Konsumsi BBM Motor MotoGP Berbeda Dengan MOGE 1000 cc

otobalancing.net – Jika ada yang bilang faktor penentu kemenangan balap MotoGP itu adalah faktor motor dan pembalap lalu apalah semua itu jika tiada BBM di motor…??? Kejadian habis bbm yang dialami oleh Zarco ini buktinya dimana harus DNF karena habis BBM.

MotoGP punya regulasi membatasi kapasitas bahan bakar di motor cuma 21 liter dan rata2 konsumsi bensin motor MotoGP ini harus diatur agar bisa mencapai setidaknya 5,5 km/liter, Motor MotoGP terkesan boros karena jarak per liternya sangatlah pendek, tak bisa disamakan dengan motor harian yang sering kita temui yang bisa mencapai 30 km/liter.

Berbeda dengan MOGE yang dijual massal dimana jauh lebih irit dari motor MotoGP, sebagai contoh motor dengan kapasitas mesin 999,8cc atau dibulatkan menjadi 1000cc dengan 4 silinder, maka akan menggunakan 2 unit injektor di tiap silindernya, total ada 8 injektor yang terbenam. Kenapa butuh segitu banyak? Tujuannya, biar tarikan dan tenaganya tetap maksimal pas putaran bawah ataupun atas. Apalagi jika menggendong mesin 1000cc, 4 silinder inline 16 katup dengan bobobt 200 kg kemungkinan dapat menghasilkan tenaga hingga 133 kw pada 12,250 rpm dan torsi maksimum 144 Nm pada 10,500 rpm.

Hal ini dikarenakan teknologi dari sistem pembakaran yang dimiliki motor besar rata-rata sudah menggunakan sistem pembakaran DSFI (Dual Sequential Fuel Injection).

Jadi meskipun sama2 1000 cc antara motor Motogp dan MOGE 1000 cc ya tetap berbeda konsumsi BBM nya.

Silahkan Memberikan Tanggapan Di Bawah Ini