesin dan transmisi motor matik anda.

Menurunkan berat roller artinya tarikan mesin lebih responsif dimana anda akan merasa jika tarikan mesin akan kuat di putaran bawah namun meraung di putaran atas, ini terjadi karena RPM mesin lebih tinggi dari sebelumnya, untuk lebih menguatkan tulisan ini saya berbincang dengan mekanik bengkel Suzuki Indrapura (SMG Indrapura) mengenai masalah roller ini.

Jika anda ingin berkendara secara eco riding maka selain batasan kecepatan maksimal yang harus anda perhatikan dan permainan trottle gas, anda juga harus mengenal aturan main dalam perpindahan gigi, nah kalo di matik ya shifting gearnya ya roller itu tadi.

logikanya jika ingin BBM lebih irit maka mainkan putaran mesin di gigi tinggi namun dengan RPM yang rendah, namun ada akibatnya dimana mesin akan terasa berat namun BBM akan irit karena RPM mesin rendah, namun jika sampeyan bisa menggunakan gigi rendah di kecepatan rendah namun dengan hasil akselerasi yang reponsif maka motor anda saya kasi jempol joss gandos.

2. Lantas apa saja yang wajib dibenahi? Bagaimana caranya?

Jawabannya : Gunakan roller yang ringan

Roller pada skutik berfungsi untuk memberikan tekanan keluar pada variator sehingga komponen itu dapat membuka atau memberikan perubahan lingkar diameter yang lebih besar kepada belt drive.

Seiring dengan perubahan lingkar diameter itu, V-belt akan menggerakkan pulley belakang dan depan. Sebab, kedua pulley saling berhubungan dengan menggunakan V-belt.

Oleh karena itu, bila menginginkan akselerasi yang tinggi, sangat disarankan menggunakan rolleryang berbobot ringan. Bila berat standar roller yang digunakan adalah 15 gram, maka gunakan roller yang berbobot 13 gram. “Oleh karena itu, gunakan milik skutik lain atau komponen custom,” terang Mekanik ramah ini.

Namun, bila ingin mencapai kecepatan tertinggi disarankan untuk menggunakan roller yang agak berat. Jadi, bila ingin akselerasi yang ringan, namun juga mendapatkan kecepatan tertinggi sebaiknya menggunakan roller dengan bobot di antara bobot standar dan ringan, yaitu 14 gram.

Komentar Gratis, Monggo Masbro Mbakbro