Tidak Ikut Berhutang Tapi Ditagih Debt Collector, Asem Tenan…!!!

Diposting pada
ktm indonesia

Otobalancing.net – Asli tenan males kangbro saat mau nulis ini, tapi sebuah pengalaman yang terjadi namun gak dishare yang mana bermanfaat bagi sampeyan-sampeyan semua ya perang juga di hati, jadi silahkan bagi sampeyan yang mau share dan berbagi dengan orang terdekat anda, saudara anda, teman kerja anda atau siapa saja silahkan anda bagikan tulisan ini.

Apakah sampeyan pernah diteror oleh debt collector terhadap utang yang TIDAK pernah anda buat…???

Itu bisa berarti hutang teman anda, saudara anda atau bahkan hutang orang yang tidak anda kenal, itu artinya anda dikerjain atau istilah kekinian yang ada saat ini adalah Cyberbullying…bagaimana mengatasinya…??? dan bagaimana solusinya…???

Saya pernah mengalami apa yang anda alami, dan nyesek abis krn saya sendiri di tlp, sms hampir setiap hari dimana saya sendiri tidak merasa meminjam ke dia.

Dalam hati saya merasa jengkel….saya gak ikut hutang dan menikmati kok saya yang diteror, risih dan pernah saya diteror hutang dimana saya sendiri gak tahu siapa yang hutang ke dia…aneh ya.

Namun saya berusaha untuk positif hati, karena saya yakin namanya hutang semua orang hutang, saya juga hutang saat saya beli rumah, mobil dan motor bahkan saat saya beli laptop pertama saya pun saya hutang ke teman saya…jadi saya menyimpulkan jika saya dan teman, saudara saya yang hutang itu juga adalah korban.

Saya masih ingat perkataan rekan saya yang pakar ekonomi dimana dia mengatakan jika Cyberbullying ini merupakan strategi oknum penagih hutang masa kini dimana hal ini bisa terjadi jika sampeyan hutang melalui dua jalur ini, yaitu :

1. Hutang lewat Pinjaman Online

Hutang ini terjadi saat anda melihat iklan di FB, Instagram tentang pinjam uang secara gampang yang hanya dengan menyetor foto KTP dan memasukkan data kontak anda, data sosmed anda dsb dan kemudian anda menginstal aplikasi itu maka saat anda menyetting aplikasi itu pertama kali artinya anda menyetujui pihak developer untuk mengakses data pribadi anda di hape anda tersebut bahkan bisa dilacak melalui email yang terdaftar.

Adapun yang dilacak adalah :

  • Foto
  • Percakapan (history)
  • Data kontak (hp dan email)
  • SMS dan Whatsapp

Saat terjadi masalah keuangan (macet, nunggak dsb) pihak developer memberikan ijin kepada pihak peminjam untuk mengakses data pribadi dan kemudian anda dipermalukan ke rekan, saudara dan kenalan anda, padahal si peminjam tidak mencantumkan anda sebagai pihak serumah dengan anda.

Hal ini memang dibuat seperti itu sehingga orang di sekitar anda merasa tidak nyaman dan kemudian komplain dengan anda sehingga anda pun tidak nyaman dan akhirnya membayar dan melunasi hutang anda, ini yang miris terjadi karena saat hutang terlunasi namun harga diri dan nama baik sudah pasti akan tercoreng selamanya.

2. Hutang Lewat Kartu Kredit

Orang gak bayar hutang itu bukan karena gak mampu bayar, ada banyak faktor yang bisa jadi itu datang secara tak terduga dan akhirnya membuyarkan semua rencana yang berakibat layaknya gerbong kereta, bisa jadi ada keluarganya sakit, di PHK secara sepihak, dan mirisnya anda yang sebagai korban juga dan merasa risih dengan teror debt collector anda pun menjadi collector bagi teman anda, saya yakin akhirnya si peminjam menjadi stress, gak enak hati dan bingung dan gak bisa konsentrasi untuk mencari uang untuk membayar.

Saya sendiri menghimbau kepada anda untuk tidak menggunakan pinjaman online jika anda tidak ingin terjadi hal-hal yang saya ceritakan diatas, mereka itu sudah menyalahi kode etik perbankan sendiri, karena mereka sudah seenaknya mengakses data pribadi di hape, email bahkan dari akun sosmed kita.

Sebenarnya ini sudah menjurus ke pidana, namun mengapa hal ini terus terjadi ya karena hukum di indonesia yang saat sampeyan maju maka yang ditanyakan dulu…

Mau habis duit berapa di pengadila…???

Jadi jangan sampai diperalat Debt Collector sebagai alat menteror orang yang dituju, karena sejatinya anda tidak terkena masalah apapun selama anda tidak terlibat hutang tersebut, teror itu terjadi supaya anda dimanfaatkan untuk membantu menteror orang ytang dituju, sehingga apa yang menjadi tujuan Debt Collector terpenuhi.

Kesimpulan

Tidak ada yang mau telat bayar hutang jika memang anda bukanlah orang yang bermasalah, krn kegagalan pembayaran hutang dikarenakan beberapa hal yang tidak diduga (saya pun pernah mengalami saat keluarga sakit, musibah dan keperluan mendadak).

Bantu dan suport mereka untuk fokus mencari solusi keuangan, dan silahkan anda memilih untuk menjadi seorang yang bijak dalam bertindak atau orang yang menjadi kaki tangan Debt Collector.

Monggo Komentarnya Kangbro :