Honda CRF 150L Adventure Off Road Test Ride Kebun Teh Malang

Diposting pada

otobalancing.net – Untuk kali kedua PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM) sebagai Main Dealer sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT mengundang otobalancing untuk menjajal Honda CRF 150L di trek off road di kawasan perkebunan teh Malang Jawa Timur, perlu diketahui unit motor yang dipakai adalah unit standart ting ting seperti yang ada di dealer mulai dari spek mesin maupun ban yang dipakai (IRC Trail).

Saat mulai start kita sudah disuguhkan dengan medan berbatu diantara perkebunan teh, masih belum ekstreme dimana kita mulai beradaptasi dengan motor, rem, suspensi dan kondisi jalan yang berbatu dan basah karena diguyur hujan, sempat ada yang terpeleset mengakibatkan rombongan berhenti sejenak hingga kemudian melanjutkan perjalanan kembali, medan yang didominasi berbatuan ini membuat kerja suspensi kian terasa, keempukan monosok belakang CRF 150L sangat baik untuk melibas trek berbatu ini.

Baca juga :

  1. Modifikasi CRF Supermoto
  2. Komparasi CRF 150L & KLX 150 BF
  3. Harga CRF 150L

Saat sampai di pemberhentian pertama yaitu di BUKID KUNIR dimana hamparan kebun teh yang indah terhampar luas membuat pemandangan sungguh indah, otobalancing menyempatkan untuk menyetel tekanan udara di ban, ban CRF 150L berukuran 2,75-21 45P (ban dalam) untuk depan dan 4,1-18 59P (ban dalam) ber velk aluminium ini saya turunkan tekanan bannya hingga ukuran yang saya inginkan, karena gak membawa pengukuran ban maka menguranginya dengan system feeling saja, namun yang biasa saya lakukan saat mengahdapi medan off road ini maka tekanan ban setidaknya 15 psi saja yang diharapkan akan lebih bersahabat dengan tanah dan gak cepat nancap.

Perjalanan dilanjutkan, kali ini kita bener2 masuk di medan off road dimana kontur jalan mulai bervariasi mulai dari tanah, lumpur hingga berbatu namun ban CRF 150L masih cukup mumpuni untuk diajak off road, tidak dipungkiri jalan tanah membuat grip berkurang apalagi ditambah medan yang setiap hari diguyur hujan, beberapa rekan lainnya memang nampak kesulitan lantaran beberapa ada yang baru pertama kali off road sehingga tidak bisa dipungkiri kalo cara ridingnya memang masih belum selihai yang sudah pernah off road sehingga saat masih ke jalur tanah single track maka perlu dibantu dengan menarik dan mendorong agar tidak terjebak di dalam tanah yang lebih dalam.

Kubangan lumpur yang dikira bisa dilalui dengan mudah ternyata menipu peserta sehingga gak sedikit yang terjebak saat akan keluar kubangan, untungnya otobalancing masih mengingat arahan dari pemandu sehingga tanpa bantuan bisa keluar dari lobang lumpur yang dalam tersebut, medan berbatu pun bisa otobalancing libas dengan mudah dengan mengandalkan pengaturan perputaran gas yang baik, sehingga CRF 150L tetap bisa melaju dengan baik meski menerjang bebatuan yang gak bisa dibilang kecil dan letaknya gak beraturan…dan ini yang OB salut dengan suspensi CRF 150L.

Memang bagi pemula medan ini dibilang ekstreme namun jika kita senantiasa mengikuti arahan pemandu maka ketakutan akan medan bisa teratasi, gas kudu dikocok2 kala akan berakselerasi untuk menanjak, karena dengan gas di kocok2 maka momentum tenaga CRF 150L bakalan gak cepat hilang dan terus mengisi dan yang penting jangan menekan kopling, karena kopling hanya digunakan kala mengoper gigi dan saat berhenti.

Dan menutur pemandu, sebenarnya jalur yang dipilih masih merupakan jalur yang FUN OFF ROAD, waduh…gak kebayang yang jalur lainnya ya masbro…!!! namun meski banyak yang terjatuh, tersungkur bahkan terpelating hati tetap enjoy karena seru dan selalu tertantang untuk menaklukan medan off road ini.

Suspensi depan dan belakang CRF 150L ini sungguh bekerja sangat ekstra namun masih tetap nyaman, bahkan saat kita keluar dari jalan off road ke jalan aspal, ban CRF 150L ini masih cukup enak dan gak mengeluarkan bunyi yang terlalu keras, oh ya…koplingnya enak banget masbro alias entang.

Dengan mesin 1 silinder SOHC injeksi PGM-FI berkapasitas 149 cc, dengan power 12,91 HP/8000 rpm dan torsi 12,43/6500 rpm sangat bisa diandalkan baik dijalan off road dan on road apalagi dengan kompresi 9,5:1 CRF 150L ini bisa diajak untuk meminum BBM premium bahkan pertalite sudah cukup bahkan mau diisi pertamax bakalan lebih joss gandos.

Video Trabas menggunakan CRF 150L :

Dan setelah perjalanan kurang lebih 4-5 jam, otobalancing dan para peserta lainnya tiba di garis finish dan start ini, dan catatan otobalancing untuk Honda CRF 150L ini adalah tentang suspensinya, baik depan maupun belakang kesemuanya bekerja dengan baik dan maksimal, untuk mesin OB rasa masih cukup untuk pemula dan OB rasa jika CRF 150L ini diganti knalpot, gear dan ban maka Honda CRF 150L ini bisa diajak untuk ber off roader ria di segala medan.

Gambar Gravatar
Terima kasih sudah sudi menyambangi blog sederhana ini, saran dan kritiknya untuk kemajuan blog ini kedepannya sangat kami harapkan dan apabila ada kekeliruan sebelumnya saya meminta maaf.

Monggo Komentarnya Kangbro :