Menjadi Anggota Komunitas Motor, Enak Gak Ya…??? (Part-1 : Organisasi Motor)

4
38

Yo masbro topik bahasan kali ini yaitu tentang komunitas motor, sebenarnya kalo bicara komunitas motor itu kalo dari lingkup jenis komunitas motor itu beragam karena kebanyakan masyarakat hanya mengenal perkumpulan biker motor itu ya komunitas, namun sebenarnya hanya mengerucut di 3 jenis saja yaitu Club, Komunitas dan Independent, buat sampeyan yang belum pernah gabung di organisasi motor pasti bingung dengan perbedaan 3 jenis ini organisasi motor ini.

Club

Kebanyakan klub yang ada saat ini hanya merujuk kepada 1 varian motor saja, peraturannya bersifat baku dan mempunyai AD ART yang menjadi acuan dalam pergerakan organisasi ini yang mesti dipatuhi oleh setiap anggota dan pengurusnya juga serta mempunyai susunan kepengurusan.

Komunitas

Banyak yang beranggapan kalo organisasi ini adalah perkumpulan beberapa orang yang mempunyai hobby yang sama namun mempunyai varian motor yang berbeda, namun ada juga yang varian motornya hanya satu, namun karena kata komunitas lebih familiar daripada club yang terdengar lebih formal maka beberapa organisasi motor memilih nama komunitas di antara nama kepanjangan organisasinya.

Untuk kepengurusan dan peraturan lebih bersifat fleksible, ya ada plus minusnya tergantung bagaimana pengurus organisasi ini mengelolanya.

Independent

Ada juga yang memilih jalur ini, biasanya organisasi ini tidak ada kaitannya dengan kepengurusan pusat atau daerah meski di beberapa daerah ada semacam perkumpulan motor yang independent, lebih bersifat mandiri dalam artian tidak ada keterikatan apapun dengan aturan pusat atau daerah namun memiliki peraturan yang sama dengan club atau komunitas.

Ada beberapa faktor masbro dimana organisasi motor itu terbentuk, antara lain :

  1. Keinginan berkomunikasi dan  keinginan  berbagi dalam  dunia  motor
  2. Sering bertemu di suatu tempat sehingga akhirnya ada keinginan membentuk
  3. Ada keinginan untuk melakukan kegiatan bersama sama
  4. Ada seseorang yang berkeinginan untuk membangun sebuah perkumpulan yang akhirnya menjadi banyak

Tidak bisa dipungkiri jika banyak perkumpulan biker motor ini yang lalu membentuk organisasi motor dan bubar atau mengalami konflik hanya dalam hitungan minggu, bulan bahkan dibawah 1 tahun.

Namun masbro juga banyak organisasi motor yang masih eksis hingga melebihi 10 tahun bahkan 20-30 tahun, hal ini terjadi karena mereka mempunyai anggota yang setia yang terbentuk karena kesamaan hobi dan keinginan yang sehati.

Dan yang tadi cepet bubar itu biasanya adalah organisasi motor yang dibuat hanya untuk mempromosikan suatu produk tertentu yang tujuannya adalah menjaring sebanyak banyaknya pengguna motor yang sama sehingga menjadi tercampur kepentingannya di organisasi, dimana ada yang memang benar-benar ingin membangun, ada yang awam sehingga merasa organisasi itu tidak penting atau bahkan ada yang hanya ingin mencari sebuah kepentingan untuk tujuan pribadi.

Bagaimanapun menjadi anggota sebuah organisasi motor apalagi menjadi pengurus organisasi tersebut membutuhkan waktu, tena dan fikiran yang gak sedikit untuk dikeluarkan, pengurusnya kudu memiliki tingkat konsistensi dan keiklasan tinggi dalam pengembangan organisasi, untuk anggota pun demikian dimana kudu ada sikap tenggang rasa, saling mengerti dan merasakan apa yang dirasakan baik kepada pengurus maupun kepada sesama anggota, begitu pula sebaliknya.

Oke masbro, part 1 saya akhiri disini, sampai ketemu di part 2.

Artikel Terkait :

Silahkan dibaca artikel terbaru lainnya :

Kontak Admin :
WA : 081554492800
Email : givisurabaya@gmail.com
FB Fans Page : otobalancing
Twitter : @priyo_verza
IG : otobalancing
Youtube : Verza Rider
Salam satu aspal cak…

 

Iklan
BAGIKAN
Matur Nuwu Masbro Sudah Mengunjungi Warung Ini Great Thanks...

4 KOMENTAR

Silahkan Berkomentar Disini :