15 Point Di Suzuki Satria FU150 Injeksi Yang Jarang Diperhatikan

0
198

Berkunjung ke Main Dealer PT. Indo Jakarta Motor Gemilang bersama dengan Bp. Morally sebagai Operational Manager Suzuki Indrapura rupanya sangat seru juga masbro sampai gak terasa waktu berlalu demikian cepat, selain membahas banyak hal kami juga membahas tentang Suzuki Satria FU150 yang barusan saja diberikan penyegaran oleh Suzuki dan unitnya sudah dapat anda lihat di Dealer Suzuki Indrapura.

Ada beberapa hal dimana banyak konsumen belum mengetahui tentang kelebihan Suzuki Satria FU150 ini, hal ini juga saya buktikan dengan beberapa rekan saya yang juga rider Suzuki Satria FU yang mana saat ditanya mengapa suka dengan motor tersebut, jawaban yang paling sering saya dapat adalah tentang performa alias mesin, Sebenarnya selain performa yang berkarakter DOHC Over Bore tersebut ada beberapa hal yang mesti konsumen Satria FU150 juga ketahui

Berikut adalah beberapa hal yang dirangkum berdasarkan pendapat dari beberapa sumber antara lain :

  1. Harga Spare Parts Satria FU150 paling murah meriah di kelasnya, bahkan dgn FU Karbu sekalipun dan kualitas lebih bagus.
  2. Kualitas Plastik serta Cat Satria FU150 berkualitas sangat baik di kelasnya.
  3. Kapasitas Radiator terbesar di kelasnya.
  4. Menggunakan Filter Oli berjumlah dua, terbanyak di kelasnya.
  5. Per Kopling terbanyak dikelasnya yang berjumlah 5 buah.
  6. Terdapat bagasi kecil di bagian depan yang berguna juga untuk cas baterai gadget.
  7. Merek pelek Satria FU150 menggunakan merek ENKEI dimana secara kualitas sudah dikenal.
  8. (Suzuki Advanced Lubrication and Cooling System) atau disingkat SALCS adalah teknologi sistem pelumasan yang berfungsi mengurangipanas dan gesekan mesin. Sehingga mesin lebih tahan terhadap serangan panas meskipun di geber terus menerus dan dengan teknologi SALCS komponen mesin seperti piston, ring piston dan dinding silinder akan lebih awet dimana teknologi “SALCS” terdapat juga pada crankcase berupa nosel pelumas yang berfungsi menyemprotkan pelumas ke dinding silinder.
  9. (SUZUKI Advanced Power Engagement Clutch System) disingkat menjadi SAPECS memungkinkan anda dapat merasakan kehalusan perpindahan antar gigi perseneling, perpindahan gigi perseneling nyaris tanpa hentakan.
  10. Suzuki Satria FU150 menggunakan Box Filter terbesar di kelasnya.
  11. (Light, Efficient and Powerfull) atau disingkat menjadi LeaP yaitu onsep desain mesin (Engine) ringan, efisien dan tenaga besar di peroleh dengan cara Mengurangi kerugian kerja mekanik di dalam mesin, mengurangi kerugian gesekan antar komponen mesin, mengurangi kerugian pada kerja pemompaan (pumping loss), dipadu dengan material komponen pilihan (berkwalitas) untuk mengurangi bobot kendaraan.
  12. Katup Big Size Throttle 32mm terbesar dikelasnya, yg bernama TPS (Throttle Position Sensor) dimana teknologi volume udara yang melewati Throttle Body berhubungan erat dengan putaran mesin per menit (Rpm), semakin terbuka katup throttle maka akan semakin tinggi pula putaran mesin, jadi apakah jika Throttle body semakin besar dan konsumsi bahan bakarnya itu juga besar…???

Wah itu salah besar, karena di throttle body telah ada sensor yang mengukur volume udara yang masuk atau melewati throotle body “TPS” (Throttle Position Sensor) sehingga sensor akan melaporkan banyaknya volume udara yang masuk ke ECM/ECU dimana akan memerintahkan nosel untuk menakar volume bahan bakar yang akan disemprotkan ke intake manifold atau klep masuk.

  1. Piranti pengereman Suzuki Satria FU150 menggunakan BYBRE untuk rem depan dimana BYBRE merupakan anak perusahaan BREMBO masbro, sedangkan piranti pengereman roda belakang adalah TOKICO, dimana artikelnya bisa sampeyan baca di SINI.
  2. Alumiunium Foil di Body plastik samping kiri dan kanan (Dekat Dgn Engine) itu terdiri dari 2 sisi yang pertama Alumunium Foil digunakan untuk menangkap panas/kalor, sementara bagian keduanya punya fungsi melepas dan menyebar panas ke area sekitar (makanya sering digunakan untuk kegiatan masak, supaya matangnya merata)

Nah, Kenapa dipasang di bagian dalam sayap samping…??? Ini bertujuan agar plastik sayap tersebut (yang kena hawa panas ekstrim secara langsung) bisa menyerap-melepas-menyebar panasnya lebih cepat, ini juga bisa disebut sebagai tindakan preventif terhadap kasus plastik “meleot” atau meleleh.

  1. Rantai Seal O-Ring, masih banyak yang awam ya dengan istilah ini…???

Seal O-Ring berguna untuk menahan pelumas yang sudah ada di bagian sambungan sejak rantai itu diproduksi, selain itu, dari logika saja, kita bisa tahu juga kalau Seal O-Ring berguna untuk memperkuat rantai dari beban berat, dan bisa memperpanjang usia rantai, rantai yang menggunakan Seal O-ring juga biasanya lebih senyap dibanding rantai-rantai yang tidak menggunakan Seal O-Ring.

Nah demikian 15 Point penting seputar beberapa hal yang sepertinya masih banyak pengguna atau masyarakat pecinta otomotif yang masih belum mengetahui apa saja keistimewaan Satria FU150 Injeksi.

Artikel Terkait :

Seduluran Bersama
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Informasi dan ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Add my FB Priyo Banyu Urip, IG Otobalancing, G+ Givi Surabaya

Komentar Gratis