Truk Rem Blong di Medan : Duka Istri Kehilangan Suami dan Dua Anak Tercinta

0
37

Kejadian ini terjadi di kawasan jalan Ring Road Simpang Jalan Amal Medan Sumatera Utara minggu (28/5) pukul 06:30 WIB

Masbro, kejadian lalu lintas memang bukan hal yang baru, setiap hari bahkan setiap detik kita selalu disuguhkan dengan berita kecelakaan lalu lintas, namun kala kecelakaan tersebut melibatkan korban massal maka tentu ada kengerian sekaligus tanda tanya, mengapa semua orang itu menjadi korban bersama-sama, takdir kah, dan seberapa tanggung jawabkan negara dalam mengatasi kejadian ini dan apa yang harus dilakukan untuk mengurangi atau mencegah terjadinya kejadian ini kembali…???

Faktor penyebab kecelakaan sangat komplek, mulai dari ugal-ugalan, tidak konsentrasi di jalan alias gak fokus, hingga melanggar marka lalu lintas, bahkan banyak pendapat mengatakan kelaikan kendaraan massal atau angkutan dinilai sangat memprihatinkan dibandingkan negara lainnya, hal ini dimungkinkan terjadi karena masih ada sengaja yang sengaja mengurangi biaya perawatan dengan melakukan kanibal onderdil-onderdil satu dengan yang lain, tidak mengikuti uji kir, dan bahkan membuat buku kir palsu serta melakukan kongkalikong antara petugas uji kir dan pemilik bus dengan tujuan status kelayakan bus dapat disiasati.

Hal ini dinilai menjadi faktor utama dalam penghilangan nyawa sia-sia seperti yang terjadi di Medan baru-baru ini, seorang pedagang ikan yang saat itu sedang mengajak anaknya ke pasar untuk sekedar jalan-jalan namun ternyata di jalan dihajar truk ngeblong sehingga pedagang ikan dan dua orang anaknya langsung meninggal, kehilangan ini langsung dirasakan oleh seorang istri pedagang ikan tersebut yang tak menyangkan akan kehilangan suami dan dua orang anaknya sekaligus, sedang satu anaknya yang selamat mangalami patah tulang rusuk dan patah kaki.

Korban Meninggal

Indra Subahan Purba (44)

Arisa Salwa (13)

Anas Majid (8)

Korban yang di rawat di rumah sakit Bina Kasih

M Safikri (14)

Aldon Sinambela (47)

Korban yang di rawat di rumah sakit Sari Mutiara

Afia Zahro Purba (11) Opname Patah Kaki

Alexander (17) Rawat Jalan

Dini Ananda (12) Rawat Jalan

Aqli (13) Rawat Jalan

Dengan belajar dari kasus kecelakaan yang sudah ada, sudah saatnya masyarakat untuk berani mengawasi dan meminta hak mereka memperoleh layanan transportasi publik yang terjaga keselamatannya sedangkan pelaku transportasi perlu dididik dan ditingkatkan kesadarannya melalui pemberian sanksi tegas.

Karena tidak sedikit nyawa melayang sia-sia gara-gara ketidakdisiplinan dan ketidaktegasan pengawasan kelayakan kendaraan bermotor, apakah kita terpanggil untuk mencegah agar kesalahan yang sama tidak terus terjadi pada masa mendatang?

Baca artikel lainnya :

Seduluran Bersama
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Informasi dan ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Add my FB Priyo Banyu Urip, IG Otobalancing, G+ Givi Surabaya

Komentar Gratis