otobalancing.net – Jujur dulu saya gak terlalu melirik skutik ini dari segi desain yang terlihat biasa saja saat masih generasi lama, namun saya gak menampik jika mesin Suzuki NEX memang gak perlu diragukan lagi bahkan lebih dibandingkan kompetitor, keiritannya sudah teruji di Rekor MURI bahkan saking gimananya motor ini, Suzuki NEX dilarang ikutan di ajang race motor matik, namun karena faktor desain itulah akhirnya NEX gen 1 seakan tenggelam dari kompetitor.

Pemberitaan dan promosi memang sangat berhubungan dimana saya hampir tidak melihat adanya improvement yang signifikan di NEX gen 1, namun kini PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) melakukan pembaharuan total dari segi desain dan fitur meski masih dikategorikan skutik Entry Level, gak bisa dipungkiri jika desain 2018 ini semuanya serba tajam dengan banyak lekukan mulai depan hingga belakang, ya bisa dibilang sudah kekinian lah dan malah membuat beda dengan kebanyakan motor skutik Entry Level saat ini.

Peleknya juga lebih lebar mengikuti desain yang melebar yakni 1,60 inchi dengan ban 80/90-14 untuk depan dan 1,85 inchi dengan ban 90/90-14 untuk belakang, namun sayangnya kedua bannya belum tubeles, kondisi ini harusnya direvisi oleh SIS dimana saat ini sudah kewajiban sebenarnya ban tubeles untuk kenyamanan berkendara luar kota dan jauh dari tambal ban.

Spidometer memang gak ada perubahan, masih analog dengan jarum2 tanpa sentuhan digital, dibawah setang terdapat penyimpanan yang lumayan besar, lumayan untuk menyimpan botol air minum 600 ml, di lengkapi USB Charger yang langsung colok tanpa perlu membeli alat converter dan pengaman kunci (shutter key).

Satu hal yang disayangkan di NEX II ini adalah kapasitas bagasi di bawah jok yang kurang besar menurut saya, namun kapasitas tangki BBM malah lebih besar yaitu 3,6 liter (sebelumnya 3,5 liter), saat menyalakan motor jauh lebih mudah karena telah menyematkan Easy Start System yang sama dengan dipunya GSX 150 series tanpa perlu menahan tombol hanya cukup sekali dorong dan lepas, maka motor akan menyala.

Ada 4 varian NEX II ini yaitu :

  1. Sporty Runner
  2. Fancy Dynamic
  3. Elegan Premium
  4. Elegan
  5. Standart

Namun saya sarankan sih memilih yang SPORT RUNNER karena ini merupakan versi terlengkap dari semua seri NEX II dimana sudah dibekali LED, USB Charge, Striping yang keren, Meter Visor, Cover knalpot. dan jika bicara mesin sih gak ada yang berubah, masih 1 silinder 4 stroke SOHC berpendingin udara dengan kapasitas 113 cc injeksi dan untuk keiritannya sih gak perlu diragukan lagi apalagi sudah disematkan Suzuki Eco Performance (SEP) yang menjadikan motor ini semakin irit.

Bagaimana dengan BEAT…???

Pada peluncurannya saya telah memreview honda Beat terbaru ini disini : Review Honda Beat 2016

Dan perlu diketahui meski harga NEX II masih belum di publis secara resmi namun perkiraan ada di range Rp. 14 jutaan dimana harga ini jika memang benar masih lebih murah dibandingkan BEAT yang mencapai 15 jutaan.

Artikel Terkait :

Artikel Terbaru :

SILAHKAN MEMBERIKAN TANGGAPAN DIBAWAH INI