Beralasan Sering Turing, Rider Ini Mengeluh Sulitnya Lulus Dalam Ujian SIM

Diposting pada
ktm indonesia

Cuitan salah satu pengendara motor ini sebenarnya sudah sering dilontarkan oleh pengendara lain yang gagal dalam ujian SIM, namun hal yang agak ganjal adalah pernyataan bahwa rider ini sudah sering melakukan touring namun kok malah gak lulus dalam ujian SIM yang menurutnya seharusnya mudah bagi rider tersebut.

Ada spekulasi dimana jika rider ini sudah sering touring maka seharusnya rider ini sudah mempunyai SIM dan asumsi saya bahwa rider ini mungkin telat memperpanjang masa berlakunya SIM sehingga diharuskan untuk membuat SIM baru lagi.

Dan memang efek tidak tidak lulusnya ujian ini memang berimbas kepada beberap aspek, seperti harus ijin libur atau cuti libur kerja, kuliah saat mengikuti ujian, namun memang hal ini sudah menjadi konsekwensi dan menurut saya jika ijinnya untuk ujian SIM saya kira baik perusahaan dan kampus gak masalah untuk memberi ijin, toh juga untuk kebaikan dan kepentingan yang baik.

Menyadur dari beberapa info dari web Polda jatim beberapa waktu lalu menjelaskan jika :

“Sebenarnya, tidak ada kesengajaan dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya untuk membuat jumlah masyarakat yang tidak lulus ujian surat izin mengemudi (SIM) cukup tinggi. Tidak benar pula tuduhan yang menyebut polisi sengaja mempersulit demi mendapatkan uang suap dari peserta ujian.

Menurut Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Bekto Suprapto, masalah utama bukan terletak pada pihak kepolisian melainkan peserta ujian yang kurang mempelajari UU lalu lintas”.

Alasan mengapa ujian ini makin sulit adalah karena tingginya angka kecelakaan terutama di usia muda, apalagi banyak anak sekolah saat ini sudah banyak yang naik motor.

OB sendiri saat di 2004 sudah mempunyai SIM C dan di 2008 juga ujian SIM A dengan metode ujian manual dan praktek dan memang persiapan kala itu sebelum ujian baik manual dan praktek OB selalu belajar rambu dan simulasi rintangan dengan batu dan botol minuman yang OB kasi ranting sebagai pengganti cone seperti di ujian SIM aslinya.

Dan Mohon maaf, kebanyakan orang mau ujian SIM seperti Tarzan, dari hutan turun pakai tali, langsung ujian dan lulus dengan mudah, yang penting bisa naik motor, dan sulitnya lulus ujian SIM ini tidak bisa dipungkiri ada sikap apatis dari masyarakat yang mengkaitkan dengan suap dan main mata.

Sebagaimana yang disampaikan oleh pihak kepolisian di web resminya terkait ujian SIM ini, “bahwa pemohon SIM baru dituntut  harus benar-benar memahami rambu-rambu lalulintas baik secara teori maupun praktik. jika tidak ingin mengulang ujian hingga beberapa kali”.

Video Praktek Ujian SIM

SIM C

SIM A

Bagaimana menurut Mas dan Mbak Bro…???

Artikel Terkait :

Silahkan dibaca artikel terbaru lainnya :

Kontak Admin :
WA : 081554492800
Email : givisurabaya@gmail.com
FB Fans Page : otobalancing
Twitter : @priyo_verza
IG : otobalancing
Youtube : Verza Rider
Salam satu aspal cak….

 

Gambar Gravatar
Terima kasih sudah sudi menyambangi blog sederhana ini, saran dan kritiknya untuk kemajuan blog ini kedepannya sangat kami harapkan dan apabila ada kekeliruan sebelumnya saya meminta maaf.

Monggo Komentarnya Kangbro :