Yamaha perkenalkan All New R15 VVA untuk area Jatim dengan menggelar Drag Race bersama komunitas di Sirkuit Bung Tomo Surabaya

1
66

Setelah hadir di beberapa kota di Indonesia, kini giliran kota Surabaya sebagai tempat bagi PT. Surya Timur Sakti Jatim (STSJ) sebagai Main Dealer motor Yamaha Jatim dan NTT secara resmi memperkenalkan All New R15 VVA yang dihadiri oleh beberapa Komunitas Motor di kota Surabaya, ada beberapa keistimewaan dari All New R15 ini yang membuat banyak publik menanti-nanti kapan secara resmi motor ini hadir di Jawa Timur.

Salah satu yang istimewa adalah karakter mesinnya yang saat ini mempunyai kapasitas 155 cc yang berkarakter Square, keistimewaan mesin dengan karakter Square sendiri adalah akselerasi mulai dari bawah hingga atas masih rata, dengan ditambah VVA dimana saat mesin dipacu di 7400 rpm keatas, maka tenaga atas akan berpindah loop sehingga di tarikan atas mesin masih berisi, jadi bawah sampai tengah enak, atas makin enak, jadi kalo dipakai harian, tanpa buka gas terlalu dalam motor sudah melaju dengan kuat, untuk mesin motor SOHC, Yamaha jos gandos ngrancang mesinnya.

Salah satu fitur andalan All New R15 VVA yaitu Assist dan Slipper Clucth, Slipper Clutch ini sangat berguna gak hanya saat di sirkuit namun juga saat dipakai harian, karena sebagaimana penuturan rekan2 Blogger Jatimotoblog yang saat itu juga menjajal All New R15 VVA ini, perpindahan gigi terasa halus, roda belakang tidak mudah split, dan dengan adanya Assist tarikan kopling terasa enteng sehingga kalo dipakai macet macetan tangan gak terasa pegal.

Kelebihan lain dari All New R15 VVA ini ada pada handlingnya, perpaduan dari sasis Delta Box dipadu dengan suspensi yang oke banget apalagi depan menggunakan Up Side Down berukuran 37mm sehingga membuat feeling rider kuat di roda depan, dari dari penuturan yang sudah coba All New R15 VVA ini, bantingan suspensinya sangat oke banget, dibagian depan dimana dengan lengan ayun aluminiumnya membuat feeling ke roda depan menjadi lebih pede.

Enaknya All New R15 VVA juga terdapat pada bannya, dimana saat ini adalah yang terbesar di kelasnya dengan ukuran 140/70 dengan pelek 4 inchi untuk bagian belakang, logikanya dengan ban yang lebih lebar maka tapak ban ke aspal juga lebih luas sehingga motor dapat melaju enak meski dipakai rebah karena permukaan ban masih luas menceram aspal.

Sementara untuk riding potition memang sangat mendukung untuk handling, namun konsekwensinya kalo dipakai jarak jauh harus sering melemaskan tangan, bahu dan pinggang karena posisi stang yang rendah banget (Under York), namun kenikmatannya adalah saat kita pakai melibas jalan yang berliku-liku maka feel handling akan lebih terasa greget.

Sebagaimana saat perkenalan kemarin yang dilangsungkan di sirkuit Drag resmi di Gelora Bung Tomo, posisi rider terlihat lebih Aerodinamis sehingga laju angin pun menjadi lebih minim, namun kalo keseringan pegel juga.

Info di speedometer terbilang lumayan lengkap, dimana terdapat fitur pengukur konsumsi bensin rata-rata, kecepatan rata-rata, odometer, trip meter 1 dan 2 dan jam, tak lupa juga gear posisition yang terlihat jelas angkanya, takometer dan rpm, dan saat anda menyalakan dan mematikan all new R15 ini, terlihat di speedometer ada sapaan, namun hanya sapaan akhir saat akan dimatikan yang bisa anda ganti tulisannya, sedangkan di awal gak bisa, dibagian atas juga ada shif light dimana memudahkan untuk menentukan saat perpindahan gigi dan bisa diatur kapan menyalanya.

Secara body memang berubah drastis dari pendahulunya dimana saat ini terlihat mengadopsi bentuk dari Moge Yamaha R6 dan R1, terlihat dari depan tajam namun keberadaan air scoope didepan bukan untuk mengalirkan udara ke mesin namun ditutup, karena untuk motor 150cc keberadaan air scope masih belum teras penting karena maksimal melajunya hanya 140-an kpj.

Bagian-bagian seperti jok depan yang sisi berlubang, lampu belakang yang mirip dengan R1 dan kondom tangki yang besar sehingga pas dengan posisi riding rider saat menunduk, untuk lampunya sudah LED terutama lampu depannya.

Untuk harga OTR Surabaya, Yamaha membandrol All New R15 ini dengan harga Rp. 36.000.000.

Hasil dari test ride di sirkuit Gelora Bung Tomo kemarin rata-rata mencapai kecepatan dari 110-120 kpj dengan jarak 201 meter dengan rata-rata dari 0- 100 kpj ditempuh dengan 10 detik dan sampai diakhir trek ditempuh dengan 11 detik (hasil tanya jawab dengan sumber yang telah menjajal kemarin).

Sumber :

Foto berita dari rekan Blogger jatimotoblog (Kang Devan, Gesang, Muniv, Irul, Angga, Anang, dan beberapa rekan media lainnya yang gak bisa saya sebut satu persatu)

Baca artikel lainnya :

 

Seduluran Bersama
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Informasi dan ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Add my FB Priyo Banyu Urip, IG Otobalancing, G+ Givi Surabaya

1 KOMENTAR

Komentar Gratis