Pilih Yamaha N-Max Atau Honda PCX, Mau Powerful Dan Fitur Saling Beradu

otobalancing.net – Honda PCX 150 diperkenalkan pada desember 2017 lalu, banyak publik menantikan kelahiran motor ini bahkan banyak yang hijrah ke Yamaha Nmax untuk bisa mendapatkan skutik bonsor, kini harga PCX 150 tidak jauh beda dengan N-Max, lantas bagaimana komparasi keduanya, monggo kita bedah bareng masbro.

Kapasitas mesin yang hampir mirip membuat PCX dan N-Max head to head di penjualan skutik bonsor, meski untuk PCX masih belum ada unit test ride nya namun otobalancing berusaha untuk menghadirkan komparasi dari segi desain dan fitur sedangkan seberapa powerfulnya kompasinya masih diatas kertas, mungkin AHM atau MPM nanti bersedia meminjamkan unit test PCX untuk otobalancing sehingga nanti komparasi tentang power bisa kita lanjut.

Meski mempunyai panjang yang nyaris sama dan sama2 bisa selonjoran namun kedua motor ini mempunyai desain yang beda, Nmax mempunyai tampang yang lebih sporty, mengotak dan kaku, bagian depan lebih terkesan pendek, seri terbarunya sudah mengusung suspensi tabung cocok untuk semua kalangan dan generasi.

Sedangkan PCX, sejak generasi awal memang didesain elegan dan mewah, aksen krom juga banyak dijumpai, bodi meruncing dan lampun yang sudah full LED membuat tampilan lebih elegan, PCX juga dikenal mempunyai suspensi yang empuk sejak generasi awal, tentunya motor ini cocok untuk eksekutif muda, mahasiswa bahkan org tua.

Speedometer PCX berukuran lebih besar dari Nmax dimana Nmax berbentuk membulat meski di tipe yang baru sudah mengkotak namun tetap ring bulatnya masih mengesankan kalo kecil, keduanya sama2 negative display, untuk fitur di speedometer sama2 mempunyai penunjuk kecepatan, fuel meter, odometer, trip meter, jam dan fuel average serta info lampu, namun tambahan untuk Nmax dimana terdapat real time penggunaan bbm dan vbelt sedangkan di PCX ada lampu smart key system (keyless) dan ISS (Idling stop system).

Untuk pencahayaan, kedua sama cuman di PCX ada tambahan DRL namun perbedaannya adalah di PCX semuanya sudah full LED sedangkan Nmax hanya lampu utama dan rem yang LED sisanya bohlam, setang PCX sama seperti generasi sebelumnya yang pakai model telanjang pipa krom, sedangkan Nmax pakai cover plastik, tombol mirip cuman di PCX ada hazard dan saklar ISS.

Untuk kunci kontak baru ini ada perbedaan signifikan dimana PCX mempunyai 2 model kunci, ada yang konvensional dan keyless alias tanpa kunci yang menjadi satu remotenya dengan answer back system, keyless ini menyambung di immobilizer sehingga layaknya mobil sehingga tingkat keamannya lebih tinggi.

Untuk akomodasi penyimpanan dan fitur terkait, keduanya mempunyai ruang penyimpanan yang sama2 lega namun untuk PCX sudah dilengkapi dengan power cas 12 volt, bagasi Nmax lebih lega dengan 25 liter sedangkan PCX hanya 23 liter, namun ukuran tangki BBM ternyata PCX lebih besar yaitu 8 liter, sedangkan Nmax hanya 6,6 liter..

Urusan kaki, PCX mempunyai ring 14 dengan ukuran pelek depan 2,15 inchi dengan ban 100/80 dan pelek belakang 3,5 inchi dengan ban 120/80, sedangkan Nmax hanya mempunyai pelek 13 inchi dengan ukuran pelek depan 3,00 inchi dengan ban 110/70 dan pelek belakang 3,5 inchi dengan ban 130/70.

Sektor pengamanan keduanya sudah double cakram depan dan belakang, Nmax mempunyai 2 pilihan fitur keselamatan yaitu ABS dan Non ABS, sedangkan PCX mempunyai CBS atau ABS, keduanya juga mempunyai suspensi ganda dibelakang meski Nmax sudah diperbarui dengan skok tabung namun sejarah PCX memang sudah dari awal sudah empuk jadi gak perlu tabung.

Nah masbro sampailah kita di pembahasan yang paling penting yaitu bagian mesin dimana banyak hal dipertaruhkan disini, mulai dari power hingga fiturnya, PCX mempunyai 149,3 cc sedangkan Nmax 155 cc, Nmax lebih powerfull disini dimana konfigurasi 4 katup dengan VVA membuat tenaga dan torsi lebih maksimal baik di putaran bawah maupun tinggi, sementara PCX hanya mempunyai 2 katup dengan teknologi variable valve.

Namun kelebihan PCX ada di efisiensi bahan bakar, fitur seperti ACG dan mesin generasi ESP ditambah ISS membuat BBM lebih hemat, dibandingkan Nmax masih memakai stater konvensional sehingga agak kasar saat digunakan untuk menyalakan mesin, sedangkan untuk performa sayang Honda belum memberikan data tentang ini, namun begitu anda bisa mengira2 Skutik bonsor manakah yang akan anda pilih…!!!

Silahkan dibaca artikel terbaru lainnya :

Silahkan Memberikan Tanggapan Di Bawah Ini