Mengenal FLAG to FLAG di MotoGP

208

Strategi Marquez dan Pedrosa serta tim HRC di Race MotoGP kemarin membuahkan hasil apik masbro, podium 1 dan 2 berhasil diamankan oleh duo pembalap ini, khususnya Marquez yang memutuskan mengganti ban lebih cepat dari rivalnya, seperti diketahui jika cuaca di sirkuit Brno cepat berubah dengan drastis, hujan reda gak lama hujan lagi hal ini membuat team MotoGP harus meracik strategi tepat agar bisa menjadi yang terdepan paling gak selamat meraih finish.

Sejatinya saat race berlangsung kondisi meski cerah namun Race Director menetapkan balapan dimulai dengan wet race alhasil pembalap diwajibkan untuk memakai ban basah namun saat race berlangsung kondisi trek mulai kering dan Flag to Flag alias pergantian motor dengan ban kering mesti dilakukan.

Marquez mengetahui jika awalnya strateginya salah, motornya terlalu lambat sehingga Marquez memutuskan untuk masuk pit terlebih dahulu dan pembalap lain menyusul di lap berikutnya dan seperti masbro ketahui Marquez mengungguli rivalnya dengan selisih waktu 18-20 detik di depan.

Melihat hal tersebut, ada pertanyaan…kok cuaca cerah namun harus pakai ban wet (basah)….??? dan apa pengaruh ban itu tersebut…???

Perlu masbro ketahui jika di MotoGP ada 3 jenis ban yaitu ban slick (kering), ban wet (basah/hujan) dan ban intermediate, dan sesuai dengan namanya bahwa ban kering berbentuk botak dimana memiliki permukaan dengan cengkraman ke aspal yang lebih luas sehingga traksi ban lebih maksimal, ban ini bisa membuat motor MotoGP mencapai kecepatan maksimal dan tahan sampai 100 derajat celcius.

Sementara untuk ban hujan/wet/basah, ban ini digunakan jika trek basah dan memiliki alur untuk memecah air agar pembalap tidak tergelincir.

Sementara untuk ban intermediate, mirip dengan ban kering namun masih menggunakan alur, biasanya digunakan di lintasan basah namun gak hujan.

Nah pertanyaan muncul lagi nih…??? bagaimana jika pas race berlangsung seketika hujan dan pembalap masih menggunakan ban slick atau sebaliknya, pas hujan reda dan trek kering pembalap masih menggunakan ban wet…???

Jawaban menurut saya masbro…ya pasti yang pertama kalo hujan masih pakai ban slick ya pasti terpeleset, dan jika masih pakai ban basah kemudian trek kering maka harus ganti kalo gak mau ban tidak cepat habis, dimana ban basah memiliki kompon yang lebih lunak daripada ban kering.

Maka dari itu istilah Flag to Flag muncul dimana pembalap bisa mengganti motor dengan ban yang berbeda sesuai dengan strateginya masing2 seperti yang terjadi di race Brno kemarin.

Baca artikel lainnya :

Kontak Admin :
WA : 081554492800
Email : givisurabaya@gmail.com
FB Fans Page : otobalancing
Twitter : @priyo_verza
IG : otobalancing
Salam satu aspal cakā€¦.

Komentar Gratis, Monggo Masbro Mbakbro