First Impression & Review Honda All New PCX 150 Bersama MPM Jatim

oleh

Otobalancing.net – Hallo masbro dan mbakbro…menyiarkan langsung dari Surabaya tepatnya di gedung dyandra, otobalancing memenuhi undangan yang kemarin hari mampir di news room dimana undangan dari PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM) sebagai Main Dealer sepeda motor wilayah jatim dan NTT ini tak lain mengundang untuk soft lounching peluncuran Honda All New PCX 150 meski baru diperkenalkan secara internal kepada jajaran dealer di bawah MPM, Media dan blogger.

Mengenai harga…untuk wilayah jatim MPM membandrol harga yang gak jauh beda dengan yang disebutkan AHM untuk versi CBS 27,8 juta dan tipe ABS 30,8 juta, namun sebelum kita bedah bareng tentang apa yang ditawarkan AHM di PCX 150 ini, mari kita tengok sejarah dulu, PCX hadir pertama kali di 2009 dengan mesin 125 cc di Thailand, lalu naik kelas 150 dengan mesin basic dari vietnam dan 2014 hadir kembali dengan lampu LED juga di vietnam, nah di 2018 ini AHM memperkenalkan PCX 150 spesifikasi khusus untuk Indonesia dengan menggunakan disk brake di roda belakang (versi vietnam tromol).

Hadir dengan 4 pilihan warna yaitu warna Gold, Matte Red, White, Black, PCX 150 ini memang menawarkan kesan elegan terlihat dengan lampu yang sudah full LED baik lampu utama, belakang, sein dan DRL, lampu Dim terletak ditengah diantara dua lampu utama yang bisa menyala bersamaan, lampu belakangnya terlihat lebih lebar yang terkesan bertumpuk atas dan bawah.

Berdasarkan informasi yang otobalancing terima, bahwa sasis PCX 150 ini berbeda dengan model sebelumnya di mana saat ini menganut bentuk Double Crable (sebelumnya Underbone), serta di bagian depan tidak lagi menggunakan besi namun menggunakan resin yang akhirnya dapat mengurangi bobot 2,4 kg, bobot yang ringan ini juga disumbang oleh bahan pelek baru meski tapak bannya lebih lebar dari yang versi dulu (sekarang 100/80 untuk depan dan 120/70 untuk belakang) membuat secara keseluruhan berat motor ini adalah 131 kg (CBS) dan 132 kg (ABS), fitur keselamatan selain ABS dan CBS juga dilengkapi lampu Hazzard (Penjelasan peraturan lampu hazzard bisa dilihat DISINI).

Untuk sektor akomodasi juga masih baik dimana ruang bagasinya masih luas yaitu 28,8 liter namun sepertinya gak bisa buat menyimpan helm full face nih masbro…sayang sebenarnya, terlihat jika PCX ini memang dirancang untuk keelegan, sampeyan bisa melihat jika speedometernya saat ini sudah full digital, didalamnya ada penunjuk kecepatan, bbm, jam, odometer, tripmeter dan konsumsi bbm rata2.

Sayangnya cak…otobalancing belum bisa mencoba motor ini, namun begitu melihat fisiknya motor ini lumayan buat selonjoran namun itu berlaku untuk tinggi antara 165-an, sementara bagi anda yang mempunyai tinggi 170 keatas masih agak kurang selonjoran untuk pijakan kaki yang didepan ini.

Sektor mesin ternyata bore strokenya mirip dengan Vario 150 meski begitu mesinnya berbeda banget karena saat dijelaskan jika mesin PCX 150 ini bener2 baru, barunya apa…dilihat dari crackcafe beda, intake juga beda, dan output power juga disebutkan lebih tinggi dari generasi sebelumnya yaitu power maksimum di 10,8 KW (14,5 DK) / 8500 rpm dan torsi maksimum di 13,2 Nm/6500 rpm, meski kapasitas mesinnya lebih kecil dibanding dengan kompetitor (149cc vs 155cc) namun begitu PCX 150 ini sudah dilengkapi dengan fitur Alternator Current Generator (ACG) yang memungkinkan saat menstater motor ini diklaim gak ada suara, lalu ada Idling Stop System (ISS) yaitu perangkat yang memungkinkan mesin mati sesaat dan saat gas diputar maka mesin akan kembali hidup.

Meski masih belum bisa test ride secara langsung, namun merasakan duduk di PCX 150 ini kok rasanya lebih nyaman, bahkan lebih enak dari posisi duduk Vario 150, joknya memang lebar namun bentuknya seperti segitiga sehingga kaki gak perlu mengangkang terlalu lebar dan kalo kaki berposisi seperti saat berkendara maka terlihat posisi tubuh seperti duduk di kursi dan tentu saja bisa untuk selonjoran, setangnya juga masih seperti generasi yang lama dengan model langsung besi.

Memang tidak banyak yang bisa otobalancing ceritakan karena memang motor masih belum bisa diajak kemana2, namun secara fitur dan desain, PCX 150 ini bisa diandalkan bahkan menjadi ancaman serius bagi ke eksistensian Big Skutik kompetitor, dan rencana bakalan diperkenalkan secara umum kepada konsumen yaitu di akhir februari ini, pantau terus berita PCX 150 di blog ini mas bro.

Baca juga : Pilih Yamaha N-Max Atau Honda PCX, Mau Powerful Dan Fitur Saling Beradu

Lanjut di Galeri Foto

 

Tentang Penulis: otobalancing

Gambar Gravatar
Penulis adalah seorang yang mengagumi otomotif sejak masih anak-anak, baik roda dua atau roda empat. Hobi jepret jepret, utak atik hardware dan software, update berita otomotif, dan berolahraga elektronik berbasis jempol. Bercita cita jadi orang sukses.

Silahkan Tulis Komentar Anda :