Otobalancing Resmi Menjadi Media Partner GIIAS Auto Show 2018, Akses Kian Luas Pakdhe…!!!

9

otobalancing.net – Kangbro…berkat sampeyan, otobalancing dipercaya oleh pihak penyelenggara GIIAS Auto Show 2018 untuk menjadi Official Media Partner yang akan digelar pada 15-23 September 2018 yang akan datang, awalnya gak menyangka kangbro…malah OB kira guyonan karena rentang waktu yang masih sangat jauh dimana saat ini masih di bulan Februari, berarti masih ada 6 bulan kedepan baru acara berlangsung.

Pihak penyenggara memberikan akses seluas luasnya kepada otobalancing dalam peliputan, GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) merupakan bagian dari dinamika yang dialami pameran otomotif ini sepanjang perjalanannya. Begitu juga dengan tempat pameran (venue), yang beberapa kali berpindah ke lokasi yang lebih baik dan memenuhi standar internasional.

Sekilas sejarah GIIAS :

Tidak banyak yang tahu asal-muasal pameran otomotif nasional yang awalnya bernama Pameran Mobil GAIKINDO. Pameran ini digagas langsung oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO).

Asosiasi inilah yang sekarang memegang lisensi penyelenggara pameran otomotif resmi nasional di bawah bendera OICA (Organisation Internationale des Constructeurs d’Automobiles). Yaitu organisasi manufaktur kendaraan bermotor dunia. Meski GAIKINDO sudah berdiri sejak akhir tahun 1960-an, namun ambisi membuat pameran untuk meningkatkan industri otomotif tanah air, baru dilakukan tahun 1986. Saat itu mereka menyelenggarakan pameran pertama kali dengan nama “Pameran Mobil GAIKINDO”. Secara konsepnya sendiri, cukup sederhana namun memiliki makna yang sangat dalam. Yaitu “Saya Cinta Indonesia, Saya Cinta Mobil Indonesia”. Artinya sejak dulu kala, GAIKINDO telah telah mengajak pemerintah untuk mengeksplorasi kemampuan anak bangsa, agar membuat mobil mereka sendiri.

Awalnya, pameran ini terlaksana pada 11-15 Juli 1986 dan diikuti oleh 13 anggota tetap GAIKINDO. Pamerannya sendiri menempati lokasi seluas 4.000 meter persegi di lokasi yang sekarang dibangun gedung Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta. Meski saat itu, semua konsep yang dihadirkan sangat sederhana, namun disinilah basis kuat GAIKINDO untuk membuat industri otomotif nasional jadi basis perekonomian nasional. Sekarang GAIKINDO memulai era baru pameran otomotif nasional dengan nama baru yaitu GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS).  GIIAS 2015 ini akan digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City pada 20-30 Agustus 2015.

Seiring perkembangan zaman, tentu banyak perubahan yang terjadi bila membandingkan pameran otomotif GAIKINDO pada 1986 dan pameran beberapa tahun belakangan ini. Selain dari sisi teknologi,  ukuran lahan pameran yang dibutuhkan pun jauh berbeda. Bila pada 1986, GAIKINDO menggelar pameran di Senayan dengan menggunakan lahan 4.000 meter persegi, kemudian di tahun-tahun berikut sempat menempati JI Expo Kemayoran dengan area berukuran sekitar 75.000 meter persegi dan di ICE yang memiliki luas total 220 ribu meter persegi.

Dan untuk di Surabaya sendiri masih bertempat di Grand City Surabaya.

Artikel Terkait :

Artikel Terbaru :

2 KOMENTAR

Silahkan Memberikan Tanggapan Di Bawah Ini