Yamaha All New Vixion R Resmi Di Perkenalkan Di Jawa Timur, Harganya…??? Review First Impression

oleh

Berkesempatan diudang oleh PT. Surya Timur Sakti Jatim selaku Main Dealer Yamaha di Jatim dan bertemu langsung dengan Yamaha All new Vixion R untuk kali pertama merupakan sesuatu yang menggebirakan, meski sudah diperkenalkan secara nasional di pertengahan 2017 ini dimana Yamaha memperbarui tampilan dari Vixion, sebuah naked sport andalan Yamaha, tidak hanya memperbarui wajah dan penampilannya namun Yamaha juga Menambah satu varian lagi yaitu All New Vixion R, artri nama R disini gak main-main masbro dimana di varian R ini merupakan cerminan dari semua generasi Vixion sebelumnya.

Dibandrol Rp. 29,905,000 OTR Surabaya, Mahal…??? sebentar anda pasti bertanya mengapa seri R ini lebih mahal dari seri vixion yang ada saat ini dan sebelumnya, sejatinya jantung Vixion R ini sama persis dengan yang dimiliki All New R15 155 VVA, mengusung mesin yang sama dengan kaki kaki yang juga sama persis yang mana All New Vixion R bisa dikatakan sebagai All New R15 155 VVA versi Naked.

Dengan pembaharuan wajah secara total Yamaha ingin mengapresiasi kepada konsumen atas pertanyaan di versi sebelumnya, tampilannya yang lebih sporty dan hampir kesemua bagiannya jauh lebih runcing dibandingkan sebelumnya.

Kalo diperhatikan sekilas All New Vixion R ini sama persis dengan All New Vixion biasa yang sudah diluncurkan, namun jika anda memperhatikan dengan detail yaitu ketiadaannya kick stater di bagian kanan mesin, di bagian footstep juga berbeda dengan Vixion Standart, dan mesin yang lebih berisi dari versi biasa, akibatnya bentuk undercowlnya menjadi tidak biasa dari versi sebelumnya.

Selain itu dibagian kaki juga berbeda, pelek di vixion R ini sama persis dengan R15 baru dengan lebar belakang 4 inchi dengan ban 130/70 sementara depan 2,15 inchi dengan ban 90/80, karena sama persis dengan R15 terbaru maka berdampak kepada sumbu roda yang lebih pendek yaitu 1,320 mm, kapasitas tangki bbm di versi R ini hanya 11 liter lebih sedikit dari vixion lama yang 12 liter.

Mesinnya sendiri seperti yang telah saya jelaskan diatas, ini merupakan murni mesin R15 baru sepertinya tanpa ada ubahan apapun dimana berkapasitas 155 cc dengan teknologi VVA menghasilkan tenaga 19 hp di 10,000 rpm, teknologinya masih setia dengan SOHC namun menurut Yamaha, mesin ini dapat menggabungkan efesiensi bahan bakar dengan performa di putaran tinggi, jadi didalam mesin ini ada semacam motor yang mengatur 2 fungsi cam, dimana perpindahan ini hanya berlaku jika putaran mesin berada di 7400 rpm, teknologi ini mirip seperti yang ada pada Yamaha Nmax dan Aerox namun perpindahan hanya di 6000 rpm saja.

Pada perpindahan transmisi ada juga teknologi asist dan slipper cluth dimana fungsi kedua alat ini bikin kopling terasa lebih enteng serta saat di putaran tinggi dan kemudian tiba2 mesin diturunkan di rpm rendah maka mesin akan lebih halus meraung sehingga gejala mesin menghentak pun lebih tidak terasa karena adanya teknologi ini.

Oke masbro sekian dulu ulasan Yamaha All New Vixion R kali ini, semoga ada unit test ridenya dimana nanti akan lebih jos gandos untuk menjelaskan kepada sampeyan bagaimana ergonomi, akselerasi mesin dan performanya kala diajak jalan dekat maupun jauh.

Jika ada pertanyaan monggo langsung ditanyakan di kolom komentar dibawah dan di acara perkenalan ini juga dihadiri oleh kawan2 dari media dan blogger serta komunitas vixion kota surabaya tentunya, dan tak kalah serunya ada lomba foto modelnya loh…saya juga ikutan nih, semoga saja kalo memang rejeki bisa menang nih.

Artikel Terkait :

Tentang Penulis: otobalancing

Gambar Gravatar
Penulis adalah seorang yang mengagumi otomotif sejak masih anak-anak, baik roda dua atau roda empat. Hobi jepret jepret, utak atik hardware dan software, update berita otomotif, dan berolahraga elektronik berbasis jempol. Bercita cita jadi orang sukses.

Silahkan Tulis Komentar Anda :