Benarkah motor Superbike lebih kencang dari MotoGP…???

R15

Apply today!

motogp-superbikes-561504214da34

Salam otomotif masbro…ternyata tidak banyak yang tahu perbedaan antara Superbike dan MotoGP, kebanyakan orang hanya mengetahui jika MotoGP menggunakan motor Prototipe dan Superbike menggunakan motor yang sudah diproduksi secara massal, namun apakah ada yang tahu, manakah yang lebih kencang antara motor Superbike dan motor MotoGP…???

Berdasarkan survei, ternyata talenta pembalap Superbike merasa dikucilkan dengan pembalap MotoGP, hal ini dikarenakan diseluruh dunia penonton Superbike gak sampai mencapai 10% dari penonton MotoGP

Motor di MotoGP semuanya adalah tipe Prototype yaitu tipe motor yang dirancang khusus dari mesin, gearbox, sasis, kontrol elektronik, dengan suspensi, ban dan rem yang juga prototype untuk tujuan balapan. Motor ini tidak boleh dijual untuk umum karena spare part, bahan bakar, ban dan lain-lain tidak tersedia di pasaran dan kecepatannya juga terlalu tinggi.

Mesin MotoGP mampu bertahan hingga beberapa bulan dengan konsumsi bahan bakar yang seirit mungkin tapi tetap mampu berlari sekencang mungkin. Tidak heran sebelum peraturan pembatasan mesin berlaku di MotoGP, satu tim MotoGP bisa “merusak” puluhan set mesin dalam waktu satu tahun.

Baca artikel lainnya :

Ajang World Superbike (SBK) bisa dibilang sebagai ajang hiburan bagi para pecinta balap motor, motor yang digunakan para kontestan Superbike adalah motor produksi massal yang semua orang bisa beli di dealer, mereka melakukan modifikasi disana-sini untuk memaksimalkan potensi motor tersebut untuk digunakan di arena balap. Singkatnya, motor Superbike sangat jauh beda dengan MotoGP karena mereka menggunakan motor sport standart harian yang dimodifikasi.

Para pembalap MotoGP sering menderita tentang grip ban dimana berhubungan dengan temperatur udara dan aspal yang punya peranan besar dalam menentukan catatan waktu terbaik pembalap, apalagi karakter aspal masing-masing sirkuit terbilang unik karena jika temperatur naik (panas), dipastikan akan mengalami penurunan grip pada roda, tulah kenapa masa uji coba musim dingin akan memiliki catatan waktu yang impresif.

Rekor lap time WSBK adalah 1:41.135s milik Jonathan Rea di musim 2015. Rekor lap time dari MotoGP ada di angka 1:38.735s oleh Lorenzo di tahun yang sama dengan milik Rea, yang menjadikan motor WSBK berdasarkan Jerez 2015 memiliki selisih waktu 2.4 detik lebih lambat dari MotoGP. Pada catatan waktu balapan MotoGP tercepat Jerez 2015 dan WSBK saat balap tahun 2016; pembalap pemenang MotoGP race pace terendah ada di 1:39s sampai sekitar 1:40s. Berbanding race pace pemenang WSBK; di angka 1:41s sampai sekitar 1:42s. Artinya ada selisih waktu sekitar 2 detik antara keduanya untuk tiap lap.

Jadi jika ingin membandingkan kencang mana antara motor SBK dan MotoGP, harusnya para pembalap elit masing2 diadu di kondisi cuaca, ban dan lintasan yang sama dan mungkin dengan lap yang sama juga, namun itu kan gak mungkin terjadi masbro, pastinya mesin MotoGP lebih besar memerlukan kondisi ban yang juga berbeda dengan SBK, namun yang pasti…kembali lagi…ke data ini.

Tenaga kuda yang di hasilkan oleh motor MotoGP lebih besar dari motor Superbike dimana motor MotoGP memiliki 260 HP sedangkan Superbike hanya memiliki 230 HP, motor MotoGP dipersenjatai dengan rem karbon, sedangkan Superbike hanya dengan rem baja, sebenarnya dari sini aja sudah jelas terlihat kalo Motor MotoGP lebih baik dari segi top speednya yang tentu lebih kencang.

Artikel Lainnya :

 

Iklan

Tentang otobalancing

Berdomisili di kota pahlawan Surabaya yang hanya merupakan seseorang yang hoby dengan dunia otomotif, gadged dan game (playstation), berusaha ingin selalu membagi informasi agar bermanfaat dan berguna bagi orang lain dan diri OB sendiri. Silahkan jika ada saran serta kritik bisa disampaikan baik melalui blog ini maupun lewat Jalur Pribadi (WA, Email, sms, Tlp), Salam satu aspal cak....
Pos ini dipublikasikan di MotoGP dan tag , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Benarkah motor Superbike lebih kencang dari MotoGP…???

  1. motomazine berkata:

    Semakin ke sini motor-motor produksi massal untuk ajang WSBK juga semakin kencang kang. Adanya teknologi canggih dari sejak motor diproduksi makin memudahkan handlingnya..

    Suka

    • otobalancing berkata:

      Iya mas, dibeberapa sirkuit yang sbk dan motoGP sama2 race masih cepetan sbk

      Suka

      • Sofyan berkata:

        Coba berikan data akurat mas.,motor versi wsbk memang lebih cepat ketimbang motogp..

        Suka

        • otobalancing berkata:

          Untuk data nanti akan saya ulas di next artikel, meski gak banyak data karena motor SBK jarang head to heat dengan motor MotoGP, jadi perbandingannya adalah dari saat lomba WSBK dan seri Motogp di sirkuit yang sama

          Suka

          • Sofyan berkata:

            Makanya itu..untuk menjawab keraguan saya..coba datanya dilampirkan mas…
            Mulai dari data pemegang torehan waktu tercepat..
            Pengambilan sampel Data dalam setiap 1 sirkuit saja belum mencerminkan data secara obyektif looh…
            Kalau memang wsbk lebih cepat dr motogp.,minimal best lap wsbk menang minimal 8 torehan waktu disirkuit yg berbeda.,baru saya percaya

            Suka

      • motomazine berkata:

        Bener kang..

        Suka

  2. Anonim berkata:

    Memang kalo di hitung secara 1 putaran motor Sbk lebih sedikit time nya
    Tapi kalo digitung secara rata rata kecepatan dalam saat balapan moto gp lah paling kencang karna bisa menghasilkan top speed 340-350 km/jm
    Sedangkan Sbk top speed nya hanya dibawah 300 km/jm

    Suka

Gratis berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s